Sambut Ratu dan Raja Swedia ke Indonesia, Jokowi Kenakan Pakaian Khas Betawi

22 Mei 2017
|Fatwah Diniaty
525SHARES

Hari ini, tepatnya Senin, 22 Mei 2017, terlihat ada yang berbeda dari penampilan Jokowi saat menyambut kedatangan Raja dan Ratu Swedia ke Indonesia. Berbeda dengan pakaian-pakaian yang biasa dikenakan, Jokowi yang didampingi dengan ibu negara, yakni Iriana, terlihat mengenakan jas hitam khas pakaian Betawi. Jas hitam ini pun diperlengkap lagi dengan rantai emas yang dikaitkan di antara kantong baju dan salah satu kancingnya. Tak hanya itu, Jokowi juga menambahkan paduan kain bercorak merah sepaha yang dipadukan dengan celana panjang hitam yang dikenakannya. Tak lupa pula, peci hitam yang dipakai Jokowi menambah kekhasan dari pakaian Betawi ini.

Sementara itu, Iriana selaku istri sekaligus ibu negara ini juga mengenakan kebaya yang dipadukan dengan kain dan selendang yang bernuansa serba merah khusus untuk mendampingi Jokowi menyambut kedatangan Raja dan Ratu Swedia, yakni Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia.

Seperti yang telah dilansir dari CNN, penyambutan Raja dan Ratu Swedia oleh Presiden Jokowi dan istrinya ini berlangsung setelah keduanya tiba di Jakarta sehabis kunjungan dari Negara Arab beberapa hari lalu. Saat sampai di bandara, Jokowi masih mengenakan jas hitam dan dasi merah, sedangkan Iriana menggunakan baju terusan dengan paduan kain berwarna oranye. Namun keduanya langsung bergegas mengganti pakaian sesaat sebelum kedatangan Raja dan Ratu Swedia ke Istana Bogor.

Pada siang hari (22/5/2017) sekitar pukul 11.25 WIB akhirnya Raja Gustaf dan Ratu Silvia tiba di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat dengan menumpangi mobil kepresidenan. Saat memasuki kompleks istana, Raja dan Ratu Swedia langsung disambut oleh barisan anak-anak berpakaian adat khas dari berbagai daerah Indonesia sambil menggenggam dan mengibaskan bendera kecil Indonesia dan Swedia.

Kemudian, setelah disambut oleh barisan anak-anak berpakaian adat, Jokowi mengajak Raja dan Ratu Swedia untuk mengikuti acara penyambutan ini dengan memperdengarkan lagu kebangsaan dua negara yakni lagu ‘Du gamla, Du fria’ dan lagu ‘Indonesia Raya’. Setelah prosesi penyambutan selesai, Jokowi membawa Raja dan Ratu Swedia tersebut ke halaman belakang istana. Dan di sana Presiden Jokowi mempersilakan Raja Gustaf untuk menanam sebuah pohon.

Usai menanam pohon, mereka berjalan-jalan mengelilingi Istana Bogor sambil melakukan perbincangan santai yang disebut dengan ‘Verenda Talk’. Kemudian acara dilanjutkan dengan pertemuan kerjasama bilateral antara Presiden Jokowi dan Raja Gustaf. Sementara itu, Iriana dan Ratu Silvia melakukan program kegiatan bersama di sekitar Istana kepresidenan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatwah Diniaty
Gak Punya Quote Nih!
525SHARES