Status Facebook Cewek Ini Soal Mahar 500ribu Viral. Tapi Ternyata Cuma Plagiat!

12 Agustus 2017
|Venanda
2.5 KSHARES

Baru-baru ini viral status facebook tentang kisah seorang cewek cantik yang menikah dengan lelaki biasa dengan mahar hanya Rp 500 ribu saja. Kisah ini tentu bikin netizen terenyuh dan terharu. Seorang cewek cantik dan muda, mau menikah dengan cara yang sederhana dan mahar yang tidak terlalu banyak.

Kisah ini menggugah emosi para pembacanya. Terlebih di zaman sekarang, saat banyak orang berlomba-lomba menggelar pesta pernikahan yang mewah. Status facebook Rika Prasetiya dengan cerita pernikahan sederhananya pun membuat orang-orang sadar bahwa menikah itu nggak harus mewah.

Seketika status facebook yang diunggah pada tanggal 24 Juli 2017 ini langsung viral. Banyak yang kagum dan memberi acungan jempol atas kesederhanaannya dalam menikah. Bahkan beberapa waktu lalu kisah ini juga diangkat oleh salah satu stasiun TV swasta nasional. Akun Facebook Rika Prasetiya semakin viral dan dibanjiri komentar positif dari netizen.

Namun ternyata, ada sesuatu yang membuat kisah ini ternoda. Rika ternyata memplagiat status orang lain. Kisah perempuan cantik ini memang benar-benar terjadi. Tapi, kata-kata dalam statusnya ternyata sama persis dengan status milik akun Facebook Nita Junita yang ditulis pada tanggal 1 Februari. 

Dalam statusnya, Rika memang mengubah beberapa tulisan yang disesuaikan dengan kisahnya. Namun yang membuat si pemilik tulisan dan netizen geram adalah Rika tidak menyantumkan sumber tulisan. Di akhir status, Rika justru menulis “Salam Erika”.

Bahkan sampai ada yang membuat perbandingan antara status Nita dan juga Rika. Di situ terlihat jelas bahwa kedua status itu mirip dan nyaris sama. Ada beberapa kalimat yang diubah oleh Rika. Tapi lebih banyak kata yang sama dengan status Nita. Sampai saat ini Rika belum memberikan konfirmasi tentang hal ini.

Hal ini sangat disayangkan ya. Kisah yang sangat inspiratif justru ternoda dengan hal seperti ini. Entah Rika tidak tahu tentang etika mengutip tulisan orang atau bagaimana. Tapi ini memang melanggar hak cipta. Tulisan di internet memang untuk konsumsi publik, tapi agar tidak dituding sebagai plagiat, pastikan sudah dicantumkan sumber tulisan dalam postingan tersebut, meski hanya sebuah status facebook.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Quote apa ya?"
2.5 KSHARES