Ulang Tahun Megawati, Inilah Fakta-fakta Kehidupannya yang Belum Banyak Orang Tahu!

23 Januari 2017
|Monica Petra
6.4 KSHARES

Hari ini Senin (23 Januari 2017), ternyata adalah hari ulang tahun Ibu Megawati Soekarno Putri yang ke 70. Wah, ternyata sudah cukup lanjut ya. Tapi beliau tetap sehat dan bersemangat. Tentu tau beliau adalah mantan presiden RI ke 5 kan ya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ulang tahunnya nggak pernah dirayakan secara berlebihan. Tahun ini pun dirayakan sederhana di Taman Ismail Marzuki. Alasan beliau tahun ini memilih di sana karena TIM itu merupakan wujud dari Bhinneka Tunggal Ika. Nah, buat kamu-kamu yang selama ini nggak begitu mengenal sosok perempuan tangguh ini, nggak ada salahnya baca artikel ini sampai tuntas. Kenapa? Soalnya YuKepo bakal kasih tau ke kamu dikit tentang seputar kehidupan Ibu Megawati ini. 

1. Lahir di rumah saat hari hujan deras

Foto di atas ini adalah Pak Karno sedang mencium putri-putrinya. Tau nggak, kalau ternyata Bu Mega ini lahir nggak di rumah sakit lho. Ibu Fatmawati melahirkan Ibu Mega di rumah dengan bantuan dokter. Waktu itu cuaca sedang sangat ekstrem. Hujan lebat dan gelap gulita. Petir sahut-menyahut. Hanya dengan penerangan cahaya lilin, lahirlah Ibu Megawati. Dinamai Mega karena artinya adalah awan. 

2. Gak mau pake sepatu pas TK

Bu Mega kecil ternyata bandel juga lho. Tapi dilihat dulu, kenapa nih nggak mau pake sepatunya? Ternyata Bu Mega waktu kecil, ngeliat temen-temennya sekelas nggak ada yang pake sepatu. Jadi, Bu Mega ngelepas sepatunya di kelas. keren ya. Ya, udah akhirnya Pak Soekarno beliin sepatu deh buat semua siswa di kelas. Biar Bu Mega mau pake sepatu lagi. 

3. Pendidikan Bu Mega

Sejak SD hingga SMA beliau habiskan di Perguruan Cikini, Jakarta. Setelah itu mengenyam bangku kuliah di Fakultas Pertanian UNPAD, Bandung dan juga di Fakultas Psikologi Kampus Indonesia. Tapi kedua-duanya nggak selesai. Kabarnya, beliau nggak selesai kuliah bukan karena males atau nggak pandai lho. Jangan salah ya. Tapi karena situasi politik yang nggak memungkinkan. Tapi di 2016 lalu, UNPAD menganugerahi beliau gelar Doctor Honoris Causa. Hebat kan!

4. Jadi presiden!

Bu Mega sudah sejak muda aktif di dunia politik. Nggak heran kalau akhirnya beliau terpilih menjadi Presiden RI ke 5 mulai tahun 2001 hingga 2004. Dengan sebelumnya beliau pernah menjabat jadi wakil presiden tahun 1999 hingga 2001. Masih ingat nggak? Banyak yang mengira saat beliau naik jadi presiden, beliau akan menuntut rezim Pak Harto. Tapi ternyata hal itu nggak terjadi. Setelah habis masa jabatannya, Bu Mega mencalonkan diri kembali tapi nggak terpilih dan digantikan sama Pak Susilo Bambang Yudhoyono. 

5. Simbol emansipasi juga lho

Terpilihnya Bu Mega sebagai Presiden RI menjadi simbol emansipasi wanita dari masa Ibu Kartini yang kemudian dilanjutkan oleh Ibu Megawati. Indonesia yang kental dengan budaya patriarki, sedikit demi sedikit mulai terkikis. Menurut beliau, kaum wanita harus bisa mengubah pola pikir sebagian kaum pria yang masih berpandangan bahwa wanita berada dalam posisi yang sulit atau hanya di rumah saja. 

Nah, gimana? Udah puas dengan kisah hidup beliau? Sudah merasa lebih mengenal? Bisalah kita sedikit mengikuti teladan beliau kan ya. Memang nggak ada orang yang sempurna tapi pasti ada sesuatu yang bisa kita pelajari dari seseorang. Selamat berintrospeksi diri. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
6.4 KSHARES