Dikenal Sering Bias Gender, Inilah 5 Kebijakan Baru Arab Saudi yang Membebaskan Perempuan

www.parhlo.com

Arab Saudi selama ini memang kerap disebut oleh banyak pihak sebagai salah satu negara yang kurang memperhatikan atau membatasi hak-hak terhadap perempuan. Banyak yang menyoroti tentang “kaku”nya pemerintahan dan negara Arab Saudi itu sendiri terhadap kaum perempuan. Tak heran dalam Global Gender Gap Report 2016 yang dikeluarkan oleh World Economic Forum, Arab Saudi menempati posisi bawah dengan urutan 141 dari 144 negara. Padahal Arab Saudi sendiri sudah tergolong sebagai negara maju dengan kekayaan negara yang sudah tak terhitung lagi jumlahnya.

Kesenjangan gender ini dapat terlihat dari sejumlah batasan atau larangan terhadap perempuan yang ada disana. Batasan atau laranggan ini banyak dianggap oleh negara-negara Barat sebagai bentuk penindasan hak-hak pada perempuan. Namun, beberapa tahun belakangan ini di era pemerintahan Raja Salman bin Abdulaziz, satu persatu larangan atau peraturan yang dianggap membatasi gerak perempuan mulai dihapuskan. Keputusan dari Raja Salman ini sendiri juga dianggap bersejarah. Seperti kebijakan dimana perempuan diperbolehkan untuk mengemudikan kendaraannya sendiri setelah sekian lama mereka bahkan tidak dapat pergi ke luar rumah tanpa ditemani muhrim laki-laki.

Setidaknya di bawah kepemimpinan Raja Salman, ada 5 kebijakan baru terkait kebebasan dan hak-hak perempuan. Tentu saja ini seperti angin segar bagi para pejuang hak-hak perempuan. Biar nggak penasaran, berikut 5 kebijakan baru di Arab Saudi yang memberi ‘kebebasan’ kepada perempuan.

1. Perempuan boleh mengemudikan kendaraan

www.voaindonesia.com

Aturan ini sendiri diresmikan dan ditandatangani oleh Raja Salman melalui peraturan yang memperbolehkan penerbitan surat izin mengemudi bagi perempuan pada tanggal 26 September 2017. Namun peraturan ini akan diberlakukan pada Syawal 1439 Hijriah atau sekitar bulan Juni 2018.

2. Boleh masuk stadion

www.acehbisnis.co

Saat perayaan hari ulang tahun Kerajaan Arab Saudi ke-87, ratusan perempuan terlihat memadati King Fahd International Stadium, Riyadh untuk menyaksikan pagelaran konser serta pertunjukan opera perayaan HUT Kerajaan Saudi. Hal ini sangat bersejarah, karena sejak berdiri pada tahun 1932, perempuan Saudi tidak diperbolehkan untuk datang ke konser, bioskop, dan tempat-tempat ramai lainnya, termasuk stadion.

3. Boleh pakai bikini dipantai

www.infoteratas.com

Sebenarnya kebijakan Arab Saudi ini berkaitan dengan Saudi Vision 2030, dimana reformasi Saudi Vision 2030 ini untuk mengurangi ketergantungan ekonomi Arab Saudi dari minyak, dan menciptakan sektor baru untuk mempekerjakan kaum muda, dan menciptakan gaya hidup baru yang lebih terbuka.  Kebijakan mengenai perempuan yang boleh memakai bikini ini merupakan rencana dari Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salmen yang telah mengumumkan rencana pembangunan resort mewah di pesisir laut merah.  Hanya saja penggunaan bikini bagi perempuan ini hanya berlaku di area resor mewah yang akan menjadi tempat wisata itu, dan tidak berlaku di tempat lainnya.

4. Bisa bekerja sebagai pemandu lalu lintas udara
travelholic.blogspot.co.id

Tahun 2012 Raja Abdullah sebenarnya sudah menandatangani sebuah undang-undang yang berisi dimana perempuan diperbolehkan bekerja di luar rumah. Hanya saja itu masih terbatas di toko-toko pakaian dalam dan kosmetik. Barulah pada tahun 2017, pemerintah Arab Saudi untuk pertama kalinya diberitakan akan melatih perempuan untuk bekerja sebagai pemandu lalu lintas udara.

5. Boleh ikut pemilu
blog.al-habib.info

Desember 2015 menjadi momen bersejarah bagi kehidupan politik di Arab Saudi. Karena meskipun berbentuk kerajaan, Arab Saudi juga masih mengadakan pemilu. Pada bulan itu, Arab Saudi memperbolehkan perempuan untuk ikut serta memilih ataupun dipilih dalam sebuah pemilah umum (pemilu) tingkat kotamadya yang digelar secara nasional.

 

Era baru Arab Saudi bagi perempuan pun dianggap semakin terbuka dengan banyaknya kebijakan-kebijakan baru ini. Entah akan berakhir baik atau buruk, sepertinya Arab Saudi sudah mempertimbangkan dengan matang terkait kebijakan yang mereka ambil ini. Hmm, kalau Indonesia masih ada kebijakan yang kira-kira menyusahkan kaum perempuan nggak ya?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tak Pernah Mengaku Muslim, Ini Jawaban Zayn Malik Soal Keyakinannya - Keepodotme

Tak Pernah Mengaku Muslim, Ini Jawaban Zayn Malik Soal Keyakinannya - Keepodotme

Nggak Perlu Pakai Kulkas, Begini Cara Bangsa Persia Simpan Es Sejak 400 SM!

Nggak Perlu Pakai Kulkas, Begini Cara Bangsa Persia Simpan Es Sejak 400 SM!

Sakit Tapi Tak Berdarah! Baru Ambil Uang Rp 47 Juta dari Bank, nggak Lama Uang Ini Raib Digondol Maling. Nyesek!  - Keepodotme

Sakit Tapi Tak Berdarah! Baru Ambil Uang Rp 47 Juta dari Bank, nggak Lama Uang Ini Raib Digondol Maling. Nyesek! - Keepodotme

Terkenal Pemberani dan Gagah, Inilah 10 Panglima Perang Zaman Kuno yang Kondang Jaya!

Terkenal Pemberani dan Gagah, Inilah 10 Panglima Perang Zaman Kuno yang Kondang Jaya!

Selain Bekas Jerawat, Inilah 5 Hal “Membekas” yang Sulit Dihilangkan - Keepodotme

Selain Bekas Jerawat, Inilah 5 Hal “Membekas” yang Sulit Dihilangkan - Keepodotme

Setelah 35 Tahun Terkekang, Kini Arab Saudi Kembali Izinkan Gedung Bioskop Beroperasi!

Setelah 35 Tahun Terkekang, Kini Arab Saudi Kembali Izinkan Gedung Bioskop Beroperasi!

loading