7 Film Terbaik dan Tersukses yang Diadaptasi dari Sebuah Novel

20 Juni 2017
|Reza Pratama
0SHARES

Banyak berbagai macam film yang diadaptasi dari sebuah novel. Namun, tidak semua film yang diadaptasi dari sebuah novel akan mengalami kesuksesan. Bahkan dari novel best seller sekalipun tidak menjamin kesuksesan sebuah film. Semuanya tergantung cara mengemas dan totalitas dalam membuat film itu sendiri. Dari banyaknya berbagai macam film yang diadaptasi dari novel, hanya ada beberapa segelintir film yang mengalami kesuksesan besar. Nah, berikut 7 film terbaik yang diadaptasi dari sebuah novel.

1. Harry Potter

Harry Potter memang merupakan salah satu film trilogi yang masuk ke dalam jajaran film fiksi terbaik dan tersukses. Menjadi salah satu film fiksi tersukses sepanjang masa, membuat nama penulis novel Harry Potter, J.K. Rowling, dikenal dunia. Harry Potter mendulang kesuksesan baik lewat novel maupun filmnya. 

2. The Shawshank Redemption

Untuk para pencinta film, pasti sudah tak asing dengan film yang masuk ke dalam kategori 10 film terbaik di dunia sepanjang masa ini. Terbukti, film ini mendapatkan rating di IMDb.com yang mencapai 9.3/10. Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Stephen King dengan judul yang sama. Memiliki alur yang  luar biasa seru dan sulit ditebak membuat film ini tak pernah bosan untuk ditonton.

3. The Lord of the Rings

Untuk para pencinta film fiksi fantasi, pasti sudah hatam dengan film yang terdiri dari 3 bagian ini. Film The Lord of the Rings merupakan adaptasi dari novel karya J.R.R Tolkien. Film yang berdurasi 3 jam lebih ini sukses memborong penghargaan Piala Oscar. Walaupun berdurasi sangat lama, film ini menjadi salah satu masterpiece yang memiliki banyak penggemar.

4. The Forrest Gump

Bisa dikatakan, film ini menjadi film yang mengantarkan nama Tom Hanks menjadi aktor Hollywood ternama. Diadaptasi dari novel karya Winston Groom, Forrest Gump menceritakan tentang kisah inspirastif sekaligus mengharukan seorang pria yang sedikit idiot yang tidak pernah mengenal pantang menyerah. Ditambah akting Tom Hanks yang sangat gemilang dalam memerankan karakter pria idiot, membuat film ini sukses menembus 10 besar film terbaik.

5. The Silence of the Lambs

The Silence of the Lambs merupakan film thriller yang sangat fenomenal karena memiliki cerita dan alur yang sangat apik. Film yang diperankan oleh Anthony Hopkins ini merupakan film adaptasi dari novel karya Thomas Harris. Film thriller yang menceritakan tentang hubungan Dr. Hannibal Lecter yang merupakan seorang kanibal dengan rentetan kasus pembunuhan berantai yang sulit untuk ditebak. Tak heran jika film ini mendapatkan penghargaan Oscar pada tahun 1992. 

6. The Shining

The Shining merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Stephen King. Film yang dibuat pada tahun 1980 ini dianggap sebagai film horor misteri terbaik yang pernah dibuat. Ditambah dengan gemilangnya akting sang pemeran utama, Jack Nicholson yang membuat film ini makin apik. 

7. The Godfather

The Godfather merupakan film adaptasi dari novel karya Mario Puzo yang menceritakan tentang kisah perjalanan keluarga mafia besar yang sangat meneggangkan. Film ini juga menjadi film dengan rating paling tinggi di IMDb.com, setelah film The Shawshank Redemption. Kesuksesan film ini tentunya tak lepas dari peran gemilang Al Pacino sebagi karakter utama.

Itulah daftar film terbaik yang merupakan adaptasi dari novel. Terbukti jika dari sebuah tulisan bisa menghasilkan karya yang bisa ditonton banyak orang. Mungkin kamu juga baru tau jika beberapa film populer di atas merupakan adaptasi dari sebuah novel. Nah, di antara 7 film terbaik di atas, mana menurutmu film yang paling berkesan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
0SHARES