Amy Adams Tidak Masuk Nominasi Aktris Terbaik, Oscar Tahun Ini Mendapat Celaan

26 Januari 2017
|Idham Nur Indrajaya

Seperti biasanya di setiap awal tahun, dunia perfilman bakalan diramaikan oleh festival Academy Awards yang tahun ini bakalan diselenggarakan tepatnya di tanggal 26 Februari 2017. Tentunya Oscar 2017 yang diselenggarakan di markas besar perfilman Hollywood ini bakalan menjadi sorotan massa, terutama bagi kalangan yang menaruh perhatian khusus terhadap dunia perfilman. Setelah diramaikan dengan keberhasilan Leonardo DiCaprio atas diraihnya penghargaan aktor terbaik untuk film The Revenant (2015), kira-kira penghargaan apa lagi nih yang bakal banyak dibicarakan tahun ini?

Sebelum mencapai acara puncaknya di bulan depan, ternyata pihak The Academy sendiri mendapat banyak kritikan dari berbagai kicauan twitter yang sempat viral beberapa jam yang lalu. Kicauan para netizen tersebut berkaitan dengan perihal Amy Adams yang tidak masuk ke jajaran nominasi untuk aktris pemeran utama terbaik. Banyak yang berpendapat bahwa penampilan Amy Adams dalam Arrival (2016) sangat mempesona sehingga aneh sekali kalau ternyata nama dirinya tidak ada di daftar nominasi. Dilansir dari vanityfair.com, pada Selasa kemarin (24/1/17), Amy Adams masuk ke dalam kategori aktris terbaik saat jajaran seluruh nominasi sudah diumumkan di laman oscar.com. Akan tetapi, dari pihak penyedia situs itu sendiri memberikan pengumuman terbaru bahwa terdapat kesalahan pada daftar nominasi tersebut, yakni pada penyisipan nama Amy Adams. Setelah kesalahan tersebut diperbaiki, ternyata Amy Adams tidak tercantum namanya, melainkan Ruth Negga yang berperan sebagai Mildred Loving dalam film drama Loving (2016).

Ternyata kejadian ini menjadi suatu hal yang mengejutkan bagi tim produksi Arrival sendiri. Sutradaranya sendiri, Denis Vileneuve, mengatakan bahwa pengumuman ini memberikan kenyataan yang manis sekaligus pahit. Pasalnya, Vileneuve sendiri masuk ke dalam jajaran nominasi sutradara terbaik, dan Arrival pun tidak luput dari nominasi untuk film terbaik di tahun ini. Shawn Levy dan Dan Levine selaku produser dari film ini pun menyatakan bahwa ujung tombak dari keberhasilan film ini justru adalah Amy Adams yang dapat memerankan tokoh Dr. Louise Banks secara gemilang. Jadi, sangat aneh jika Adams tidak mendapat nominasi, padahal film ini masuk ke dalam delapan nominasi loh. “Saya merasa sangat kecewa, saya benar-benar berduka untuk Amy. Dia adalah “jiwa” bagi film ini. Film ini berada di pundak Amy, dialah yang membuat film ini benar-benar ada. Saya merasakan hal yang aneh untuk merayakan keberhasilan film, tapi sekaligus merasa sedih di saat yang bersamaan," ujar Vileneuve dalam ew.com.

Kesalahan pihak ABC Digital dalam menyediakan informasi di situs Oscar ini dianggap oleh kebanyakan penggemar Adams sebagai penghinaan karena situs informasi yang memberi semacam “harapan palsu” kepada penggemar. Bagaimana dengan Amy Adams sendiri? Hingga kini doi belum ngasih tanggapan tuh perihal kesalahan teknis yang melibatkan pencantuman namanya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
SHARES