Berani Out of The Box, Film Horor Ini Tetap Seram Meski Tanpa Hantu!

ploatandtheme.com

Umumnya, setiap film horor pasti dibumbui dengan keberadaan hantu. Sampai bisa dibilang, film horor dan hantu adalah satu kesatuan yang sulit buat dilepaskan. Padahal, enggak jarang juga lho film-film horor yang hadir tanpa adanya sosok hantu sama sekali, tapi tingkat kengeriannya juga enggak bisa diremehkan begitu saja. Nah, inilah dia daftar 5 film horor tanpa hantu yang tetap menyeramkan :

1. Alone (2007)

themoviedb.com

Thailand emang jago bikin film horor, dan Alone merupakan salah satu karya mereka yang hadir tanpa adanya sosok hantu sedikitpun. Film ini menceritakan tentang sepasang suami istri bernama Pim dan Wee yang mana Pim merasa diteror oleh sesuatu yang mistis yang diduga berasal dari saudara kembarnya, Ploy, yang meninggal karena operasi pemisahan badan.

Ini diperparah dengan ibunya yang keburu meninggal sebelum menyampaikan pesan penting kepadanya. Saat masih kembar siam, Pim dan Ploy sama-sama menyukai Wee, namun Wee lebih memilih Pim karena dinilai lebih sabar. Kemudian, Wee menyelidiki masa lalu mereka dan menemukan fakta yang mengerikan di belakangnya. Tanpa kehadiran hantu, film ini banyak menggunakan halusinasi untuk menciptakan efek-efek horor di dalamnya.

2. Modus Anomali (2012)

harisfirdaus.id

Film yang dibesut oleh Joko Anwar ini banyak menggunakan latar tempat hutan yang sunyi dan juga berkabut yang membuat kita bisa merinding sepanjang nonton film ini. Modus Anomali bercerita tentang John Evans, seorang lelaki yang tersadar bahwa ia terkubur hidup-hidup di sebuah hutan. Tidak hanya itu, ia sama sekali tidak tahu menahu soal kenapa ia ada disana, juga termasuk identitas dirinya.

Nama John Evans sendiri didapat dari kartu identitas yang melekat pada dirinya. Dalam perjalanannya keluar dari hutan inilah ia merasa ada seorang psikopat yang mengikutinya. Misteri dalam film ini bertambah dengan adanya video keluarga bahagia yang malah menimbulkan pertanyaan tersendiri buatnya. Film ini juga menggunakan tambahan beberapa adegan gore di dalamnya, yang tambah membuat ngeri sendiri menontonnya.

3. Audition (1999)

wheresthejump.com

Di dalam seni peran, Ibu Tiri seringkali digambarkan sebagai sosok yang kasar dan menyeramkan. Mitos ini sangat berbeda dengan Asami Yamazaki, dimana di film ini ia digambarkan sebagai sosok calon ibu tiri yang berhati lembut, baik dan pandai bermain piano. Film yang disutradarai oleh Takashi Miike ini diawali oleh duda anak satu yang bernama Shigehiru Aoyama yang merasa kesepian setelah istri pertamanya meninggal dunia dan berniat mencari pendamping hidup dengan kedok mencari artis promotor menggunakan promotor musiknya.

Dari situlah ia tertarik dengan Asami yang ternyata belakangan diketahui suka cemburu dan enggak segan-segan buat menyiksa sang kekasih jika ketahuan membagi cintanya, bahkan untuk anaknya sendiri. Meskipun tanpa hantu, sosok Asami ini sendiri bisa dibilang sangat menyeramkan dengan kesadisan yang dimilikinya.

4. Flatliners (1990 & 2017)
flatliners.com

Flatliners pertama kali dirilis pada 1990, kemudian di 2017 hadir versi remake-nya. Film yang disutradari oleh Joel Schumacher (versi awal) dan Niels Arden Oplev (versi remake) ini menceritakan tentang sekelompok mahasiswa kedokteran yang membuat percobaan mati suri selama beberapa detik. Percobaan ini memiliki tujuan untuk mengetahui tabir di balik kematian.

