Ternyata Tempat Terpanas di Dunia Ada di Dallol. Panasnya Melebihi Api Cemburu, Nih!

21 November 2017
|Olphi Disya
136SHARES

Kalau kamu merasa tinggal di kawasan khatulistiwa seperti di Indonesia adalah tempat yang panas banget, kamu harus lebih melek dan banyak-banyak bersyukur. Pasalnya, negara kita yang dilalui garis ekuator memang termasuk ke dalam negara tropis, namun Indonesia nggak sepanas itu kok. Ada tempat yang disebut-sebut sebagai tempat paling panas di muka bumi ini. Saking panasnya, banyak orang yang menduga bahwa tempat ini adalah replika neraka. Hmmm… emang sepanas apa sih? Yuk kita kepo fakta-faktanya!

1. Suhu rata-rata di tempat ini adalah 34 derajat Celcius, itu juga udah paling ‘dingin’!

Jangan bandingkan suhu di Dallol dengan suhu terpanas di Indonesia. Bisa aja suhu terpanas di Indonesia adalah suhu paling rendah di Dallol, Ethiopia. Suhu rata-ratanya adalah 34 derajat Celcius dan umumnya lebih dari itu. Lingkungannya yang nggak ramah pohon juga membuat Dallol jadi nggak layak huni. Lagian, siapa yang bisa tinggal dengan rasa panas yang menyengat seperti itu tiap hari?

2. Mau tahu berapa suhu tertingginya? Bikin kamu serasa terbakar!

Dallol, Ethiopia terletak di kawasan Danakil Dessert atau padang tandus yang super panas. Lingkungan alamnya yang kasar dan kering membuat makhluk hidup nggak bisa berlama-lama tinggal di sana. Setiap tahunnya, rata-rata suhu udara di sini adalah 40 derajat Celcius, sementara di bulan Juni bisa mencapai 46 derajat Celcius! Luar biasa panasnya ya!

3. Serasa melihat planet Mars

Saking aneh dan keringnya kawasan ini, maka nggak heran kalau banyak orang yang menyamai Dallol dengan permukaan planet mars yang tandus. Ternyata kawasan ini jadi panas banget karena adanya daerah hidrotermal dan gunung api yang pada Januari 2015 lalu meletus sehingga mengeluarkan awan panas dan lava pijar. Ngeri juga ya!

4. Nggak ada kendaraan yang bisa melintas, adanya unta!

Iklim di Dallol yang sungguh tak termaafkan ini membuatnya menjadi kawasan terpencil di bumi. Nggak ada jalan yang dibuat di sini dan hanya unta lah transportasi satu-satunya untuk dapat menuju ke tempat ini. Meski begitu, Dallol punya manfaat lain yaitu banyaknya jumlah produksi garam alami di sini. Dengan kata lain, tempat ini jadi tambang garam super luas!

5. Segala infrastuktur di kawasan ini nggak ada yang awet

Jelas sih, kenapa semua benda di sini nggak awet karena kadar garamnya yang tinggi plus suhu udara yang nyebelin membuat kawasan ini seperti kota mati. Hanya warga Ethiopia yang tangguh aja yang rela ke sini bolak-balik setiap hari untuk mengambil garam yang kemudian membuat Dallol menjadi produsen hampir 100% garam di negara ini.

6. Walaupun kawasan tak berpenghuni, tetap ada penjaganya, tuh!

Kawasan ini dijaga ketat oleh kawanan bersenjata, yaitu orang Afar yang tinggalnya nomaden. Mereka ini menjaga kawasan Dallol dari orang lain yang hendak mengambil tambang kebanggaan mereka yaitu garam. Di perbatasan antara Ethiopia dan Eritrea, sering terjadi tembak-tembakan dalam usaha merebut dan menjaga kawasan ini. Hiiiy!

7. Traveler yang penasaran harus kuat fisik dan mental

Ternyata, kawasan ini juga dibuka untuk traveler, tapi mereka diwajibkan untuk membawa air minum yang banyak banget biar nggak dehidrasi. Dan tentunya jalan-jalan ke Dallol akan ditemani oleh kawanan bersenjata tadi. Tapi nggak sembarang orang yang bisa ke sini. Melihat orang Afar berjaga aja bisa bikin gemeteran duluan, tuh!

Neraka dunia di Dallol, Ethiopia ini memang unik. Tapi di balik segala kekurangannya, ternyata Dallol juga menyimpan manfaat untuk orang-orang di sekitar. Sama seperti manusia, meskipun banyak kekurangannya, tetap harus bermanfaat bagi orang lain, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
136SHARES