7 Film Mikir Terbaik Ini Sengaja Dibuat Biar Penonton Terus Penasaran

Sumber Gambar

Di antara temen-temen, mungkin pernah ada yang denger temennya ngomong: “Jangan nonton film ini deh, kayaknya filmnya harus ditonton sambil mikir”. Pernyataan ini seakan-akan mengklasifikasikan film menjadi dua jenis, yakni "film mikir” dan "film yang nggak mikir”. Padahal, pada kenyataannya, ketika kita berusaha untuk mencerna tanda-tanda yang dituturkan baik secara visual maupun verbal dalam sebuah film, pada akhirnya kita tetap dipaksa untuk mengerahkan pikiran kita.

Hal tersebut disebabkan oleh cara kita dalam menangkap tanda yang terdapat dalam film, yakni dengan menghubungkan tanda-tanda dalam film di dalam konteks yang lebih luas. Dengan begitu, makna yang tersirat dalam sebuah cerita pun dapat ditafsirkan sekaligus direfleksikan dengan pengalaman estetis kita sebagai penonton. Mungkin pendapat temen-temen kamu yang bilang kalau ada film yang disebut “film mikir” tuh mengacu kepada film-film yang menyediakan ruang-ruang kosong untuk memancing para penontonnya untuk turut terlibat dengan jalan cerita.

“Ruang-ruang kosong” ini biasanya dibuat secara sengaja oleh para sineas agar para penontonnya tidak hanya mengikuti tuntunan dari cerita yang dipaparkan melalui film, melainkan penonton juga jadi memiliki hak untuk menentukan maksud dari cerita itu tanpa harus terus-terusan disuapi oleh sutradara. Film-film semacam inilah yang biasanya harus ditonton dengan penuh khidmat. Soalnya, film semacam ini biasanya akan sulit ditafsirkan maksud di dalamnya jika penonton terlalu lengah untuk menggali maksud dari film. Seperti film-film di bawah ini nih sebagai contohnya.

1. Inception (2010)

www.youtube.com

Film miki ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini menceritakan tentang kiprah dari seorang penjelajah mimpi bernama Cobb yang mendapatkan tugas untuk menanam sebuah ide di pemimpin perusahaan besar yang menjadi saingan dari orang yang menyewa Cobb untuk tugas tersebut. Penanaman ide ini tentunya dilakukan melalui mimpi, dan Cobb membutuhkan bantuan dari para ahli untuk bisa menyelam ke dalam alam bawah sadar dari orang yang menjadi targetnya.

2. 2001: A Space Oddyssey (1968)

www.youtube.com

Film mikir ini dinilai sebagai salah satu pionir dalam genre sains fiksi ini memang mengundang banyak tanda tanya bagi para penontonnya. Bahkan, Stanley Kubrick selaku penggarap film ini pun enggan memberi tahu apa maksud sebenarnya dari film yang minim dialog ini. Makanya, dalam berbagai situs dalam jaringan yang secara khusus menyajikan forum untuk mendiskusikan film ini pun kita bisa lihat penafsiran yang berbeda-beda dari setiap penontonnya.

3. Triangle (2009)

www.youtube.com

Film yang mengadaptasi mite sisifus yang dipopulerkan oleh Albert Camus ini menceritakan tentang seorang wanita yang terjebak dalam absurditas waktu, yakni dirinya harus menjadi orang yang menyadari bahwa dirinya terjebak dalam perputaran waktu secara terus menerus. Kisah ini berawal dari perjalanan liburan yang dilakukan oleh Jess (Melissa George) dan beberapa kenalannya. Perjalanan yang dilakukan dengan menggunakan kapal kecil itu harus terhenti ketika mereka mengalami kecelakaan sehingga mereka mengevakuasi diri ke sebuah kapal yang terapung di tengah laut.

Perlahan-lahan, Jess mulai mengungkap kenyataan bahwa dirinya sudah pernah ada di kapal itu sebelumnya, dan dia harus mengemban beban sebagai orang yang terus berputar-putar dalam pusaran waktu yang berulang.

4. Enemy (2013)

www.youtube.com

Film yang diadaptasi dari novel The Double karya José Saramargo ini mengisahkan tentang seorang pengajar mata kuliah sejarah yang secara tak sengaja menemukan kembaran dirinya yang berprofesi sebagai seorang aktor. Padahal, ketika tokoh pengajar yang diperankan oleh Jake Gyllenhaal itu bertanya kepada ibunya apakah dirinya memiliki saudara kembar, ibunya dengan jelas menyatakan bahwa dia adalah anak tunggal.

Untuk memecahkan misteri yang mewarnai film ini dari awal sampai akhir, sangat penting sekali untuk memperhatikan dialog-dialog tokoh Adam Bell saat dia mengajar di kelas. Ternyata, twist yang disajikan dalam film ini erat kaitannya dengan kritik terhadap masyarakat yang diperintah secara totaliter oleh penguasanya.

5. Memento (2000)

www.youtube.com

Seperti halnya dalam film Inception, Christopher Nolan selaku sutradara pun menyajikan kisah dalam Memento dengan tuturan yang cenderung misterius. Film ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Leonard (Guy Pearce) yang berusaha untuk mencari pembunuh istrinya. Masalahnya, Leonard memiliki penyakit langka yang menyerang ingatannya sehingga dia akan langsung lupa dengan momen yang baru terjadi beberapa detik sebelumnya alias kehilangan ingatan jangka pendek.

Untuk meminimalisir hambatan dalam mencari pembunuh istrinya, Leonard menggunakan foto yang disertai dengan catatan kecil sebagai pengingat, dan film ini pun mengisahkan bagaimana Leonard menyusun kepingan-kepingan ingatannya agar dia bisa menemui pembunuh istrinya.

6. Coherence (2013)

www.youtube.com

Apakah kamu termasuk orang yang percaya dengan adanya dimensi paralel? Kalau iya, mungkin kamu harus coba nonton film mikir yang satu ini nih. Film sains fiksi yang disajikan dengan nuansa thriller ini mengisahkan tentang anomali yang terjadi kepada realitas saat ada sebuah komet yang meluncur di angkasa. Emily (Emily Baldoni) dan teman-temannya yang saat itu sedang melakukan pertemuan makan malam, perlahan-lahan mulai menyadari bahwa realitas yang mereka jalani itu bercampur aduk dengan realitas yang lain yang di dalamnya terdapat diri mereka sendiri dalam versi yang lain.

7. Donnie Darko (2001)

www.youtube.com

Seperti halnya film Coherence, film ini juga memiliki kisaran kisah yang serupa, yakni menceritakan mengenai anomali yang membuat realitas bercampur aduk, namun ditambah lagi permasalahannya dengan konsep penjelajahan waktu. Donnie Darko (Jake Gyleenhaal) adalah anak muda yang memiliki kemampuan untuk mengakses realitas yang lebih tinggi ini sehingga dirinya seringkali menemukan keanehan-keanehan yang tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Tujuh film mikir di atas hanyalah segelintir dari sejumlah film lainnya yang seringkali membuat penontonnya mengerutkan kening saat sedang berusaha menafsirkan maksud dari cerita dalam film. Mungkin temen-temen ada yang mau nambahin?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Masih Kecil Jadi Aktor, Inilah Film Rano Karno "Si Doel" yang Melambungkan Namanya!

Masih Kecil Jadi Aktor, Inilah Film Rano Karno "Si Doel" yang Melambungkan Namanya!

Para Cosplayer Superhero Marvel dan DC Ini Mirip Sama di Komik Loh!

Para Cosplayer Superhero Marvel dan DC Ini Mirip Sama di Komik Loh!

Buat Kamu Pencinta Film Mind Blowing, Wajib Tonton 7 Film Nuansa Psikologis Ini

Buat Kamu Pencinta Film Mind Blowing, Wajib Tonton 7 Film Nuansa Psikologis Ini

Ternyata 10 Film Terkenal Ini Dibuat dengan Teknik Miniatur Lho!

Ternyata 10 Film Terkenal Ini Dibuat dengan Teknik Miniatur Lho!

Beginilah Jadinya Kalau Tokoh Toy Story Ada di Dunia Nyata

Beginilah Jadinya Kalau Tokoh Toy Story Ada di Dunia Nyata

Beginilah Jadinya Kalau 10 Karakter Film Animasi Ini Ada di Dunia Nyata

Beginilah Jadinya Kalau 10 Karakter Film Animasi Ini Ada di Dunia Nyata

loading