Warga Inggris Ini Haji Naik Sepeda, Inilah Perjuangan Hebat Orang-orang untuk Sampai Mekkah

23 Agustus 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Musim haji selalu menjadi perbincangan di Indonesia. Mulai dari membicarakan tetangga atau keluarga yang akan berangkat haji hingga besarnya biaya yang harus dikeluarkan para jemaah haji Indonesia demi dapat melaksanakan ibadah yang satu ini. Pergi haji memang bukanlah ibadah yang mudah dilakukan oleh umat Islam Indonesia. Tidak hanya harus memiliki dana yang cukup, jemaah haji Indonesia pun harus rela mengantri hingga puluhan tahun demi mendapatkan giliran berangkat ke tanah suci. Melihat kesulitan untuk pergi haji yang seperti ini, beberapa orang memutuskan untuk melakukan perjalanan mandiri ke tanah suci tanpa harus mengikuti biro-biro perjalanan haji yang ada. Seperti Khamim, pemuda asal Pekalongan yang sempat membuat masyarakat Indonesia heboh karena berjalan kaki dari Pekalongan sampai Mekkah demi melaksanakan ibadah haji.

Namun, bukan cuma di Indonesia saja yang memiliki kisah heroik seperti Khamim. Ternyata, ada juga jemaah haji dari berbagai negara yang melakukan perjalanan suci ke Mekkah dengan berjalan kaki atau moda-moda transportasi sederhana lain seperti sepeda. Bahkan baru-baru ini, delapan orang muslim Inggris berhasil menyelesaikan perjalanan sejauh 4.828 kilometer dari London ke Mekkah dengan menaiki sepeda. Namun, perjalanan haji ini tidak dilakukan tanpa tujuan tertentu. Ke-8 muslim yang dikenal sebagai "Hajj Riders" ini melakukan perjalanan ke Mekkah dengan sepeda dalam aksi amal untuk menggalang dana bagi beberapa rumah sakit di Suriah. Setelah enam minggu bersepeda melewati sembilan negara, akhirnya tim "Hajj Riders" ini sampai juga di Madinah pada 20 Agustus lalu.

Nah, untuk merayakan musim haji yang akan datang ini, YuKepo sudah kumpulin nih kisah-kisah perjuangan hebat orang-orang dari berbagai negara untuk dapat menginjakkan kaki di tanah suci Mekkah. Kisah ke-5 orang ini dijamin bakal bikin kamu makin bertekad untuk dapat naik haji suatu saat nanti!

1. Bersepeda dari Rusia sampai ke Mekkah dilakoni oleh pria muda ini

Jika kita sering mendengar Rusia sebagai negara komunis dan penduduknya yang tidak beragama, mungkin kisah inspiratif pria ini dapat mengubah pandanganmu tentang negara besar yang satu ini. Pada 2016 lalu, seorang pria muslim Rusia bersepeda dari rumahnya hingga ke Mekkah demi melaksanakan ibadah haji. Ribuan kilometer jarak yang membentang antara Rusia dan Mekah tidak menyurutkan niat dari pria berumur 24 tahun yang bernama Bulat Nassib Abdulla ini. Ia mulai mengayuh pedal sepedanya dari tanggal enam bulan Ramadan tahun lalu dan baru berhasil mencapai Mekkah tiga bulan kemudian. Sesampainya di Madinah, pesepeda asal Rusia ini disambut oleh menteri urusan Haji dan Umrah di Arab Saudi untuk kemudian pergi bersama menuju Mekkah.

2. Ribuan kilometer antara Cina dan Mekkah pun ditempuh pria Cina ini dengan sepeda

Sebelum kedatangan pria Rusia di atas ke Mekkah, dunia juga dibuat terkagum-kagum oleh kebulatan tekad seorang pria dari Xinjiang, Cina, yang bersepeda sejauh 8150 kilometer ke Mekkah. Perjalanan hebat ini memakan waktu sepanjang kurang lebih empat bulan. Pria dari Cina ini akhirnya sampai tepat waktu di Taif dan disambut oleh klub pesepeda Kota Taif. Dari kota ini, mereka bersama-sama bersepeda sampai ke Mekkah dan menjalankan ibadah haji. Perjuangan pria Cina ini bikin kita terenyuh melihat kekuatan imannya mengingat Cina merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah non-muslim.

