Rizieq Shihab Tidak Jadi Pulang, Pengacara: Rizieq Dapat Visa Unlimited!

0SHARES

Rizieq Shihab lagi-lagi membuat sensasi. Kali ini, pimpinan dari Front Pembela Islam itu diklaim telah memiliki visa unlimited yang membuatnya tidak akan bisa secepatnya terdeportasi dari Negara Arab Saudi, tempat tinggal sementaranya saat ini. Hal itu diungkapkan oleh pengacaranya, Eggi Sudajana. Sebelumnya, pengacara Rizieq yang lain, Kapita Ampera menyatakan bahwa kliennya telah mendapatkan perpanjangan visa dari pihak imigrasi Arab Saudi selama satu tahun. Ditjen imigrasi pun segera bertindak dengan melakukan koordinasi bersama Arab Saudi mengenai hal tersebut.

 

Sekretaris Ditjen Imigrasi, Friment Aruan pun mengeluarkan pendapatnya. Menurutnya, visa unlimited yang sebelumnya diberitakan telah didapatkan oleh Rizieq Sihab pada kenyataannya tidaklah benar-benar ada. Lanjutnya, status visa yang diberlakukan di setiap negara itu memang bermacam-macam. Ada yang disebut dengan residence, unresidence, serta permanent residence atau temporary stay. Menurutnya, visa yang didapatkan oleh Rizieq bukanlah berstatus unlimited visa, akan tetapi lebih ke arah permanent residence. Hal itu diungkapkannya kepada awak media pada senin, 12 Juni 2017 di gedung Nusantara II, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan permanent residence seperti yang dikatakan oleh Sekretaris Ditjen Imigrasi, Friment Aruan itu?

Permanent residence adalah status visa yang memperbolehkan orang untuk berada tanpa batas dalam suatu negara yang bukan merupakan negara aslinya. Seseorang dengan status tersebut akan dikenal sebagai penduduk tetap negara tersebut. Dengan kata lain, kalau benar Rizieq telah memiliki visa dengan status permanent residence, maka Rizieq telah memiliki hak untuk menetap di negara yang memberikan visa tersebut -dalam hal ini adalah Arab Saudi- selama dia mau. 

Kalau memang benar begitu, lantas tindakan apa yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah? Apakah harus menyewa Naruto untuk memulangkan paksa Rizieq? Ataukah harus menunggu hingga Lebaran Kuda hingga Rizieq bersedia untuk memenuhi panggilan dari pihak pengadilan di Indonesia? Padahalkan harusnya tinggal datang saja ya guys daripada berbelit-belit begini hingga kasusnya tidak kunjung selesai.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES