Warga Malaysia yang Disandera di Korea Utara Pulang, Suasana Mereda!

31 Maret 2017
|Yuniar Dwi Setiawati
0SHARES

Sengketa diplomatik antara Malaysia dan Korea Utara kini pun mulai membaik. Dikabarkan bahwa warga Malaysia pun diijinkan pulang ke kampung halamannya setelah proses negosiasi.

Menurut lansiran dari bbc.com, suasana menjadi tegang ketika Kim Jong Nam dibunuh di bandara Kuala Lumpur pada bulan lalu dengan mulutnya dilap kain yang sudah dibubuhi zat beracun oleh Siti Aisyah asal Indonesia dan Doan Thi Huong asal Vietnam. Selain itu, jenazah dari Kim Jong Nam juga masih ada di Malaysia bahkan sampai harus ada surat dari keluarganya barulah jenazah dipulangkan. 

Peristiwa ini yang membuat pemerintah Korea Utara geram dan tidak memperbolehkan 9 warga Malaysia untuk pulang ke kampungnya. Salah satu korban yang disandera di Korea Utara ialah Mohd Nor Azrin Md Zain selaku konselor Malaysia untuk Korea Utara beserta keluarganya. 

Tapi suasana saat ini sudah mereda karena kedua Negara ini sudah melakukan kesepakatan untuk kebaikan kedua belah pihak.

Tidak seperti orang yang disandera pada umumnya. Mereka malahan tidak diganggu sama sekali oleh aparat Korea Utara. Justru mereka diberikan jaminan kehidupan yang layak dan saat pulang pun ke Malaysia, mereka dinaikkan pesawat jet bisnis. Jadi, janganlah berpikir kalau mereka bakalan disiksa di negeri orang, gak diberi makanan enak atau bahkan dicerca dengan argumen yang memojokkan sampai merasa terintimidasi sekalipun mereka sendiri tidak merasa bersalah saat ditahan.

Jenazah Kim Jong Nam juga dipulangkan ke Korea Utara untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Zat beracun VX yang mengenai Kim Jong Nam ternyata juga diduga zat pemusnah massal yang kerap kali dipakai untuk membunuh penjahat besar. Peristiwa pembunuhan Kim Jong Nam di negeri Jiran yang cukup membuat resah pihak Korea Utara juga akhirnya bisa ditangani dengan bijaksana. Lagipula, menurut pihak Korea Utara kasus ini terlalu lama diusut di Malaysia tanpa banyak melibatkan pemerintahan Korea Utara.

Perdana menteri Malaysia, Najib Razak akan terus memastikan bahwa hubungan antara Malaysia dan Korea Utara akan membaik dengan segera. Meskipun ia sempat khawatir dengan tantangan yang begitu mencekam, tapi ternyata peluang untuk bekerjasama antar kedua Negara ini makin terbuka lebar di berbagai bidang guna menggapai masa depan yang lebih baik.

Sekarang diharapkan terus agar Malaysia dan Korea Utara ini hubungannya makin adem ya. Soalnya kan kalau suasana makin tegang terus, gimana mau mengembangkan negeri ke arah yang lebih baik lagi? 

Para pejabat yang disandera pun sekarang juga bisa menarik nafas lega karena sudah pulang ke kampung halamannya dan bertemu dengan keluarga. Syukur deh!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Yuniar Dwi Setiawati
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES