Kocak! Inilah Penyamaran Gagal Anggota ISIS untuk Kabur dari Tentara Irak!

27 Juli 2017
|Romlah Sundari

Setelah organisasi teroris ISIS pada tahun 2014 lalu masuk dan menguasai kota-kota di Irak, Pemerintah Irak terus melakukan upaya-upaya untuk melumpuhkan kelompok teroris dan merebut kembali wilayah-wilayah yang diduduki oleh ISIS. Salah satunya adalah Kota Mosul yang merupakan kota penting bagi Irak karena di kota tersebut terdapat berbagai situs-situs bersejarah dan merupakan kota dengan populasi terbesar kedua di Irak.

Sejak tahun 2015, tentara gabungan antara Amerika Serikat dan Irak telah berupaya untuk merebut kembali Kota Mosul. Operasi dari tentara gabungan ini dimulai dari desa-desa di sekitaran Kota Mosul. Namun perjuangan merebut Kota Mosul bukanlah perjuangan yang singkat. Dibutuhkan waktu hingga pertengahan tahun 2017 sampai tentara Irak dapat mendeklarasikan kemenangan atas Kota Mosul.

Perebutan kembali Kota Mosul dari tangan ISIS memaksa para anggota organisasi dan tentara ISIS untuk kabur dari Mosul agar tidak ditangkap dan diadili oleh tentara Irak. Upaya-upaya pelarian diri ini dilakukan dengan menyamar. Beberapa tentara menyamar sebagai masyarakat Mosul yang telah ditahan oleh ISIS selama ini dan kini hendak mengungsi ke kota lain di Irak. Namun aksi penyamaran ini menjadi semakin terdengar menyedihkan saat tersebar foto-foto anggota kelompok teroris yang berusaha keluar dari Mosul dengan menyamar sebagai seorang perempuan.

Dalam sebuah foto yang viral beberapa waktu belakangan ini, terlihat seorang anggota ISIS melakukan penyamaran dengan mengenakan make up penuh dan hijab yang menutupi rambutnya. Akan tetapi laki—laki tersebut lupa mencukur kumis dan janggutnya sehingga penampilannya justru terlihat sangat aneh dan mudah sekali terbongkar. Terang saja tentara Irak yang melakukan pengawasan di perbatasan Kota Mosul langsung menangkapnya.

Hal ini tidak terjadi sekali saja. Tentara Irak juga menemukan dan mengabadikan upaya-upaya lucu para anggota ISIS untuk kabur dari Mosul sebelumnya. Pada kesempatan lain, tentara Irak menemukan anggota teroris ini yang menyamar sebagai perempuan dengan menggunakan pakaian perempuan, make up tebal, rambut palsu dan bahkan Bra dengan busa tebal untuk mengelabui tentara Irak yang berjaga di perbatasan. Akan tetapi, ia lupa mencukur bulu dadanya yang menyembul dari balik bajunya. Jelas saja penyamaran ini gagal dan anggota ISIS ini ditangkap.

Beberapa anggota ISIS juga melakukan penyamaran dengan mengenakan gamis dan burqa yang menutup penuh tubuhnya. Seorang anggota ISIS bahkan menenteng tas tangan berwarna biru untuk melengkapi penampilannya. Sayang sekali penyamaran mereka juga terkuak oleh tentara Irak dan kini foto-foto penyamaran konyol anggota ISIS tersebut menjadi viral di internet.

Penyamaran gagal para anggota ISIS ini memperlihatkan betapa putus asanya mereka dalam berupaya menghindari tangkapan tentara Irak. Namun meski para anggota ISIS ini telah melakukan aksi-aksi yang meresahkan warga Irak, namun apakah tangkapan dan hukuman yang dilakukan terhadap para anggota ISIS ini dapat menciptakan perdamaian di Irak? Atau justru menimbulkan siklus kekerasan baru dimana para anggota ISIS justru merencanakan pembalasan dendam dari balik jeruji penjara seperti yang dilakukan pemimpin mereka, Al-Baghdadi, sebelumnya? Atau adakah jalan lain untuk menghentikan siklus kekerasan ini?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
SHARES