10 Film Berlatar Sejarah Indonesia Ini Bakal Bikin Kamu Makin Cinta Tanah Air

www.youtube.com

Mencintai Indonesia di era modern dapat kita lakukan dengan berkarya, menciptakan sesuatu yang berguna bagi banyak orang. Tapi ketika Indonesia belum merdeka, mencintai negeri ini harus ditunjukkan dengan berperang melawan penjajah dalam pertempuran yang berdarah-darah. Kita memang nggak mengalami masa itu, tapi bisa merasakan suasana perjuangannya dengan menonton film-film berlatar sejarah. Ini dia 10 film lokal berlatar belakang sejarah yang wajib kamu tonton biar makin cinta Indonesia.

1. Soekarno

rudicahyo.com

Diperankan oleh Ario Bayu, Maudy Koesnadi dan sederet artis ternama lainnya, film ini bercerita tentang perjuangan Soekarno sebagai tokoh bangsa sekaligus sebagai pria yang dikelilingi banyak wanita. Meskipun film ini menuai kritik dari Rahmawati Soekarno Putri, film ini tetap tayang pada 2013.

2. Kartini

www.newsth.com

Memperingati perjuangan Ibu Kita Kartini dalam mengangkat derajat perempuan di bidang pendidikan pada khususnya, film Kartini diproduksi dengan dibintangi Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, dan Adinia Wirasti. Film ini bercerita tentang ‘pemberontakan’ Kartini di tengah struktur keluarga priyayi Jawa yang tidak mengizinkan perempuan untuk bersekolah dan menentukan pilihan sendiri. 

3. Sang Kiai

www.gatra.com

Film ini bercerita tentang perjuangan pendiri organisasi Nahdlatul Ulama, Kiai Haji Hasyim Asyari pada masa pendudukan Jepang. Pada masa itu rakyat Indonesia bukan hanya menderita karena kerja paksa, tetapi juga karena dipaksa mengikuti cara orang Jepang menyembah Dewa Matahari. Bagi seorang ulama tentu hal ini dapat melukai aqidahnya. Perjuangan pun dimulai. 

4. Sang Pencerah

www.sinicari.com

Jika Sang Kiai bercerita tentang NU, Sang Pencerah bercerita tentang KH. Ahmad Dahlan, pendiri organisasi Muhammadiyah. Perjuangannya ada di saat Ahmad Dahlan yang diperankan oleh Lukman Sardi ingin menegakkan syariat Islam di tengah masyarakat yang dipenuhi praktik Islam berwarna syirik dan bid’ah. Ahmad Dahlan lalu dianggap sebagai salah satu tokoh Islam moderat yang berhasil membuka dialog dengan beberapa golongan kepercayaan lain, termasuk kejawen.

5. Di Balik ‘98
news.lewatmana.com

Kalau film-film di atas terkesan lawas banget dan kurang relevan dengan perjuangan masa kini, coba deh tonton Di Balik ’98. Film ini berlatar belakang perjuangan mahasiswa pada masa lengsernya Presiden Soeharto. Ceritanya jadi pelik karena aktivis mahasiswa yang diperankan Chelsea Islan tumbuh di keluarga yang kakaknya bekerja di dapur istana dan kakak iparnya sebagai tentara. Dilematis banget kan? Mahasiswa wajib banget nonton ini deh.

6. Tjoet Nja’ Dhien
alchetron.com

Kalau yang ini lawas banget sih. Tayang di tahun 1980-an dan dibintangi oleh Christine Hakim, nggak diragukan lagi film ini ciamik banget. Mengisahkan pahlawan wanita Tjoet Nja’ Dhien yang terus berjuang meski penyakit menggerogoti tubuhnya, film ini memenangkan penghargaan di ajang FFI dan Cannes Film Festival. Cool!

7. Wage

wartakota.tribunnews.com

Siapa sih yang nggak tahu siapa itu Wage? Setiap upacara bendera kita menyanyikan lagu Indonesia Raya ciptaannya. Di balik lagu itu ada perjuangan Wage Rudolf Supratman dikejar-kejar Belanda lho. Dibintangi oleh Rendra Bagus Pamungkas sebagai Wage dan Prisia Nasution sebagai Salamah kekasihnya, film ini dibuat untuk menyingkap sejarah di balik tokoh Wage yang selama ini cenderung jauh dari jangkauan masyarakat. Padahal ia juga adalah pahlawan Indonesia. Kamu udah nonton belum?

8. Jenderal Soedirman

www.muvila.com

Pahlawan yang berjuang dengan metodenya yang sangat terkenal hingga sekarang yaitu Perang Gerilya ini ditampilkan perjuangannya lewat film berjudul sama dengan gelar dan namanya. Dibintangi oleh Adipati Dolken, film ini berlatar waktu ketika gencatan senjata setelah Belanda secara sepihak menyatakan tidak lagi terikat dengan Perjanjian Renville.

9. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

www.muvila.com

Dibintangi oleh Reza Rahadian, film ini sebenarnya adalah biografi HOS Tjokroaminoto pendiri organisasi dagang Sarekat Islam yang tidak tahan melihat rakyat menderita. Dalam film ini banyak diceritakan kesenjangan antar masyarakat dan golongan karena hukum yang diciptakan oleh pemerintah kolonial. 

10. Battle of Surabaya
www.muvila.com

Film ini berbeda dengan yang lain karena menampilkan gambar animasi. Ceritanya tentang seorang tukang semir sepatu bernama Musa saat Jepang menarik diri dari Indonesia dan Belanda kembali menjejakkan sepatunya di tanah air. Kehidupan Musa serta merta berubah menjadi kurir pesan rahasia dan nyawanya pun selalu terancam. Film ini memenangkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri.

Kamu sudah menonton yang mana saja? Seru ya kalau melihat cerita seru penuh gejolak di zaman perjuangan bahkan sampai merdeka dan reformasi. Kalau kata Soekarno sih, perjuangan kita akan lebih berat sebab kita melawan bangsa sendiri. Semoga kita bisa tetap berjuang selamanya menyelamatkan bangsa ini dari hal-hal buruk ya guys. Caranya? Dengan berkarya!

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Masih Punya Rasa Cinta, 7 Pasangan Artis Ini Rujuk Kembali Setelah Bercerai - Keepodotme

Masih Punya Rasa Cinta, 7 Pasangan Artis Ini Rujuk Kembali Setelah Bercerai - Keepodotme

Begini Jadinya Kalau 10 Karakter Film Ini Diperankan oleh Aktor Lain. Aneh Banget!

Begini Jadinya Kalau 10 Karakter Film Ini Diperankan oleh Aktor Lain. Aneh Banget!

Pasangan Milenial dan Fitur Last Seen Whatsapp: Bukti Media Sosial Merusak Hubungan! - Keepodotme

Pasangan Milenial dan Fitur Last Seen Whatsapp: Bukti Media Sosial Merusak Hubungan! - Keepodotme

Kini Melahirkan Banyak Film Keren, Inilah Film Pertama Produksi Hollywood! Seperti Apa Ya?

Kini Melahirkan Banyak Film Keren, Inilah Film Pertama Produksi Hollywood! Seperti Apa Ya?

PSI, Ketuanya Dilaporkan dan Partainya Diancam Dibubarkan - Keepodotme

PSI, Ketuanya Dilaporkan dan Partainya Diancam Dibubarkan - Keepodotme

Pecinta Anime Wajib Nonton! 8 Anime Keren Ini Akan Tayang Tahun 2018

Pecinta Anime Wajib Nonton! 8 Anime Keren Ini Akan Tayang Tahun 2018

loading