Dari Padang Pasir Hingga Penuh Pencakar Langit yang Mewah, Begini Transformasi Kota Dubai

26 Januari 2018
|Galih Wisnu Brata

Dubai merupakan sebuah kota yang berada di wilayah Uni Emirat Arab. Saat ini, Kota Dubai dikenal sebagai salah satu kota termewah di dunia. Bangunan-bangunan pencakar langit mulai dibangun di berbagai sudut kota. Bahkan, salah satu bangunannya masuk dalam daftar bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

Kemewahan dan kemegahan Dubai terjadi bukan tanpa sebab. Penemuan minyak di kota ini telah membawa dampak besar. Minyak yang melimpah telah mengubah kehidupan di kota Dubai. Dulunya, Dubai hanyalah kota yang berupa hamparan pasir. Namun, saat ini semuanya telah berubah. Nah, kalau kamu penasaran dengan perubahan Kota Dubai, yuk intip transformasinya berikut ini.

1. Dulunya Kota Dubai hanyalah lahan kosong, sekarang penuh gedung

Marina Dubai mengalami perubahan drastis hanya dalam waktu 14 tahun. Wow, cepet banget ya? Gedung-gedung tinggi mulai menjamur di wilayah ini.

2. Tanah tandus berpasir kini telah ditumbuhi bangunan mewah

Minyak yang melimpah memang bikin Dubai jadi kaya raya. Dalam waktu yang sebentar, sekitar 12 tahunan, hampir semua wilayah di Dubai berubah jadi megah dan mewah. Keren ya?

3. Lingkungan baru di sekitaran Deira Clock.Tower

Deira Clock Tower sudah berdiri sejak 50 tahun yang lalu. Menara jam ini menjadi ikon dari Kota Dubai hingga saat ini. Yang berubah dari menara jam ini adalah lingkungan di sekitarnya.

4. Sheikh Zayed, jalanan sepi yang kini jadi ramai dengan berbagai kendaraan

Jalan Sheikh Zayed dulunya sepi dari lalu lalang kendaraan. Namun, sekarang kendaraan udah berseliweran di jalan ini. Ya, kalau yang ini miriplah dengan beberapa daerah di Indonesia. Dulunya jarang kendaraan, eh sekarang padat merayap.

5. Transportasi air dan bangunan di sekitar saluran air juga berubah

Tak hanya di darat saja, di air pun Dubai mengalami perubahan. Kapal butut sudah tidak bisa dijumpai lagi di kota ini. Semua kapal sudah bertransformasi dengan luar biasa. Tak hanya itu, bangunan di sekitar saluran airnya pun ikut berubah.

6. Pasar sederhana disulap jadi Mall super mewah

Pasar tradisional juga menjadi target perbaikan. Pasar yang sederhana telah ditransformasikan menjadi mall besar yang diberi nama Mall of Emirates. Bikin geleng-geleng kepala kan? Barang-barang pasti juga semakin lengkap tuh.

7. Gaya hidup orang Kota Dubai saat ini

Tak hanya bangunan, jalan, dan transportasi yang berubah, gaya hidup di Kota Dubai juga ikut berubah. Orang-orang Dubai pun telah merasakan hidup mewah.

Keren-keren ya transformasinya. Katanya, Kota Dubai masih melakukan transformasi yang berani. Salah satunya adalah dengan membangun menara berputar. Dubai akan membangun Dynamic Tower yang digadang-gadang akan selesai pada tahun 2020. Kelebihan menara setinggi 420 meter adalah memiliki 80 lantai yang bergerak secara independen sehingga siluet gedung berubah setiap saat.

Wah, Kota Dubai memang luar biasa. Eits, jangan salah, negara kita juga luar biasa kok. Hanya saja kita belum mampu untuk mengatur tata kota dengan rapi layaknya Dubai. Semoga ke depannya kita bisa bertransformasi juga ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memento mori"
SHARES