Memang percobaan ini bisa dibilang sangat beresiko, namun sekelompok mahasiswa tadi tetaplah penasaran sehingga mereka dengan berani tetap melakukan hal tersebut. Alih-alih menemukan rahasia kematian, mereka malah sering diteror dengan hal-hal mengerikan yang enggak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Uniknya, ternyata mereka enggak benar-benar diikutin hantu ataupun psikopat. Nah lho, tambah penasaran? Tonton sendiri ya buat cari tau jawabannya!

5. The Silence of The Lambs (1991)
signature-reads.com

The Silence of The Lambs bisa dibilang lebih dekat ke genre thriller daripada horor dengan sosok Hannibal Lecter yang mengerikan. Film yang disutradarai oleh Jonathan Demme ini bercerita tentang seorang agen FBI yang harus mewawancarai Lecter, yang merupakan dokter jiwa psikopat yang juga kanibal, untuk membantunya memecahkan kasus Buffalo Bill yang ternyata merupakan bekas murid dari Lecter.

Buffalo Bill tidak kalah sadis, ia menculik wanita dan mengulitinya hanya untuk dibuat menjadi sebuah baju. Dalam perjalanannya mewawancarai Lecter inilah Agen Starling yang masih sangat muda banyak membagi kisah-kisah pribadinya, yang mana sebenarnya itu sudah diperingatkan di awal untuk tidak dilakukannya. The Silence of The Lambs merupakan salah satu film horor paling cerdas yang juga hadir tanpa adanya sosok hantu di dalamnya.

Nah dari daftar di atas, dan banyak film sejenis lain yang tidak masuk ke dalam daftar, merupakan gambaran bahwa film horor tetap menyeramkan tanpa adanya sosok hantu. Hantu dan jumpscare tidak mesti jadi satu-satunya elemen pembangun film horor. Ada banyak kok hal-hal mengerikan yang bisa kita masukkan dalam film horor, kalau kita mau menjadi kreatif dan berpikir out of the box.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tak Pernah Mengaku Muslim, Ini Jawaban Zayn Malik Soal Keyakinannya - Keepodotme

Tak Pernah Mengaku Muslim, Ini Jawaban Zayn Malik Soal Keyakinannya - Keepodotme

Ganti Penulis Naskah Pasca Mundurnya Joss Whedon, Film Batgirl Tetap Diproduksi. Gimana ya Hasilnya?

Ganti Penulis Naskah Pasca Mundurnya Joss Whedon, Film Batgirl Tetap Diproduksi. Gimana ya Hasilnya?

Sakit Tapi Tak Berdarah! Baru Ambil Uang Rp 47 Juta dari Bank, nggak Lama Uang Ini Raib Digondol Maling. Nyesek!  - Keepodotme

Sakit Tapi Tak Berdarah! Baru Ambil Uang Rp 47 Juta dari Bank, nggak Lama Uang Ini Raib Digondol Maling. Nyesek! - Keepodotme

Penuh dengan Hal Klise, Film The Secret Berhasil Bikin Bulu Kuduk Nggak Jadi Meremang

Penuh dengan Hal Klise, Film The Secret Berhasil Bikin Bulu Kuduk Nggak Jadi Meremang

Selain Bekas Jerawat, Inilah 5 Hal “Membekas” yang Sulit Dihilangkan - Keepodotme

Selain Bekas Jerawat, Inilah 5 Hal “Membekas” yang Sulit Dihilangkan - Keepodotme

Terpaut Jarak 22 Tahun, Inilah Perbandingan Efek Film Jurassic Park vs Jurassic World. Gokil!

Terpaut Jarak 22 Tahun, Inilah Perbandingan Efek Film Jurassic Park vs Jurassic World. Gokil!

loading