Tarif Pengurusan STNK dan BPKB Naik, Apa Dampaknya Sih Buat Masyarakat?

nasional.news.viva.co.id

Hari ini, 6 Januari 2017 telah resmi berlaku tarif baru untuk pengurusan surat-surat kendaraan. Yup, sekarang ngurus STNK dan BPKB harganya sudah naik. Kenaikan biaya itu sendiri mencapai dua hingga tiga kali lipat. Untuk penerbitan STNK roda dua maupun roda tiga dari Rp 50.000,00 menjadi Rp 100.000,00. Untuk roda empat, dari Rp 75.000,00 menjadi Rp 200.000,00. Juga pada penerbitan BPKB dan ganti kepemilikan alias mutasi, roda dua dan tiga yang dulunya Rp 80.000,00 sekarang jadi Rp 225.000,00. Roda empat yang dulunya Rp 100.000,00 naik jadi Rp 375.000,00. Kebijakan ini berdasarkan PP No. 60 Tahun 2016. Kabarnya, kenaikan ini cukup signifikan dikarenakan memang tidak pernah ada kenaikan biaya selalu beberapa tahun terakhir ini. Nah, kira-kira gimana dampaknya ke masyarakat? Signifikan atau enggak? Yuk, baca sedikit dari artikel ini yuk.

blog.tokopedia.com

Yang pertama sangat jelas adalah meningkatnya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Diharapkan dengan ini juga akan meningkatkan kualitas pelayanan. Gitu lho maksudnya. Dengan naiknya biasa pengurusan surat-surat ini dipastikan PNBP tahun 2017 akan naik hingga 300%. 

fjb.m.kaskus.co.id

Ngefeknya pada masyarakat kecil, kemungkinan harga motor bakalan naik. Untungnya, banyak produsen yang mengungkapkan kemungkinan kenaikan harga motor nggak akan mengganggu permintaan konsumen sih. Kenaikan mungkin gak akan cukup signifikan. Soalnya, gimana pun buat sebagian masyarakat, kendaraan roda dua memang masih sangat dibutuhkan. Tapi kalau kenaikan harga motor cukup tinggi ya bisa jadi juga bakal bikin masyarakat kelabakan. 

m.galamedianews.com

Harga mobil juga naik. Beberapa pabrikan seperti Suzuki sudah merencanakan akan menaikkan harga produknya. Namun, itu semua mengikuti tarif kenaikan pengurusan STNK dan BPKB. Rata-rata pabrikan akan naikkin harga di akhir Januari atau di awal Februari. Jadi, kamu-kamu yang mau beli mobil, buruan aja ya!

media.viva.co.id

Dampak lainnya, akan mempengaruhi tarif kendaraan angkutan umum. Perusahaan angkutan umum harus menghitung ulang biaya operasional yang mereka keluarkan. Seberapa kenaikannya belum bisa dipastikan. Akan ada yang mengalami kenaikan signifikan ada juga yang tidak. Kalau bus diperkirakan bakal ngalami kenaikan yang cukup besar. 

Gimana menurut kamu? Kamu termasuk yang pro atau kontra nih? Ya, asal Indonesia semakin baik aja, dan kenaikan tarif diimbangi dengan peningkatan kualitas pelayanan juga. Setuju kan? 

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
1
SHARES
loading