5 Film tentang Penderita AIDS Ini Perlu Kamu Tonton Agar Nggak Salah Kaprah!

01 Desember 2017
|Reza Pratama
0SHARES

WHO menetapkan 1 Desember sebagai hari HIV/AIDS sedunia. Tak banyak dari kita yang mengetahui informasi lebih dalam mengenai masalah HIV/AIDS dan para ODHA atau penderita HIV/AIDS. Mungkin yang kita ketahui hanya sekadar HIV/AIDS merupakan penyakit yang mematikan dan tidak ada obatnya. Banyak stigma buruk yang berkembang mengenai penyakit ini dan para penderitanya, karena salah satu cara penyebaran penyakit ini adalah melalui hubungan seksual yang 'tidak aman'. Padahal, anggapan dan stigma tersebut salah besar, lho. Ada cara-cara lain untuk menularkan virus HIV, salah satunya adalah melalui transfusi darah. Nah, agar nggak salah kaprah lagi mengenai HIV/AIDS, tonton deh film-film dengan tema AIDS di bawah ini. Kamu bisa sedikit mengetahui gambaran bagaimana memperlakukan orang yang terkena HIV/AIDS. Berikut 5 film terbaik yang mengangkat tema HIV/AIDS. 

1. Longtime Companion

Film drama yang bercerita tentang kesedihan dan kepedihan korban epidemi AIDS di Kota New York. Di film ini, HIV/AIDS digambarkan sebagai “hukuman mati “ dari Tuhan yang banyak menimpa kaum Gay. Bahkan HIV/AIDS juga disebut-sebut sebagai kanker Gay. Film dengan setting 80-an ini berhasil meraih penghargaan Sundance Audience Award.

2. Philadelphia

Philadelphia menjadi film dengan tema HIV/AIDS yang wajib kamu tonton. Di film ini kita bisa tahu perjuangan seorang pengidap HIV/AIDS demi kehidupan dan kehormatannya. Dibintangi oleh Tom Hanks, film yang dirilis pada tahun 1993 ini berhasil menjelaskan apa yang dialami oleh orang penderita virus mematikan ini. 

3. How To Survive a Plague

Film ini merupakan film dokumenter yang mengisahkan tentang kehidupan para pengidap virus HIV/AIDS yang merasa masih memiliki hak untuk menikmati hidup. Film ini lebih menyoroti para aktivis yang tergabung ke dalam organisasi ACT UP dalam memberikan motivasi dan penyuluhan terhadap para penderita HIV/AIDS. Film ini pun sukses menyabet penghargaan Gotham Independent Film Awards kategori film dokumenter terbaik tahun 2012.

4. Dallas Buyers Club

Mungkin dari banyaknya deretan film bertemakan HIV/AIDS, Dallas Buyers Club menjadi film dengan tema AIDS terbaik yang pernah dibuat. Dibintangi oleh Matthew McConaughey dan Jared Leto, film ini diangkat dari kisah Ron Woodroof yang merupakan penderita AIDS. Memiliki semangat hidup yang tinggi, membuat Ron mencoba meminum berbagai obat-obatan. Sampai akhirnya ia menemukan obat yang bisa menjadi penawar penyakit HIV/AIDS. Matthew McConaughey yang menjadi pemeran utama di film ini berhasil meraih piala Oscar sebagai aktor tebaik mengalahkan Leonardo DiCaprio di film Wolf Of Wall Street.

5. Love! Valour! Compassion!

Di film ini, kamu akan dibuat tertawa sekaligus sedih dengan cerita yang ditawarkan. Film drama komedi romance ini bercerita tentang 6 orang gay yang menghabiskan liburan di sebuah rumah pedesaan di New York. Film ini mengemas dialog melalui kisah persahabatan yang realistis. Namun, di akhir cerita penonton akan dibuat bergelinang air mata dengan apa yang mereka alami.

Melalui film-film dengan tema AIDS di atas, setidaknya kita bisa sedikit mengetahui cara memperlakukan orang atau kerabat kita yang terkena virus HIV/AIDS. Mereka juga masih layak mendapat sambutan hangat dari kita tanpa perlu dijauhi. Yang mereka butuhkan bukan hanya obat, namun juga dukungan secara mental agar mereka bisa semangat menjalani hidup dan berjuang melawan penyakitnya tersebut. Selamat hari AIDS sedunia!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES