7 Poster Film Indonesia Ini Terlihat Mirip dengan Poster Film Luar Negeri, Kebetulan?

30 September 2017
|Reza Pratama
602SHARES

Semua orang tahu jika menemukan sebuah ide yang benar-benar orisinal itu tidaklah mudah. Bisa saja ide kita sendiri yang memang benar-benar orisinal memiliki kesamaan dengan ide orang lain. Hal tersebut tentu tak bisa kita hindari. Karena pada dasarnya manusia memang sering kali menemukan ide yang terinspirasi dari ide orang lain. Jadi, kemiripan dalam sebuah karya adalah hal lumrah dan sering kita temui. Salah satu contohnya adalah dalam membuat sebuah film. Tentu sebagus apapun sebuah film, tidak semua orang akan menyukai ide cerita pada film tersebut. Begitu pun ide dalam membuat sebuah poster film itu sendiri.

Poster sebuah film memang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Walaupun orang lebih tertarik dengan isi dari film tersebut, namun tidak sedikit juga orang yang terpengaruh dengan poster film yang ditampilkan. Semakin bagus sebuah poster film, maka tidak menutup kemungkinan orang-orang akan tertarik untuk menonton film tersebut. Jika poster filmnya saja seperti sinetron-sinetron Indonesia, mungkin orang-orang pun akan merasa kurang tertarik untuk menonton filmnya. Tentu untuk membuat sebuah poster film yang bagus dan bisa menarik minat banyak orang tidaklah semudah yang dibayangkan. Seperti beberapa poster film Indonesia yang terlihat mirip dengan film-film luar negeri.

Tentu hal tersebut bisa saja sebuah faktor kebetulan, atau bisa juga poster film tersebut terinspirasi dari poster film luar negeri. Terinspirasi dan menjiplak tentulah kedua hal yang berbeda. Okelah jika poster-poster film yang terlihat sama ini “terinspirasi dari film populer luar negeri”, namun bagaimana jika poster tersebut terlihat sama persis dan hanya diganti beberapa objeknya saja? Apakah itu masih bisa disebut terinspirasi atau memang meniru? Biarlah orang-orang menilai hal tersebut dengan pandangannya masing-masing. Nah, berikut beberapa poster film Indonesia yang terlihat mirip dengan poster film luar negeri.

1. Mati Suri (2009) vs Shrooms (2007)

2. Kala (2007) vs Skeleton Key (2005)

3. Get Married 2 (2009) vs Marrying The Mafia 2 (2005)

5. Terekam (2010) vs Rec (2007)

6. Dedemit Gunung Kidul (Maret 2011) vs Drive Angry (Februari 2011)

Gimana, menurut kamu? Beberapa poster film Indonesia di atas terlihat mirip bukan dengan poster film luar negeri? Terlepas dari faktor kebetulan atau terinspirasi, setidaknya isi filmnya juga tidak dibuat mirip. Bagaimana pun, semoga ke depannya film-film karya Indonesia yang bisa menginspirasi film-film luar negeri.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
602SHARES