Terekam Aksi Maling di Gerbong Kereta Api Eksekutif. Penumpang Harus Ekstra Hati-hati Nih!

27 Oktober 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Saat bepergian jauh dengan transportasi umum sebagian orang biasanya lebih memilih kelas eksekutif karena dianggap lebih nyaman dan aman. Transportasi dengan kelas eksekutif biasanya lebih mahal sehingga orang berpikir jarang ada pencopet atau pencuri yang mau mengeluarkan modal untuk melancarkan aksinya. Namun, hal tersebut terbantahkan, baru-baru sebuah video yang diduga merekam aksi pencurian di dalam kereta api eksekutif menjadi viral. 

Video pencurian tersebut diduga berasal dari rekaman CCTV KAI yang terpasang di dalam gerbong kereta. Rekaman tersebut menunjukkan keadaan di dalam gerbong eksekutif. Melihat lampu yang menyala dan jendela yang gelap diduga kejadian ini berlangsung pada malam hari. Sebagian penumpang pun sudah terlelap di kursi masing-masing. Seorang penumpang tampak berjalan kembali ke tempat duduknya.

Dua orang pria rupanya masih terjaga. Salah seorang diantaranya menggelar selimut yang tersedia untuk menutupi badannya. Rekannya yang mengenakan topi dan masker tiba-tiba merangkak mengambil tas penumpang lain di depannya yang tengah tertidur. Pria itu pun tampak memeriksa dan memindahkan isi tas. Tak lama, dengan cekatan pria bertopi itu pun mengembalikan tas situ ke tempat semula. Kedua pelaku pun kembali duduk manis tanpa mengetahui aksi mereka terekam CCTV. 

Video yang diunggah oleh akun @hedwigus ini pun telah di-retweet lebih dari dua ribu kali dan jadi perbincangan hangat. Kejadian ini justru lebih meningkatkan kewaspadaan warganet. Mereka juga mengharapkan pelaku segera diciduk berbekal rekaman CCTV yang ada serta data penumpang. 

Beberapa warganet juga mempertanyakan prosedur keamanan di dalam kereta api. Jika kereta eksekutif bisa kebobolan, bagaimana nasib kereta ekonomi. Seorang lainnya juga menyayangkan kerena CCTV saat perjalanan tidak diawasi sehingga tidak dapat mencegah kejahatan

Video ini pun ditanggapi oleh akun Twitter resmi Kereta Api Indonesia @KAI121. KAI menyatakan jika kejadian tersebut telah lampau dan menghimbau penumpang untuk meningkatkan kewaspadaan. Video ini pun tengah dalam penyelidikan pihak internal. Kejadian ini juga akan menjadi bahan evaluasi.

Kejadian ini pun menjadi pelajaran berharga untuk calon penumpang yang hendak bepergian menggunakan jasa kereta api. Kejahatan memang dapat terjadi di mana saja termasuk di tempat yang dianggap aman sekalipun. Tidak ada cara lain untuk menghindarinya kecuali selalu waspada.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES