5 Fakta Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Kontroversial Israel yang Sering Bikin Dunia Gemes!

29 Desember 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Mendengar nama Benjamin Netanyahu mungkin akan membuat hati banyak orang Indonesia yang mendukung Palestina terasa panas. Bagaimana tidak, Netanyahu terkenal sebagai pemimpin Israel, negara yang telah menjajah dan menyebabkan berbagai tragedi kemanusiaan di Palestina.

Baru saja beberapa waktu lalu Perdana Menteri Israel ini mengundang kontroversi dengan memasang alat pendeteksi logam di pintu masuk masjid Al-Aqsa. Kini ia kembali mengundang kontroversi dengan mengajak negara-negara untuk mengikuti langkah Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Nah, selain sebagai Perdana Menteri yang kebijakannya sering bikin gemes, ternyata Benjamin Netanyahu juga punya berbagai fakta unik tentang dirinya yang mungkin bisa menjelaskan alasan di balik berbagai kebijakan kontroversialnya, lho. Penasaran? Yuk kita simak!

1. Benjamin Netanyahu lahir pada tahun 1949, sehingga ia menjadi perdana menteri Israel pertama yang lahir setelah Israel merdeka

Netanyahu lahir pasca kemerdekaan Israel yang terjadi pada tahun 1848. Meski begitu, rasa nasionalis Netanyahu tidak perlu diragukan lagi. Saking inginnya mengabdi pada negaranya, Netanyahu bahkan dulu pernah menjadi bagian dari angkatan darat.

2. Ayah Netanyahu dikabarkan merupakan fans dan pendukung Ze’ev Jabotinsky, seorang tokoh aktivis ideologi zionis

Ideologi zionis tampaknya sangat lekat pada berbagai kebijakan Netanyahu sebagai Perdana Menteri. Hal ini tidak mengherankan mengingat Netanyahu memang merupakan anak dari dari Benzion Netanyahu yang merupakan salah satu pendukung besar Ze’ev Jabotinsky, seorang pemikir dan tokoh zionis. Kakek Netanyahu pun, Nathan Mileikowsky, dikenal sebagai aktivis zionis pula.

3. Ia menghabiskan masa remajanya di Amerika Serikat dan menuntut ilmu di universitas bergengsi Amerika, MIT

Sejak duduk di bangku SMA, Netanyahu pindah ke Amerika karena pekerjaan ayahnya. Maka dari itu, ia menghabiskan masa remajanya di Amerika dan menuntut pendidikan tinggi di universitas bergengsi Amerika, yaitu MIT (Massachusetts Institute of Technology). Hal ini menjelaskan kedekatan personal Netanyahu dengan Amerika Serikat. 

4. Meski sering dianggap sangar dan bikin kontroversi, tapi ia ternyata punya nama panggilan yang imut yakni “Bibi”

"Bibi" merupakan panggilan masa kecil Benjamin yang hingga kini terbawa. Bahkan kini masyarakat Israel sendiri menyebut Benjamin Netanyahu dengan panggilan “Bibi”. Hampir mirip deh ya sama Presiden kita yang punya nama kesayangan “Jokowi”.

5. Netanyahu menjadi satu-satunya Perdana Menteri di Israel yang terpilih selama 3 kali berturut-turut

Netanyahu sudah cukup lama berkarir di bidang politik. Tercatat, ia telah menjabat berbagai posisi di pemerintahan Israel, mulai dari Duta Besar Israel untuk Amerika, Menteri Keuangan, Menteri Luar Negeri, hingga sebagai Perdana Menteri. Pertama kali ia menjabat sebagai Perdana Menteri pada tahun 1996 – 1999, lalu ia terpilih kembali pada tahun 2009 dan terus terpilih selama tiga kali pemilu hingga kini ia masih menjabat.

Dari fakta seputar Benjamin Netanyahu di atas, kita kini dapat memahami mengapa ia cenderung bersikap keras dan enggan menjalani proses perjanjian damai dengan Palestina. Paham zionis yang begitu erat dalam keluarganya, dan mungkin juga menjadi paham yang dianut oleh Netanyahu yang memang menyatakan bahwa satu-satunya cara meraih perdamaian antara etnis Arab dan Israel adalah dengan jalan mengusir etnis Arab dari wilayahnya. Padahal kekerasan yang dibalas dengan kekerasan hanya akan berujung pada petaka dan berputar di lingkaran setan. Semoga Netanyahu dapat terbuka hatinya dan mulai bersikap lebih kooperatif dalam upaya perdamaian Palestina dan Israel, ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES