Para Aktor ini Memainkan Lagi Peran Ikonik Mereka dalam Video Klip Musik!

Sumber Gambar
Line Yukepo.com

Euforia bagi para aktor setelah memainkan suatu peran yang dianggap ikonik oleh penggemarnya ternyata tidak berakhir begitu saja setelah filmnya dirilis. Bahkan, jika aktor itu sendiri sebenarnya nggak merasa puas dengan permainan aktingnya dalam menghidupkan suatu tokoh, karakter tokoh itu mungkin bakal diusahakan keabadiannya oleh pihak lain, yakni apresiator. Apresiasi, terlepas dari positif atau tidaknya, dapat membuat si aktor bahkan bisa lebih dikenal sebagai karakter ikonik yang pernah diperankannya. Misalnya, kalo kamu denger nama Tobey Maguire, mungkin kamu langsung inget dengan peran ikoniknya sebagai Peter Parker. Contoh lainnya, misalnya ketika kamu denger nama Mandra di telinga kamu, kamu mungkin bakal inget sama sosok dengan nama serupa yang bahkan belum lulus SD meskipun keponakannya sudah jadi insinyur dalam Si Doel Anak Betawi. Di bawah ini, kamu bisa liat beberapa bukti kalau apresiasi tuh ternyata bisa mengabadikan peran legendaris yang dimainkan oleh aktor loh. Para aktor di bawah ini, muncul secara disengaja dalam video klip gubahan para musisi yang terkenal pada zamannya sehingga karakter tersebut direproduksi kembali dalam kemasan yang berbeda. Bisa saja karakter tersebut akan menentukan konteks dari gagasan yang hendak diekspresikan oleh musisinya. Daripada lama-lama, langsung cek aja di bawah ini yah!

1. Sacha Baron Cohen (Da Ali G Show) dalam Madonna: Music

www.youtube.com

Sacha Baron Cohen yang dikenal dengan peran-perannya yang rada-rada satir ini memang besar namanya setelah membintangi serial televisi bernama Da Ali G Show yang pertama kali muncul di layar kaca pada tahun 2000. Sebenarnya, dalam serial ini doi memerankan tiga tokoh sekaligus, yakni Ali G, Borat Sagdiyev, dan Bruno Gehard. Tapi tampaknya di mata Madonna sang Ratu Pop, Ali G sebagai tokoh utama dalam Da Ali G Show mungkin adalah tokoh dengan karakter yang pas untuk video klip “Music” yang menceritakan tentang bagaimana musik mempengaruhi hidup seseorang. Karakter urakan yang dimiliki oleh Ali G mungkin dibutuhkan sebagai bumbu pemanis dalam lagu ini karena menceritakan tentang kegilaan-kegilaan yang bisa dinikmati dan dilepaskan saat kita mendengarkan musik.

2. Eric Estrada (CHiPs) dan Mekhi Phifer (8 Mile) dalam Eminem: Just Lose It

www.youtube.com

CHiPs adalah serial televisi yang sempet terkenal di era tahun 70-an dan menceritakan tentang dua polisi kocak yang bertugas sebagai patroli di California (bisa jadi “CHIPS” yang ada di Warkop DKI itu terinspirasi dari serial ini). Salah satu dari polisi kocak dalam serial itu diperankan oleh Eric Estrada dengan nama “Ponch”. Eric Estrada dalam serial ini memang dicap menjadi simbol dari seksualitas sehingga wajar saja jika doi muncul dalam video klip “Just Lose It” yang merupakan bentuk manifestasi dari kembalinya sosok Slim Shady yang urakan sebagai alter ego dari rapper Eminem yang sebelum-sebelumnya sedang memiliki kecenderungan untuk menggarap lagu yang lebih cenderung membawa nuansa sedih seperti “Cleanin Out My Closet”. Selain itu, video klip ini memunculkan Mekhi Phifer yang memerankan tokoh Future dalam film 8 Mile sebagai tokoh yang menemani Jimmy Smith Jr. (Marshall Mathers a.k.a Eminem) dalam memperjuangkan potensinya sebagai rapper.

3. Rip Torn (Men In Black) dalam The All Blacks: Men In Black Safety Defender)

www.youtube.com

Sebenernya sih video ini niatnya bukan dirilis sebagai video klip dari lagu musisi bernama The All Blacks, soalnya The All Blacks itu sendiri sebenernya adalah asosiasi persatuan tim rugby di Selandia Baru yang menggarap penyuluhan keselamatan di pesawat terbang dengan video klip sebagai medianya. Meskipun begitu, video ini sendiri merupakan bentuk pembuatan ulang dari video klip Will Smith berjudul “Men In Black” yang memang menjadi soundtrack dari film "Men In Black" yang dirilis pada tahun 1997. Dalam video keselamatan mengudara ini kamu bisa liat salah satu tokoh ikonik dalam "Men In Black", yaitu Zed yang diperankan oleh Rip Torn meskipun dalam video ini doi udah terlihat lebih tua dibanding dalam filmnya.

4. Jeff Daniels (Dumb and Dumber) dalam Crash Test Dummies: The Ballad of Peter Pumpkinhead

www.youtube.com

Emang wajar aja sih kalo misalnya dalam video klip yang lagunya dijadikan sebagai soundtrack film, aktor yang memerankan tokoh dalam filmnya bakal dimunculin juga. Tapi kemunculan tokoh Harry Dunne (Jeff Daniels) dalam video klip ini emang unik karena lagu ini sebenernya bukan gubahan asli dari Crash Test Dummies, melainkan digarap oleh grup musik asal Inggris bernama XTC yang dirilis dalam album Nonsuch (1992). Lagu ini sendiri mengandung penyindiran terhadap kasus orang-orang yang kematiannya dirancang secara konspiratif oleh pemerintah meskipun orang-orang tersebut membawa jasa yang baik bagi negaranya. Dalam video klip aslinya sendiri XTC menampilkan sosok Presiden John F. Kennedy yang kematiannya masih misterius hingga kini, dan juga Yesus Kristus yang disalib. Uniknya, dalam video klip yang dibawakan oleh Crash Test Dummies, sosok yang dihukum mati adalah Harry Dunne yang tampil dalam film Dumb and Dumber sebagai orang yang memiliki keterbelakangan mental sehingga kelakuannya emang jauh dari orang normal. Apa mungkin yah Crash Test Dummies berusaha untuk lebih mempersempit sosok pembawa kebijaksanaan ini dengan menggambarkan orang abnormal sebagai orang yang bisa bermanfaat bagi lingkungannya tapi justru malah dijauhkan dan didiskriminasi dari masyarakat yang dianggap “normal”?

5. Ricky Gervais (The Office) dalam Brent and Johnson: Equality Street

www.youtube.com

Ricky Gervais, komedian asal Inggris kelahiran 1961 yang ngetop namanya dalam serial televisi Inggris berjudul The Office, menjadi simbol yang merepresentasikan sosok orang yang sok “nge-bos” dan merasa lebih tahu dan lebih pintar dari orang-orang yang menjadi bawahannya dalam strata dunia kerja di serial yang pernah di-remake oleh pertelevisian Amerika ini. Padahal, rekan-rekan kerjanya sendiri menganggap bahwa David Brent yang diperankan oleh Gervais adalah orang yang bebal, sok tau, dan egois. Karena Brent sendiri menjadi simbol dari pergesekan sosial antar kelas dalam dunia kerja, doi mengajak rapper Dom Johnson untuk bernyanyi bersama dalam lagu “Equality Street” yang mengekspresikan harapan mengenai masyarakat utopia yang menyamaratakan status setiap manusianya sehingga tidak ada lagi yang namanya konflik antar kelas, terutama kelas masyarakat yang diklasifikasikan melalui warna kulitnya.

