Viral! Video Jokowi Diajari Bahasa Ngapak Oleh Anak SMP di Cilacap

18 Juni 2017
|Chandra W.

Jokowi dikenal sering blusukan ke seluruh tempat di Indonesia dan hobi memberikan hadiah sepeda di mana saja. Baru-baru ini, Presiden kembali blusukan ke Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Mengunjungi sebuah SMP, seperti biasa beliau menggelar semacam kuis. Kali ini yang beruntung maju ke panggung adalah seorang anak laki-laki bernama Razasfara Haidar Ramadhan yang berasal dari salah satu kecamatan di Cilacap, yaitu Kroya. Anak laki-laki yang biasa dipanggil Raza itu dipanggil "Raja" oleh Presiden. Hal ini karena Raza yang menjawab dengan dialek ngapak Banyumasan saat ditanya siapa nama panggilannya.

Seketika tawa pun pecah dari para hadirin termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang juga menemani kunjungan Jokowi. Berikut petikan dialog Jokowi dengan Raza:

Raza (R), Jokowi (J)

J: Nama panggilannya siapa?

R: Raza.

J: Raza? Raja? Raza apa Raja?"

R: Padabae.

Jokowi tertawa.

J: Padabae apa itu padabae?

R: Sama saja.

Jokowi lalu menirukan cara Raza mengucapkan padabae. Semua yang ada di sana tertawa terbahak-bahak.

Dialog dengan bahasa ngapak tersebut masih berlanjut karena Jokowi malah minta diajari oleh Raza. Kepolosan anak kecil ini dibuktikan dengan keberaniannya mengatakan "Wedhus (kambing)" kepada Pak Jokowi. Masih belum puas, Jokowi menanyakan kepada Raza, apa bahasa Jawanya "saya lapar". Raza kembali membuat hadirin tergelak dengan menjawab "nyong kencot," yang merupakan bahasa ngapak dari "saya lapar."

Di akhir sesi, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau ini juga memiliki ribuan bahasa yang sangat berbeda satu sama lain. Dari Sabang sampai Merauke, dari Rote sampai Miangas. Beliau lalu meminta Raza melafalkan Pancasila. Setelah selesai, Raza diperkenankan mengambil hadiah sepeda.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES