Ben Affleck Atau Christian Bale, Manakah Pemeran Batman Terbaik?

11 November 2017
|Reza Pratama
0SHARES

Film The Dark Knight Trilogy dan DCEU (DC Extended Universe) memang merupakan kedua film dengan cerita yang berbeda. Tentu kedua film tersebut tidak bisa kita kaitkan karena memang tidak dalam dunia atau cerita yang sama. Namun, yang menjadi sorotan para penggemar film superhero tentunya adalah sosok Batman yang diperankan oleh dua aktor yang berbeda. Pemeran Batman di film The Dark Knight Trilogy adalah aktor kawakan Christian Bale, sedangkan pemeran Batman dari rangkaian film DCEU diperankan oleh aktor yang nggak kalah keren, Ben Affleck. Kedua pemeran Batman ini memang sering diperdebatkan soal kualitas mereka saat berperan sebagai Bruce Wayne atau Batman. Lalu manakah pemeran Batman terbaik? Mari kita simak ulasannya.

Film The Dark Knight Trilogy memang menjadi salah satu film superhero paling sukses dan mendapatkan animo yang sangat besar dari para penggemar film maupun kritikus film. Hal tersebut tentu tak terlepas dari aktor pemeran Batman itu sendiri, yang diperankan oleh Christian Bale. Walaupun kita semua dapat setuju bahwa film ini juga sukses berkat kecerdikan dan kejeniusan Christopher Nolan dalam membuat alur dan cerita The Dark Knight Trilogy menjadi sangat berbobot dibandingkan dengan film-film Batman sebelumnya.

Kita juga mungkin sepakat jika The Dark Knight menjadi film paling sukses di antara ketiga rentetan film trilogi The Dark Knight. Hal ini merupakan buah dari kejeniusan Christopher Nolan yang tak hanya berfokus pada tokoh Batman saja, melainkan juga kuat dalam menggambarkan sosok Joker, Gordon, Alfred, Harvey Dent, dan tokoh lainnya. Sedangkan dalam film Batman v Superman: Dawn of Justice, tokoh Batman yang diperankan oleh Ben Affleck berjuang seorang diri dalam menyelamatkan warga Gotham. Inilah yang membedakan kedua pemeran Batman tersebut.

Terlepas dari segi cerita The Dark Knight Trilogy yang memukau, Christian Bale memang terlihat sangat cocok dan pas saat berperan sebagai Bruce Wayne. Bale terlihat sangat mewakili sosok Bruce Wayne yang terkenal sebagai pengusaha kaya dan juga seorang playboy. Sedangkan Ben Affleck sendiri memang terlihat sangat cocok saat berkostum Batman. Di salah satu komik Batman berjudul The Dark Knight Returns, sosok Ben Affleck terlihat sangat menyerupai Batman pada versi komik.

Di komik memang digambarkan jika sosok Batman memiliki tubuh yang kekar dengan dagu yang besar. Skill detektif pada Bruce Wayne versi Ben Affleck pun diperlihatkan secara gamblang. Di mana saat di film BvS, Bruce Wayne bisa mencari tau segala informasi tentang kelemahan Superman, memanipulasi data, meretas komputer, dan lain-lain. Sedangkan Bruce Wayne versi Christian Bale kurang memiliki skill detektif dalam memecahkan kejahatan di Kota Gotham.

Kedua pemeran Batman, baik Bale dan Ben pun memiliki gaya bertarung yang berbeda. Jika kamu masih ingat, Bale dengan mudahnya dikalahkan oleh Bane di film The Dark Knight Rises saat bertarung di sebuah gorong-gorong. Sedangkan Batman versi Ben sendiri terlihat sangat gahar dan kejam dalam segi bertarung saat menghabisi gerombolan penjahat KG Beast di film Batman v Superman: Dawn of Justice. Namun, jika berbicara soal kecanggihan, Batman versi Bale memang jauh lebih menonjolkan alat canggih dibanding Batman versi Ben. Terlihat di film Trilogi The Dark Knight, Batman menggunakan motor, batmobile, bahkan pesawat yang terlihat 'Batman banget'. 

Sebenarnya telah ada enam aktor yang berbeda (Adam West, Michael Keaton, Val Kilmer, George Clooney, Christian Bale, dan Ben Affleck) yang menjadi pemeran Batman. Namun tak adil rasanya jika keenam-enamnya dibandingkan satu sama lain dengan Batman generasi sekarang. Mungkin Batman versi Michael Keaton masih dalam kategori pemeran Batman terbaik, karena memang memiliki cerita yang tak kalah apik dari The Dark Knight Trilogy maupun DCEU. Namun dari segi teknologi dan visual effect yang digunakan maka Batman versi Michael Keaton tidak layak untuk dibandingkan. 

Walaupun begitu, Batman tetaplah sebagai pahlawan kelelawar yang lebih sering beraksi saat malam hari ketimbang siang bolong. Namun terlepas dari hal itu, mana yang menurutmu sukses sebagai pemeran Batman terbaik? Christian Bale atau Ben Affleck? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES