7 Karakter dalam Film Ini Tidak Diperlihatkan Bagaimana Proses Kematiannya!

Sumber Gambar

Setiap karakter dalam film tentunya memiliki batasan masing-masing dalam keterlibatannya di cerita. Semakin kuat keterlibatannya, semakin dalam pula penggambaran tokoh tersebut, dan tentunya semakin penting juga tokoh itu dalam cerita. Katakanlah proses kematian suatu tokoh adalah salah satu bentuk penggambaran tokoh itu sendiri yang tidak bisa lepas dari latar cerita dalam film.

Jika begitu, semakin pentingnya karakter, kemungkinannya penggambaran kematian karakter dalam film pun akan lebih detail dan kuat penggambarannya. Namun, ternyata hal itu tidak berlaku bagi karakter-karakter di bawah ini. Tanpa diperlihatkan proses kematiannya secara jelas, tau-tau mereka udah mati begitu aja. Siapa aja tuh kira-kira? Kepoin aja di bawah sini yuk!

1. “The Kraken” – Pirates of the Caribbean: At World’s End (2007)

Sumber Gambar

Karakter yang diadaptasi dari makhluk mitologi yang melegenda di kalangan para pelaut zaman dahulu ini terlihat hendak memakan kapten Jack Sparrow (Johnny Depp) pada saat akhir film Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest (2006). Pada akhir film tersebut, terlihat bahwa The Kraken berhasil melahap Jack Sparrow sekaligus mengantarkannya pada “Davy Jones’s Locker” (istilah slang untuk tempat peristirahatan arwah-arwah yang tewas di laut, sumber: kisahhorror.tumblr.com).

Namun, pada sekuel berikutnya—yakni Pirates of the Caribbean: At World’s End—penonton bisa melihat secara sekilas bangkai The Kraken di pinggir pantai “Davy Jones’s Locker”, tepatnya pada saat Jack Sparrow bertemu dengan kru kapal “Black Pearl” yang hendak menyelamatkannya.

2. Tank – The Matrix Reloaded (2003)

Sumber Gambar

Dalam film pertamanya, yakni The Matrix (1999), tokoh Tank yang diperankan oleh Marcus Chong adalah satu dari empat tokoh yang selamat pada akhir cerita. Namun, dalam film keduanya— The Matrix Reloaded—tokoh Tank ini disebutkan telah mati, dan operator untuk operasi Matrix pun diserahkan kepada Link (Harold Perrineau) yang dalam film diceritakan sebagai saudara Tank.

Proses kematian tokoh Tank yang tidak diperlihatkan dalam film ternyata berkaitan dengan proses produksi di balik layar. Marcus Chong selaku aktor yang memerankan Tank ternyata meminta kenaikan pembayaran untuk film kedua The Matrix, dengan jumlah yang setara dengan pembayaran Laurence Fishburne yang memerankan tokoh Morpheus.

Wachowski bersaudara pun memutuskan untuk mengganti peran Chong sekaligus dengan tokoh yang diperankannya, untuk membuktikan bahwa karakter Tank itu masih bisa diganti oleh karakter lain dan tidak bisa disamakan dengan tokoh Morpheus yang lebih kuat pengaruhnya dalam cerita.

3. Sarah Connor – Terminator 3: Rise of The Machines (2003)

Sumber Gambar

Dalam kedua film pertama dari serial Terminator, Sarah Connor merupakan salah satu dobrakan dalam dunia perfilman yang mengedepankan seorang jagoan wanita. Tokoh ini, yang diperankan oleh Linda Hamilton, adalah ibu dari John Connor yang konon bakal menjadi pemimpin pasukan “The Resistance”, pasukan yang diisi oleh umat manusia yang tersisa paska peledakan nuklir yang dilakukan oleh Skynet, perusahaan yang menciptakan teknologi AI yang malah berkhianat kepada umat manusia.

Peran Sarah Connor tentunya sangat ikonik dalam serial ini. Namun, saat instalasi film yang ketiga, yakni Terminator 3: Rise of The Machines, sosok ibu yang protektif terhadap anaknya ini mendadak diceritakan sudah mati akibat leukemia. Hal ini tentunya sangat mengejutkan, mengingat kemampuan Sarah dalam bertahan hidup dari serangan robot-robot dengan kemampuan yang mengerikan itu justru meninggal karena penyakit. Apalagi kematiannya itu tidak diperlihatkan dalam filmnya.

Ternyata, kematian tokoh Sarah Connor memang dikehendaki oleh Linda Hamilton sendiri selaku pemeran, yang mengatakan bahwa peran dari tokohnya itu sudah habis masanya karena tokoh John Connor sudah cukup dewasa untuk mengurus dirinya sendiri. Nampaknya, untuk mengobati rasa kecewa dari para penggemarnya, serial spin-off dari tokoh Sarah Connor pun dibuat dengan judul: Terminator: The Sarah Connor Chronicles (2008-2009).

4. Newt, Bishop, dan Hick – Alien 3

Sumber Gambar

Pada akhir cerita dari film keduanya yang berjudul Aliens (1986), tokoh utama dalam film ini, yakni Ellen Ripley (Sigourney Weaver), terlihat telah berhasil meloloskan diri lokasi sarang alien dengan menggunakan kapsul penyelamat. Dirinya berhasil melewatkan mimpi buruk itu bersama dengan tokoh lainnya, di antaranya adalah Newt, Bishop, dan Hicks. Ketiga tokoh tersebut merupakan tokoh penting yang turut membantu Ellen saat menyelamatkan diri dari ancaman ratu alien.

Namun, di film ketiganya, ketiga tokoh tersebut tiba-tiba digambarkan kematiannya tanpa memperlihatkan proses kematiannya yang tampaknya terjadi saat mereka sedang berada di dalam kapsul penyelamat. Tokoh Newt hanya diperlihatkan saat proses autopsi mayatnya saja. Tokoh Hicks bahkan hanya diperlihatkan arsip gambar wajahnya saja. Tokoh Bishop sempat memiliki peran dalam film ini tapi kematiannya sendiri tidak diperlihatkan secara detail.

Hal ini ternyata mengundang protes dari James Cameron selaku sutradara dari film sebelumnya yang ditujukan kepada David Fincher selaku sutradara. Selain itu, para penggemar serial ini pun memberikan respon negatif terhadap keputusan Fincher yang menghapus ketiga tokoh penting tersebut dalam instalasi Alien 3 (1986).  

5. Llewyn Moss – No Country for Old Men (2007)

Sumber Gambar

Kalau yang ini bukan cuma penting lagi, tokoh ini merupakan salah satu tokoh utama dalam film yang memborong empat piala Oscar pada tahun 2008 ini. Llewyn Moss, yang diperankan oleh Josh Brolin, adalah seorang veteran Vietnam yang tidak sengaja menemukan uang tunai di dalam koper yang tergeletak begitu saja di dekat mayat-mayat yang kematiannya disebabkan oleh kegagalan transaksi narkoba.

Keputusan Moss untuk mengambil koper tersebut, ternyata memicu seorang pembunuh bayaran bernama Anton Chigurh (Javier Bardem) untuk melacak keberadaan Moss sekaligus membunuhnya. Film ini memberikan ekspektasi bahwa akhirnya Llewyn Moss dapat menyelamatkan diri dari cengkeraman Chigurh. Namun, pada bagian menuju akhir film, tokoh sherif bernama Ed Tom Bell yang diperankan oleh Tommy Lee Jones, menemukan Llewyn sudah tergeletak tak bernyawa tanpa diperlihatkan proses kematiannya secara gamblang.

6. Adrian – Rocky Balboa (2006)

Sumber Gambar

Tokoh wanita yang menjadi pendamping dari tokoh jagoan dalam film seringkali memiliki peran penting dalam cerita. Hal itu pun berlaku untuk tokoh Adrian (Talia Shire), yang selalu setia mendampingi sosok Rocky (Sylvester Stallone) dalam lima film berturut dari keseluruhan serial.

