7 Kebiasan Ini Bisa Bikin Kamu Kelihatan Seperti Orang Tua!

www.theloop.ca

Pernah nggak kamu mulai ngerasa kalau penampilan kamu kelihatan lebih tua dari umur kamu seharusnya? Kamu mulai ngerasa kalau kulit kamu kelihatan kering, ada kerut-kerutan atau rambut kamu mulai menipis. Misalnya umur kamu baru 19 tapi kalau ngaca kok yang nongol malah orang umur 29. Selain faktor genetik alias karena emang tampang kamu aja yang tua dari sononnya ternyata ada faktor lain penyebabnya lho. Ternyata ada kebiasaan kamu sehari-hari yang juga bisa bikin kamu kelihatan lebih tua. Kebiasaan-kebiasaan ini wajib kamu perhatiin karena mereka bisa ngerugiin kamu. Apa aja kebiasaan yang bisa kamu perbaiki biar nggak kelihatan tambah tua. Yuk, intip di bawah!

1. Kebiasaan Merokok

cdn.abclocal.go.com

Kebiasaan merokok ternyata bisa mengurangi jumlah oksigen ke kulit serta mempercepat pemecahan kolagen yang berdampak pada penuaan kulit bahkan sebelum usia semestinya.

2. Kebiasaan tidur hadap samping

aboutentertainmentinfo.com

Tidur menyamping dipercaya memiliki banyak manfaat. Tapi di sisi lain ternyata posisi tidur dengan wajah menempel di bantal ini berisiko meningkatkan kerutan pada pipi dan dagu. Para ahli justru menyarankan tidur terlentang sebagai posisi terbaik agar tetap segar saat istirahat dan tentunya tetap awet muda.

3. Diet Rendah Lemak

pixabay.com

Buat kamu yang ingin selalu menjaga bentuk dan berat badan, diet rendah lemak mungkin jadi keharusan. Tapi tahu nggak kamu? Ternyata jika tubuh sangat kekurangan lemak (lemak omega-3) malah bisa menyebabkan timbulnya kerutan pada kulit dan gejala penuaan dini lainnya.

4. Kebanyakan nonton TV

churchofpensacola.com

Sebuah studi menemukan fakta kalau setiap satu jam waktu yang kamu habisin untuk nonton TV bakal ngurangin harapan hidupmu selama 22 menit. Selain menghindari duduk atau selonjoran berlama-lama di depan TV, para ahli juga menyarankan kamu untuk berdiri dan berjalan setiap setengah jam.

5. Beraktivitas dengan postur tubuh buruk

media.keepo.me

Kebiasaan beraktivitas dengan postur tubuh yang buruk juga bisa bikin kamu kelihatan lebih tua. Misalnya duduk lama di depan laptop dengan posisi bungkuk, lama kelamaan bisa bikin tulang punggung bergeser dari gari normal. Ketegangan otot dan tulang juga jadi nggak normal. Kalau diterusin posisi seperti ini juga bisa bikin kelainan bentuk tubuh permanen.

6. Kurang Tidur

ncphoenix.net

Ada baiknya kamu dengerin Rhoma Irama soal begadang. Karena begadang jangan begadang kalau nggak ada artinya! Orang dewasa idealnya butuh waktu tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Kurang tidur bukan cuma bakal bikin kamu capek tapi juga bakal bikin umur kamu makin pendek. Selain kelihatan lebih tua kurang tidur juga bisa bikin kamu lemot dan bermasalah dengan berat badan.

7. Stres berkepanjangan

naturalon.com

Ini salah satu faktor yang berperan besar bikin kamu kelihatan tua sebelum waktunya. Banyak penelitian nunjukin kalau stress apa lagi yang kronis bisa nyebabin kerusakan serius pada sel dan mempercepat proses penuaan. Emang sih nggak ada orang yang bisa 100% terhindar dari stress, tapi kamu nggak perlu juga ngebesar-besarin masalah yang sebenarnya sepele.

Emang sih cepat atau lambat semua orang pasti akan tua dan itu hal yang nggak bisa dihindari. Tapi nggak lucu aja kan kalau kamu tua duluan dari teman-teman kamu. Itu tadi 7 kebiasaan sehari-hari yang mungkin sering kamu lakuin yang bisa bikin kamu kelihatan lebih tua dari umur kamu sebenarnya. Makanya sering-sering baca Yukepo guys, biar nggak cemberut terus. Entar cepet tua lho!

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
6
SHARES
loading