7 Film Adaptasi Dari Novel Ini Menjadi Raja Box Office Sepanjang Masa

24 Februari 2017
|Atik Kencana S.

Kamu termasuk orang yang suka nonton film yang berdasarkan novel? Kira-kira kamu lebih dulu nonton filmnya apa baca novelnya? Memang sih kebanyakan menimbulkan sensasi tersendiri saat kita menonton sesuatu apa yang udah kita baca. Fantasinya macem-macem, ada yang puas ada juga yang kecewa.

Kenapa ada dua ekspresi tersebut? Kalau kamu memang salah satu orang yang doyan baca novel dan ternyata novel tersebut bakal divisualisasikan, pasti kamu berharap visualisasi dari novel tersebut bakalan lebih keren daripada imajinasi kamu. Tapi banyak juga sih film yang gak sesuai ekspektasi visual dari novelnya. Kadang novelnya lebih oke, kadang juga kebalikannya.

Nah kalau soal imajinasi kan memang lebih ke penilaian individu, alias gak bisa disaklekin. Kali ini YuKepo udah merangkum beberapa film andalan yang ternyata diadaptasi dari novel. Yuk langsung aja kepoin!

1. To Kill a Mockingbird

Film yang rilis pada tahun 1963 ini diadaptasi dari novel yang berjudul sama dan dikarang oleh Harper Lee yang rilis pada tahun 1960. To Kill a Mockingbird diperankan oleh Gregory Peck yang mendapat penghargaan aktor terbaik berkat film ini. Film yang masih berwarna hitam puttih ini menceritakan tentang isu diskriminasi ras yang pada saat itu sangat marak diperdebatkan. Film ini cukup berhasil karena mendapat delapan nominasi dan memborong tiga piala di Academy Awards. 

2. The Godfather

Film yang bertemakan tentang kriminal Amerika ini rilis pada tahn 1972. Film yang diadaptasi dari novel The Godfather karya Mario Puzo ini memang dianggap sebagai salah satu film yang paling berpengaruh sepanjang masa. Film ini bercerita tentang perjalanan Michael Corleon (Al Pacino) yang berupaya untuk menjadi seorang bos mafia yang kejam. Film yang diperankan oleh Al Pacino dan Marlon Brando ini banyak memenangkan berbagai kategori di Academy Awards pada tahun 1973.

3. Black Mass

Film ini memang diadaptasi dari novel kisah nyata Black Mass: The True Story of an Unholly Alliance Between the FBI and the Irish Mob karya Dick Lehr dan Gerard O’Neill yang rilis pada tahun 2001. Film yang dirilis pada 2015 lalu ini memang menceritakan tentang persengkongkolan yang terjadi di antara FBI dan mafia. Film yang diperankan oleh Johnny Depp dan Benedict Cumberbatch ini menerima beberapa nominasi penghargaan seperti di Screen Actors Guild Awards, AACTA International Awards dan lain-lain.

4. The Great Gatsby

Film ini diadaptasi dari sebuah novel karya F. Scott Fitzgerald yang pertama kali rilis pada tahun 1925.  Sementara filmnya sendiri yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio dan Tobey Maguire ini rilis pada tahun 2013.  Film ini menceritakan tentang hubungan bertetangga Nick Carraway (Tobey Maguire) dengan seorang miliarder Jay Gatsby (Leonardo DiCaprio). Film ini banyak mengantongi penghargaan bergengsi yaitu Academy Awards dan BAFTA Awards.

5. My Sister Keeper

Film yang dibintangi oleh Cameron Diaz ini dirilis pada tahun 2009. Film yang ber-genre drama ini berasal dari sebuah novel karya Jodi Picoult dengan judul yang sama. Film ini bercerita tentang perjuangan seorang gadis yang menderita kanker dan upaya bertahan hidupnya. Intrik keluarga yang tidak biasa juga dihadirkan di sini menjadi suatu pembeda dengan film-film drama lainnya. Film ini berhasil membawa piala Teen Choice Award dalam kategori Choice Summer Movie. 

6. Gone Girl

Film ini dirilis pada tahun 2014 dan berdasarkan novel yang berjudul serupa karya Gillian Flynn. Gone Girl diperankan oleh Nick Dunne (Ben Affleck) dan Amy (Rosamund Pike). Film ini menceritakan tentang hilangnya istri Nick yaitu Amy yang secara tiba-tiba. Akibat hal itu, Nick menjadi tersangka utama atas hilangnya Amy. Film ini banjir penghargaan bergengsi seperti, Academy Award, Golden Globe Award dan BAFTA Award. 

7. The Shawshank Redemption

Film yang diperankan oleh Tim Robbins dan Morgan Freeman ini dirilis pada tahun 1994. Film yang diadaptasi dari novel Rita Hayworth and Shawshank Redemption karya Stephen King yang rilis pada tahun 1982. Film ini menceritakan tentang Tim Robbins (Andy Dufresne) yang harus dipenjara karena hal yang tidak pernah ia perbuat. Di penjara (Shawshank State Prison) ia bertemu dengan Ellis Boyd “Red” Redding (Morgan Freeman) dan melakukan banyak kegiatan yang gila.  Walaupun pendapatannya hampir sama dengan biaya pembuatannya, film ini masuk 7 nominasi di Academy Awards. 

Ternyata gak heran ya, film yang diadaptasi dari novel-novel terkenal memang banyak yang mendapat  penghargaan baik dari segi pemain dan ceritanya. Di antara 7 film di atas, yang mana favorit kamu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
SHARES