Namun, pada instalasi film yang ke enam, yakni Rocky Balboa, sosok Adrian ini diceritakan telah meninggal dunia, dan kematiannya itu tidak digambarkan dalam filmnya. Dalam film ke enamnya itu, dijelaskan bahwa kematian Adrian disebabkan oleh kanker, dan hal itu telah mengubah sosok Rocky menjadi orang yang lebih sentimental.

Tidak digambarkannya proses kematian tokoh Adrian dalam serial petinju ini ternyata memang disengaja oleh Stallone selaku penulis naskah. Menurut Stallone, jika kematian Adrian diperlihatkan dalam film, dibutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menggambarkan proses bangkitnya Rocky setelah kematian pendamping hidup tercintanya itu. Maka dari itu, demi tidak membuang-buang waktu, kematian Adrian pun tidak ditayangkan kepada penonton.

7. Cyclops – X-Men: The Last Stand (2006)

Sumber Gambar

Tokoh Cyclops (James Marsden) dalam serial X-men tentunya cukup penting, mengingat tokoh ini adalah sosok yang pada awalnya akan diwariskan jabatan kepala sekolah untuk para mutan oleh Profesor X (Patrick Stewart). Namun, kematiannya dalam film ketiga serial X-men, tidak digambarkan secara jelas. Dirinya hanya digambarkan bertemu dengan Jean Grey (Famke Janssen), dan tak lama setelah itu adegan langsung habis digantikan oleh adegan lain.

Hal ini ternyata memang disengaja oleh pihak tim produksi. Kematian tokoh Cyclops ini memang kematian paling pertama dalam film ketiga dari serial X-men ini. Hal itu disebabkan oleh James Marsden yang bermain juga dalam film Superman Returns (2006) yang diproduksi oleh perusahaan yang menjadi saingan dari Marvel. Untuk itu, Marsden hanya diberi kesempatan waktu yang sangat tipis dalam X-men: The Last Stand ini karena dianggap telah menyeberang ke pihak yang menjadi saingan Marvel.

Penjelasan di atas yang berkenaan dengan tidak digambarkannya proses kematian suatu tokoh dalam film, membuktikan bahwa proses kerja di balik layar pun terkadang bisa mempengaruhi jalannya cerita, apalagi dalam film-film yang instalasinya lebih dari satu film. Terkecuali untuk kasus dalam film No Country for Old Men, yang tampaknya memang disengaja oleh Coen bersaudara tanpa adanya intrik dari kisah di balik layar.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Aplikasi Terbaik Pengubah Suara di Android | Keepo.me

7 Aplikasi Terbaik Pengubah Suara di Android | Keepo.me

Film-film Menegangkan Ini Fokus Ceritanya Hanya di Satu Lokasi!

Film-film Menegangkan Ini Fokus Ceritanya Hanya di Satu Lokasi!

100% Ampuh, 13 Cara Mengusir Cicak dari Rumah, Biar gak Kembali! | Keepo.me

100% Ampuh, 13 Cara Mengusir Cicak dari Rumah, Biar gak Kembali! | Keepo.me

Suka Film Sci-fi? Ini Dia Film Sci-fi Terbaik yang Harus Kamu Tonton Di tahun 2017!

Suka Film Sci-fi? Ini Dia Film Sci-fi Terbaik yang Harus Kamu Tonton Di tahun 2017!

Beginilah Aksi Nekat Copet di Brasil. Terang-Terangan Banget, Padahal di Tengah Keramaian! | Keepo.me

Beginilah Aksi Nekat Copet di Brasil. Terang-Terangan Banget, Padahal di Tengah Keramaian! | Keepo.me

Ini Dia 10 Film Misteri yang Rencananya Bakal Dirilis di Tahun 2017!

Ini Dia 10 Film Misteri yang Rencananya Bakal Dirilis di Tahun 2017!

loading