3. Lelaki Bosnia ini berjalan kaki ke Mekkah karena mendapat petunjuk lewat mimpi

Beberapa tahun sebelum pria Cina dan Rusia tersebut sampai di Mekkah dengan bersepeda, perjalanan yang lebih ekstrim telah ditempuh oleh seorang pria dari Bosnia bernama Senad Hadzic. Ia berjalan kaki dari rumahnya di Bosnia menuju Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. Uniknya, Hadzic melakukan perjalanan ini karena didorong oleh sebuah mimpi yang ia dapatkan berulang kali. Menurutnya, mimpi tersebut menyuruh Hadzic untuk berjalan kaki ke Mekkah demi menunaikan ibadah haji. Untuk sampai ke Mekkah, Hadzic menghabiskan waktu sebanyak 314 hari. Ketika tengah menempuh perjalanannya, kehidupan pria ini begitu memprihatinkan. Ia tidur di masjid dan tempat umum lainnya meskipun terkadang beberapa orang menawarinya tempat untuk menginap. Kisah Hadzic ini menjadi inspirasi bagi banyak umat muslim untuk menunaikan ibadah haji meski sulit.

4. Seorang teknisi listrik berumur 56 tahun dari India berjalan kaki ke tanah suci

Jika pria-pria yang melaksanakan ibadah haji dengan moda transportasi yang tidak umum di atas rata-rata masih berumur cukup muda, berbeda halnya dengan Rahmathullah Khan yang sudah berumur 56 tahun saat memulai perjalanannya berjalan kaki dari Bangalore hingga ke Mekkah. Pria yang berprofesi sebagai teknisi listrik di India ini berencana akan berjalan kaki sejauh 7000 kilometer hingga ke Arab Saudi. Untuk melakukan perjalanan ekstrem ini, ia telah meminta izin pada pihak otoritas India. Dalam sehari, Khan menargetkan untuk berjalan sejauh 50 - 60 kilometer hingga akhirnya mencapai Mekkah. Namun, hingga kini belum diketahui bagaimana kelanjutan nasib Khan, apakah ia berhasil mencapai Mekkah atau tidak.

5. Lelaki Pakistan ini berjalan kaki ke Mekkah demi menggambarkan Islam sebagai ajaran yang damai dan sederhana

Jika kisah-kisah diatas kurang menyentuh bagimu, pria Pakistan ini mungkin bisa membuat tekadmu bulat untuk dapat menunaikan ibadah haji. Kharlzada Kasrat Rai, seorang pria asal Pakistan pada tahun 2013 lalu telah menempuh perjalanan sejauh 6.387 kilometer dari Pakistan ke Mekkah. Pria berumur 37 tahun ini menempuh perjalanan selama kurang lebih empat bulan untuk mencapai tanah suci. Hal yang membuat pria ini menjadi istimewa adalah karena motivasinya dalam melakukan aksi jalan kaki ini. Kasrat melakukan aksinya dengan membawa misi perdamaian. Perjalanan ini dilakukannya untuk menggambarkan ajaran Islam yang damai dan sederhana di tengah-tengah maraknya stigma dunia terhadap agama Islam sebagai agama teroris. Kecintaan Kasrat pada agamanya inilah yang memberikan ia kekuatan untuk menempuh ribuan kilometer tersebut.

Nggak, kita nggak perlu kok berjalan kaki atau bersepeda ke Mekkah seperti orang-orang ini. Namun, setidaknya kisah di atas dapat menggambarkan pada kita bahwa sesulit apa pun suatu hal, selama ada tekad kuat dan determinasi, kita pasti bisa melakukannya. Apalagi untuk sesuatu yang dilakukan demi agama dan Tuhan, pasti akan dapat terlaksana jika diniatkan dengan mantap dan dipersiapkan dengan baik. Jadi, meski menunaikan ibadah haji sangat sulit bagi orang Indonesia, namun itu bukan hal yang mustahil dan bisa banget diusahakan, kok.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES