Selain United Airlines, Inilah Kejadian Pengusiran Penumpang di Beberapa Maskapai Penerbangan

12 April 2017
|Fatwah Diniaty

Berbeda negara, berbeda pula tata krama dan peraturan yang perlu dipatuhi oleh seseorang. Bahkan dalam menaiki kendaraan pun setiap negara mempunyai aturan masing-masing sesuai dengan apa yang diberlakukan di negara tersebut. Baru-baru ini telah terjadi pengusiran penumpang yang dilakukan oleh sebuah maskapai penerbangan yang diketahui bernama United Airlines pada Minggu (9/4) di Bandara O’Hare, Chicago. Ironisnya pengusiran tersebut berlangsung sangat dramatis, karena melibat seorang pria yang terpaksa diseret turun dengan tubuh yang lemas dan wajah berdarah.

Sebenarnya pengusiran terhadap penumpang pesawat bukan hanya terjadi kali ini saja, di beberapa negara lain juga pernah terjadi pula pengusiran terhadap penumpang pesawat. Ada bermacam-macam alasan yang digunakan oleh pihak maskapai penerbangan atas kejadian pengusiran penumpang ini, dan inilah lima pengusiran penumpang pesawat yang pernah terjadi di dunia.

1. Maskapai United Airlines

Kejadian pengusiran penumpang pesawat ini berlangsung di sebuah bandara O’Hare, Chicago, Amerika Serikat. Pengusiran yang terjadi di maskapai United Airlines berawal dari empat  staf United Airlanes yang harus menumpang pesawat saat itu juga untuk bertugas di Louisville,  sedangkan penumpang telah melebihi kapasitas pesawat. Mau tidak mau pihak maskapai harus menurunkan empat penumpang yang ada di dalam pesawat dengan tawaran kompensasi uang. Karena tidak ada yang mau, terpaksa dipilihlah empat penumpang secara acak. Tiga penumpang tidak menolak turun saat mereka diminta untuk turun, nama ada satu orang yang menolak turun, hingga akhirnya terjadilah insiden menyeret penumpang tersebut untuk turun dengan wajah yang berdarah-darah.

Kejadian ini menjadi viral setelah sebuah video tersebar luas di media sosial, sejumlah netizen pun bereaksi dan memberikan tanggapan negatif kepada pihak maskapai. Meski pihak maskapai telah melontarkan permintaan maaf atas kejadian ini, tetapi sejumlah netizen masih geram dan memberikan komentar-komentar pedas kepada pihak maskapai. 

 

2. Maskapai Air France

Pengusiran penumpang pesawat juga pernah terjadi di Bandara Kastrup di Kopenhagen, Denmark, yang melibatkan maskapai Air France. Pengusiran ini disebabkan oleh seorang pria asal Maroko yang melakukan ibadah solat di dalam pesawat dan dia menonton film berbau agama. Hal tersebut memicu reaksi penumpang lain yang segera melaporkannya ke pihak maskapai penerbangan, pihak maskapai langsung mengambil tindakan dengan mengusir pria muda tersebut dan menyuruhnya untuk mengambil jadwal penerbangan lain. 

3. American Airlines

Lagi-lagi pengusiran penumpang dari pesawat terjadi. Pada Desember 2015 di Bandara Charlotte, North Carolina, pengusiran terhadap seorang penumpang yang diketahui bernama Mohamed Ahmed Radwan didasari atas ketidakjelasan salah satu pramugari yang merasa tidak senang dengan kehadiran Radwan. Bahkan sebelum Radwan diusir, pramugari tersebut mengumumkan menggunakan pengeras suara yang ditujukan kepada Radwan dengan nada mengancam, “Saya akan mengawasi Anda” begitu ujar salah satu pramugari American Airlines tersebut.

4. Pobeda Airlines

Nasib sial tampaknya dialami oleh seorang atlet voli Alexander Kimerov, pasalnya dia diusir dari pesawat karena dinilai memiliki badan terlalu tinggi. Pria yang memiliki tinggi badan 7 kaki atau setara dengan 2,13 meter ini diusir oleh petugas kabin pesawat karena dianggap telah menghalangi lorong pesawat dengan kakinya yang panjang. Meski sudah berdiskusi dengan staf pesawat, pada akhirnya Alex harus tetap meninggalkan penerbangan dan memilih jadwal penerbangan lain yang bisa menerima tinggi badannya tersebut.

5. Air Canada Jazz

Pengusiran penumpang yang terakhir terjadi di pada sebuah pesawat Air Canada Jazz, cerita dimulai saat pesawat sedang bersiap-siap untuk melakukan penerbangan ke Montreal. Singkat cerita salah seorang penumpang pesawat mengeluhkan bau yang tidak sedap, diduga bau tersebut berasal dari salah satu penumpang pesawat yang memiliki gangguan bau badan. Pihak maskapai langsung mengambil tindakan dengan mengusir penumpang tersebut dari pesawat. 

Itulah 5 kejadian pengusiran penumpang pesawat yang pernah ada. Sejatinya, di setiap penerbangan pasti memiliki standar peraturan masing-masing yang harus ditaati oleh penumpangnya. Namun, maskapai penerbangan juga harus memperlakukan pelanggannya dengan hormat sesuai dengan standar operasional, karena hal tersebut juga dapat menunjang reputasi dari maskapai itu sendiri.  


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatwah Diniaty
Gak Punya Quote Nih!
SHARES