6 Serial Kartun Populer Ini Dicekal di Berbagai Negara. Alasannya Bikin Tepok Jidat!

21 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Kartun menjadi tontonan yang disukai oleh banyak kalangan, terutama anak-anak. Tokoh yang lucu dan cerita yang menarik mengundang anak-anak untuk menonton. Namun, ada lho serial kartun yang ternyata dicekal di berbagai negara. Padahal, kartun tersebut sangat populer. Ada beberapa alasan yang membuat kartun-kartun tersebut dilarang beredar di berbagai negara. Inilah 6 serial kartun yang dicekal di beberapa negara.

1. The Simpsons

Meski telah meraih popularitas di dunia, pencekalan bagi kartun The Simpsons adalah hal yang biasa. Awalnya, Amerika dan Brasil melarang tayangnya kartun ini. Lambat laun, serial kartun ini mulai dilarang di beberapa negara yang lain. Alasan pelarangan kartun ini untuk ditayangkan adalah ditampilkannya adegan kekerasan dan adegan mempermalukan keluarga hingga tokoh publik.

2. Donald Duck

Finlandia melarang penayangan Donald Duck. Tak heran, jika masyarakatnya tak mengenal sosok Donald Duck. Pelarangan tersebut berlaku sejak tahun 1970-an. Donald Duck dianggap vulgar karena tidak memakai celana. Selain itu, sifat kikir yang dimilikinya juga menjadi alasan. Pemerintah khawatir jika hal tersebut akan mempengaruhi penonton, khususnya anak-anak.

3. Winnie The Pooh

Winnie The Pooh dicekal di Cina dan Polandia. Pencekalan di Cina disebabkan kartun beruang madu ini kerap disandingkan dengan Presiden Cina, Xi Jinping. Karena tidak terima, alhasil Winnie The Pooh tak boleh tayang di Negeri Tirai Bambu. Berbeda dengan Cina, alasan pelarangan kartun ini di Polandia adalah Winnie The Pooh dianggap tidak benar dalam berpakaian. Selain itu, jenis kelaminnya juga tidak jelas.

4. Tom and Jerry

Tom and Jerry adalah kartun yang berkisah tentang seekor kucing bernama Tom dan seekor tikus bernama Jerry. Kartun ini seringnya menampilkan pertengkaran antara Tom dan Jerry. Adegan kejar-kejaran dan kekerasan adalah adegan yang sering muncul di serial kartun ini. Karena dua adegan itulah, Tom and Jerry dilarang tayang di berbagai negara.

5. Pokemon

Permainan Pokemon Go pernah menghebohkan dunia. Tak hanya permainan, serial kartunnya pun pernah menarik hati penonton dunia. Sayangnya, kartun ini dilarang di beberapa negara, seperti Turki, Arab Saudi, dan Jepang. Kartun ini dinilai berbahaya untuk ditonton. Di salah satu episodenya yang berjudul "Electric Soldier Porygon" ditampilkan cahaya yang membahayakan mata. Kabarnya, sebanyak 685 anak di Jepang tiba-tiba kejang setelah menonton episode tersebut. Insiden ini dikenal dengan sebutan Pokemon Shock.

6. Spongebob Squarepants

Tahu kan kartun yang satu ini? Kartun ini juga mengalami pencekalan di beberapa negara. Bahkan, Indonesia pun pernah menghentikan penayangannya. Cina, Rusia, dan Ukraina menjadi negara yang mencekal Spongebob. Alasannya, kartun ini dianggap mempropagandakan homoseksual. Adegan Spongebob dan Patrick yang sering main bareng sambil bergandengan tangan adalah salah satu contoh bentuk propaganda. Selain itu, nama karakter Puff, guru Spongebob, di Ukraina juga menjadi istilah yang sering digunakan untuk mendeskripsikan kaum gay.

 

Wah, kalau kartun saja dilarang untuk tayang? Lantas, anak-anak harus nonton apa ya? Bukannya sinetron justru lebih nggak mendidik? Bagaimanapun, tiap negara memiliki kekhawatirannya masing-masing, dari yang masuk akal hingga yang aneh. Dan saat menetapkan kebijakan pelarangan serial kartun tersebut, pasti sudah dilakukan berbagai penyelidikan terhadap kontennya. Jadi, apakah pencekalan ini menurutmu tindakan yang bijak? Atau justru berlebihan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES