7 Perang Paling Mematikan di Timur Tengah yang Tercatat Sejarah

www.breitbart.com

Timur Tengah terkenal sebagai kawasan yang rawan konflik. Dari tahun ke tahun, ada saja negara di timur tengah yang sedang menghadapi peperangan atau krisis kemanusiaan. Mulai dari Palestina, hingga kini Suriah. Kawasan ini nampaknya begitu jauh dari perdamaian. Tiap konflik dan peperangan yang terjadi di timur tengah juga menghabiskan banyak sekali korban nyawa. Ratusan hingga ribuan nyawa rakyat sipil dan tentara melayang setiap tahunnya demi membela pihak-pihak yang berkepentingan. Jutaan lainnya terpaksa harus meninggalkan kampung halamannya demi bertahan hidup dan menemukan kedamaian. Sejarah mencatat tiap darah yang mengalir dari konflik kepentingan di timur tengah. Dan inilah tujuh perang paling mematikan yang pernah dicatat sejarah dan terjadi di kawasan timur tengah.

1. Irak

www.marcodilauro.com

Perang Irak yang terjadi sejak tahun 2003 sampai 2011 ini menjadi salah satu perang paling mematikan sepanjang abad ke-21 ini. Dimulai dari invasi tentara koalisi beberapa negara yang dipimpin oleh Amerika Serikat ke Irak untuk menjatuhkan rezim Saddam Husein. Invasi ini namun bukan hanya mengubah pemerintahan tapi juga meluluh lantakkan kota dan mengacaukan kehidupan rakyat sipil di Irak. Tercatat 500ribu korban jiwa sudah jatuh akibat perang mematikan ini. 

2. Afghanistan

www.khaama.com

Bukan hanya Irak, Afghanistan juga menjadi salah satu target invasi Amerika Serikat dibawah kepemimpinan Presiden George W Bush. Pada tahun 2001, Amerika Serikat menginvasi Afghanistan dan disusul oleh organisasi keamanan dunia NATO di tahun 2003. Perang ini berlangsung selama 13 tahun, dari tahun 2001 hingga 2014. Invasi Amerika Serikat ini bertujuan untuk menangkap orang-orang yang dianggap bertanggung jawab atas aksi terorisme 9/11, termasuk pemimpin Al-Qaeda, Osama Bin Laden. Kurang lebih 40ribu orang sudah kehilangan nyawanya akibat perang yang menghancurkan Afghanistan ini. Hingga kini, keadaan di Afghanistan tidak kunjung stabil meski perang sudah berakhir. 

3. Krisis Yaman

en.abna24.com

Krisis di Yaman berawal dari fenomena Arab Spring dimana negara-negara arab melakukan revolusi dan menggulingkan rezim yang berkuasa. Yaman tidak terkecuali terkena dampak dari fenomena ini bersama dengan negara-negara Arab lainnya. Krisis bermula dari upaya revolusi pada tahun 2011 hingga 2012 untuk menjatuhkan presiden Ali Abdullah Saleh yang telah memerintah di Yaman selama dua dekade. Namun selepas turunnya Ali Abdullah Saleh dari tampuk kekuasaan, kekacauan dan pemberontakan justru terjadi di Yaman. Fraksi-fraksi politik dan kelompok milisi terus berusaha saling berebut kekuasaan. Meski krisis di Yaman ini tidak mendapat porsi pemberitaan yang besar di media, namun konflik yang berlarut-larut ini tetap menjadi salah satu konflik paling mematikan di timur tengah dengan jumlah korban jiwa sebanyak 9000 jiwa.

4. Perang Sipil Suriah

abcnews.go.com

Seperti juga perang di Yaman, perang sipil di Suriah juga terjadi karena akibat dari fenomena Arab Spring. Masyarakat Suriah menuntut turunnya rezim Bashar Al-Assad. Namun gerakan protes dan demonstrasi rakyat sipil ini justru mendapatkan aksi represi dari rezim Al-Assad. Hingga kini, perang sipil antara pemerintahan Assad dan berbagai kelompok pemberontak dan massa yang menuntut turunnya rezim Assad masih terus berlangsung dan menjatuhkan korban jiwa. Bahkan perang sipil terus memanas dan kini melibatkan beberapa negara lain termasuk Amerika Serikat dan Rusia. Hingga sekarang, tercatat perang sipil di Suriah telah menjatuhkan kurang lebih 400ribu korban jiwa.

