Rupiah Melemah Terhadap Dollar Amerika, Simak Beberapa Faktanya!

cirebonsatu.com

Buat kamu-kamu yang suka main forex atau nyimpen duit dalam mata uang dollar, pasti update deh sama berita yang satu ini. Yup, rupiah melemah terhadap dollar AS. Hari ini rupiah berada di level 13.423. Bakal sampe berapa lama kondisi kayak gini ya, guys? Buat para eksportir bisa jadi kaya-raya nih. Tapi sebaliknya, kalau saat-saat ini kamu berencana liburan ke luar negeri, pikir-pikir dulu deh. Nah, makanya YuKepo mau kasih beberapa alasan yang bisa jadi memicu lemahnya rupiah. Yuk kepoin!

ekbis.sindonews.com

Salah satu alasan kenapa rupiah melemah nih, gak jauh-jauh amat sama Amerika. Jadi, The Fed tu menaikkan suku bunganya. Eh, ngomong-ngomong tapi tau gak apa itu The Fed? The Fed tu Federal Reserve alias Bank Sentral Amerika Serikat. The Fed kabarnya bakal naikin suku bunga sebanyak tiga kali di tahun depan, 2017. Wow. Terus bertanya-tanya dong, kenapa suku bunga dinaikkan? Soalnya nih ekonomi Amerika tumbuh dengan pesat, terbukti dengan terbukanya lapangan kerja dan inflasi naik mendekati 2%. Kalo suku bunga terus rendah, dikhawatirkan mempengaruhi stabilitas keuangan. Gitu guys!

kilatnews.com

Alasan kedua, bisa jadi karena rendahnya kepercayaan terhadap macroeconomic management terhadap Jokowi-JK. Nah tuh apalagi nih? Jadi, rupanya kemampuan pemerintah buat menggenjot pajak dan membiayai pembangunan masih disanksikan. Hmmm, ya kita tunggu aja sih. Tapi sebaiknya nih, sebagai warga negara Indonesia kita dukung aja yuk program-program beliau ini. Termasuk juga taat bayar pajak walau berat. 

bisnis.liputan6.com

Surplus neraca perdagangan yang menurun jumlahnya juga bisa jadi penyebab melemahnya rupiah. Bulan sebelumnya, surplus neraca perdagangan itu mencapai US$ 1,21 milyar tapi di bulan November turun menjadi US$ 840 juta. Tau gak neraca perdagangan itu apa? Itu lho, ekspor-impor. Nah, makanya banyak-banyakin berkarya deh biar bisa bantuin ekspor sesuatu gitu ke luar negeri. 

wallpapersdsc.net

Banyaknya peredaran uang asing di masyarakat kita, terutama dollar. Logikanya, kalau kita lebih mencintai suatu barang, barang itu jadi mahal kan? Terjadilah itu membuat dollar menguat dan rupiah melemah. Gitu. Banyak pengusaha dan eksportir yang masih suka nyimpen uangnya di bank luar negeri lho.

bisnisbarengbee.com

Masalah politik yang memanas ternyata juga bisa melemahkan rupiah lho. Kayak kemarin terjadi demo 4 November, itu membuat para investor lebih memilih menjual sahamnya. Bahkan waktu demo 98 rupiah sempat mencapai Rp 16.000,00 per 1 US dollar. Bayangin!

So, menurut kamu tindakan apa nih yang perlu dilakukan ama pemerintah? Atau kamu sendiri, sudah mengantisipasi dengan cara apa nih? Apa pun itu, yang penting jangan dibawa baper dan semoga artikel ini bermanfaat deh ya. Sip!

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
100%
Love
0%
Aneh
7
SHARES
loading