7 Tempat Wisata yang Menjadi Inspirasi Pembuatan Film Disney ini Indah Banget

29 Maret 2017
|Fatwah Diniaty

Bagi kamu pecinta film Disney pasti tau dong film-film ternama seperti Tangled, Brave, Aladdin, Sleeping Beauty, UP, dan masih banyak film lainnya. Tapi apa kamu tau kalau tempat-tempat yang ada pada film tersebut sebenarnya ada di kehidupan nyata? Seperti film Aladdin yang terinspirasi dari bangunan Taj Mahal dan film animasi Sleeping Beauty yang terinspirasi dari kastil di Jerman. Tak hanya sebagai inspirasi, lokasi-lokasi pada film animasi-animasi itu bahkan ada yang mengambil sebagian panorama alam sekitar, bahkan sampai bentuk bangunannya. Penasaran kan dimana saja tempat-tempat pada pembuatan film Disney itu. Tempat-tempat ini juga bisa menjadi tujuan destinasi liburanmu lho. Langsung saja yuk kita simak beberapa lokasi di bawah ini.

1. Sleeping Beauty: Neuschwanstein Castle, Jerman

Istana yang terdapat di film Disney Sleeping Beauty (Putri Tidur) ini terinspirasi dari sebuah istana yang berada di Jerman, yaitu Neuschwanstein Castle. Kastil Neuschwanstein merupakan kastil Bavaria yang terletak di puncak pegunungan Jerman. Kastil ini dibangun oleh Ludwig II pada abad ke-19 sebagai rumah peristirahatan pribadi dan penghormatan kepada Richard Wagner, komposer terkenal pada masanya. Kini para turis dapat menikmati keindahan kastil ini beserta pemandangan yang luar biasa indah di sekelilingnya. Raja Ludwig II memang orang yang memiliki nilai seni yang tinggi, hingga membuat bangunan ini sebagai inspirasi sebuah bangunan di film animasi.

2. Brave: Callanish, Skotlandia

Apa kamu ingat tempat adegan terakhir film animasi Brave yang berada pada sebuah batu-batu besar tempat si beruang berubah wujud menjadi wujud aslinya sebagai seorang ibu? Ternyata lokasi yang ada pada film Disney ini terinspirasi dari sebuah lokasi di Skotlandia, yaitu Callanish Stones. Tidak hanya lokasi dengan kumpulan batu, film Disney ini juga mengambil keseluruhan panorama Skotlandia seperti gunung, hutan, dan bangunan kastil yang memang menjadi daya tarik Skotlandia tersebut. Dalam film Brave, matamu akan dimanjakan dengan panorama-panorama indah di sebuah hutan seperti yang ada pada kumpulan batu-batu besar tersebut.

3. Nemo: Great Barrier Reef, Australia

Apa kamu tahu lokasi laut yang menjadi inspirasi pembuatan film Nemo? Ya, film ini terinspirasi dari Great Barrier Reef yang ada di Australia. Great Barrier Reef adalah barisan terumbu karang terbesar yang berada di laut Coral, yang memiliki lebih dari 2.900 terumbu karang dengan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Tak hanya itu, lokasi yang menjadi latar belakang perkotaan dalam film Nemo pun jelas menunjukkan ikon terkenal Negara tersebut, yaitu Sydney Opera House. Kedua tempat ini merupakan tempat wajib yang harus didatangi oleh wisatawan saat berkunjung ke Australia, maka tak ayal lokasi ini menjadi inspirasi dalam pembuatan film Disney tersebut.

4. Tangled: Mont Saint-Michel,  Perancis

Mont Saint Michel merupakan tempat wisata yang terkenal di Prancis. Pulau dengan luas 100 hektar ini berada di tepi selatan Channel, Normandy, bagian utara Prancis. Letaknya hanya berjarak 600 meter dari bibir pantai. Pulau ini memiliki daya tarik sendiri dengan akses jalan darat yang sekilas mirip laut yang terbelah. Pulau ini juga memiliki berbagai bentuk bangun seperti bangunan menara dan kastil. Karena keunikan dan keindahannya, maka tempat ini dijadikan inspirasi lokasi dalam sebuah film Disney Tangled yang menampilkan bangunan kastil yang indah.

5. Aladdin: Taj Mahal, India

Taj Mahal merupakan satu diantara 7 keajaiban dunia. Bangunan yang terletak di Agra, India ini dibangun oleh Kaisar Shah Jahan pada abad ke-17 untuk Mumtaz Mahal, istri ketiga yang sangat dicintainya yang meninggal dunia saat melahirkan anaknya. Taj Mahal merupakan makam dengan bangunan yang sangat megah. Karena keunikan bangunan ini, maka tak heran jika pembuat film animasi melirik bangunan ini untuk dijadikan sebuah inspirasi bangunan dalam sebuah film Disney, Aladdin. Fondasi bangunan yang berwarna putih yang terdapat dalam film Aladdin pun memiliki warna yang sama dengan bangunan aslinya.

6. Mulan: Forbidden City, Beijing, China

Apa kamu tahu lokasi yang menjadi inspirasi dalam pembuatan film Mulan? Ya, lokasi ini terinsiprasi dari sebuah kota terlarang di Beijing, China, atau lebih sering dikenal dengan sebutan Forbidden City. Forbidden City ini dulunya adalah istana kerajaan dari Dinasti Qing dan Dinasti Ming. Pantas saja bangunan tersebut dikatakan terlarang karena dahulu merupakan kediaman kaisar yang tidak dapat sembarangan orang masuki tanpa izin. Bangunan ini memiliki struktur bangunan bermaterial kayu dengan ukiran khas China yang indah dan menawan.

7. Up: Angel Falls, Venezuela

Up merupakan film animasi romantis yang mengisahkan tentang sepasang suami istri yang memiliki impian pergi ke sebuah air terjun yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa cantiknya, yaitu Paradise Falls. Dalam film, air terjun ini terletak di sebuah hutan di Amerika Serikat. Tapi pada kenyataannya, air terjun ini terinspirasi dari air terjun Angel Falls yang terletak di Venezuela. Air terjun ini adalah air terjun tertinggi di dunia dengan ketiggian 979 m dengan pemandangan yang indah dan membuat takjub bagi siapapun yang melihatnya.

Bagaimana dengan ketujuh tempat tersebut? Ternyata memang benar-benar ada bahkan menjadi inspirasi  dalam sebuah film-film animasi Disney kan? Dengan keunikan bangunan dan keindahan pemandangan sekitarnya maka pantas saja jika lokasi-lokasi ini menjadi inspirasi bagi pembuatan film-film animasi terkenal. Kira-kira apa kamu akan mengunjungi lokasi-lokasi terkenal ini? Lokasi ini cocok lho untuk berfoto-foto dan diunggah pada akun instagram milikmu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatwah Diniaty
Gak Punya Quote Nih!
SHARES