5. Revolusi Mesir

projectcamelotportal.com

Mesir menjadi salah satu negara yang terkena dampak dari Arab Spring. Masyarakat sipil menuntut turunnya Presiden Mesir Hosni Mubarak dari tampuk kuasa. Setelah terjadi demonstrasi dan kerusuhan, Mubarak melengserkan diri dan digantikan oleh presiden Islam yang terpilih Mohamed Morsi. Akan tetapi protes dan ketegangan politik tetap terus berlangsung di Mesir. Hingga pada tahun 2013, kudeta berhasil dilakukan dan Morsi digantikan oleh Presiden Mesir kini, Abdel Fattah El-Sisi. Krisis di Mesir ini menurut sebuah studi telah berhasil menumpas sebanyak lebih dari 5.540 jiwa.

6. Pemberontakan Turki

southfront.org

Meski kini Turki lebih terkenal sebagai destinasi wisata impian, namun Turki ternyata sedang mengalami konflik yang berkepanjangan dengan kelompok pemberontak Kurdi. Kelompok Kurdi yang menyatakan diri sebagai Kurdistan Workers Party (PKK) menuntut kemerdekaan wilayah Kurdishtan dari Turki. Tuntutan ini berujung pada peperangan antara pemerintah Turki dan kelompok PKK. Konflik yang telah berjalan dari tahun 1978 hingga kini ini tercatat telah membunuh sebanyak kurang lebih 30ribu jiwa dan memaksa jutaan warga Turki untuk mengungsi ke wilayah dan negara lain.

7. Palestina – Israel

www.humanosphere.org

Berawal dari pertengahan abad ke-20, konflik antara Israel dan Palestina mungkin merupakan konflik paling panjang yang pernah terjadi di timur tengah. Konflik ini adalah bentuk perebutan wilayah antara Palestina dan Israel. Berbagai negara dan organisasi internasional telah berusaha untuk membuat perjanjian perdamaian diantara keduanya. Akan tetapi kedua pihak memiliki isu yang lebih mendalam dari sekedar perebutan wilayah untuk dapat dengan damai hidup berdampingan. Konflik ini tercatat telah menjatuhkan korban jiwa sebanyak 21.500 jiwa.

Perang-perang yang terjadi di timur tengah dan ketidak-stabilan kawasan ini membuat kita menyadari satu hal : Perdamaian adalah sesuatu yang harus terus dijaga. Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai kelompok masyarakat dengan identitas dan kepercayaan yang berbeda-beda. Dan perbedaan yang ada ini memang rawan menjadi sumber konflik dan perpecahan. Namun asas Bhinneka Tunggal Ika telah berhasil mempersatukan kita selama lebih dari 70 tahun hingga kini Indonesia tetap satu dan utuh. Hal ini bukan berarti bahwa Indonesia aman dari perpecahan, berbagai tantangan akan kita hadapi sebagai sebuah bangsa kedepannya. Untuk itu, sebagai warga Indonesia, kita harus selalu menjaga perdamaian dan kesatuan Indonesia.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Foto-foto Suasana Damai di Afghanistan Sebelum Perang dan Kehancuran Terjadi

Foto-foto Suasana Damai di Afghanistan Sebelum Perang dan Kehancuran Terjadi

#WhiteWednesdays, Gerakan Perdamaian dari Iran Ini Banjir Dukungan

#WhiteWednesdays, Gerakan Perdamaian dari Iran Ini Banjir Dukungan

Buka Puasa di Arab Saudi Tak Lengkap Tanpa Susu Unta yang Menyegarkan

Buka Puasa di Arab Saudi Tak Lengkap Tanpa Susu Unta yang Menyegarkan

Konflik Qatar Memanas, Jemaah Haji Dilarang Masuk ke Masjidil Haram

Konflik Qatar Memanas, Jemaah Haji Dilarang Masuk ke Masjidil Haram

Bagaimana ISIS terbentuk? Ini Dia Jawabannya

Bagaimana ISIS terbentuk? Ini Dia Jawabannya

Live Tweet Gadis Cilik dalam Perang Aleppo Terbaru Ini Bikin Terenyuh

Live Tweet Gadis Cilik dalam Perang Aleppo Terbaru Ini Bikin Terenyuh

loading