6. Para Pemeran Karate Kid (1984) dalam No More Kings: Sweep The Leg

www.youtube.com

“Sweep The Leg”, adalah kutipan dialog dalam film The Karate Kid (1984) yang diucapkan oleh tokoh John Kreese (Martin Kove), guru dari dojo karate yang dinamakan Cobra Kai, alias komplotan petarung yang menjadi musuh bebuyutan dari tokoh utama Daniel Larusso (Ralph Macchio). Maksud dari kutipan itu sendiri adalah bujukan dari guru karate yang sadis kepada muridnya untuk menghancurkan kaki Larusso di pertarungan final karate yang diikuti oleh Cobra Kai beserta Larusso yang telah diajarkan bela diri oleh Mr. Miyagi (Pat Morita). Video klip yang digarap oleh grup alternatif pop-rock No More Kings dengan judul “Sweep The Leg” ini sendiri tampaknya merupakan pengupayaan untuk merekreasi kembali kisah The Karate Kid dengan menjadikan geng Cobra Kai sebagai guyonan karena dalam video klip tersebut diceritakan kehidupan mereka setelah melewati turnamen bela diri di mana mereka dikalahkan oleh Larusso. 

7. Matthew McConaughey (Dazed and Confused) dalam Butch Walker and The Black Widows: Synthesizers

www.youtube.com

Dalam Dazed and Confused (1993), McConaughey berperan sebagai David Wooderson, pemeran pembantu yang digambarkan sebagai sosok alumni dari satu SMA yang di dalamnya terdapat kisah anak-anak muda yang sedang mengalami fase coming of age. Meskipun sudah menginjak usia yang terlampau jauh dengan anak-anak SMA tersebut, Wooderson tetap berusaha untuk mempertahankan kemudaannya itu meskipun kultur anak muda semakin lama semakin berubah seiring dengan waktu. Lagu Synthesizers yang digarap oleh Butch Walker and The Black Widows pun memang menceritakan usaha untuk mengokohkan identitas kultural yang semakin diancam oleh perkembangan zaman yang disimbolkan melalui alat musik elektronik “synthesizer”.  

Mungkin para aktor yang namanya disebutkan di atas sekalian nostalgia juga yah sama peran-peran yang pernah dimaininnya? Soalnya setiap tokoh yang mereka peranin dalam film pasti ninggalin memori khusus bagi mereka yang udah mencoba untuk merasuk ke dalam tokoh itu sendiri. Selain nostalgia, itung-itung nambah proyekan juga kan? Hehehe.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
100%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
1
SHARES
Nggak Nyangka! Inilah Daftar Film Fantasi yang Mendapat Kritikan dari Golongan Tertentu!

Nggak Nyangka! Inilah Daftar Film Fantasi yang Mendapat Kritikan dari Golongan Tertentu!

Aktor-aktor Ini Nyaris Tewas Saat Sedang Pembuatan Film Lho!

Aktor-aktor Ini Nyaris Tewas Saat Sedang Pembuatan Film Lho!

Tokoh-tokoh Antagonis Film Ini Selalu Dikenang oleh Para Penonton Lho!

Tokoh-tokoh Antagonis Film Ini Selalu Dikenang oleh Para Penonton Lho!

15 Wanita Cantik dan Seksi Ini Pernah Muncul di Film James Bond!

15 Wanita Cantik dan Seksi Ini Pernah Muncul di Film James Bond!

Mengakhiri Tahun 2016, Inilah Daftar Film Indonesia bulan Desember yang Wajib Ditonton!

Mengakhiri Tahun 2016, Inilah Daftar Film Indonesia bulan Desember yang Wajib Ditonton!

Inilah 17 Tokoh Wanita Terfavorit Dalam Film Superhero, Siapa yang Kamu Suka?

Inilah 17 Tokoh Wanita Terfavorit Dalam Film Superhero, Siapa yang Kamu Suka?

loading