Ridwan Kamil Jengkel Karena Trotoar Dago Dikotori, Inilah Tempat-tempat yang Sukses Direvitalisasi!

13 Februari 2017
|Monica Petra

Hari ini sedang ramai berita tentang Ridwan Kamil yang marah-marah di instagram karena trotoar Dago dikotori. Iya, jadi ceritanya dia dapat kiriman foto dari seorang warga kayak di atas nih, yang nunjukin berantakan banget tu Dago. Padahal daerah itu udah direvitalisasi dan jadi bersih kayak Barcelona. Akhirnya, Ridwan repost itu foto di instagram dengan komen kekesalan beliau. Iya sih, habisnya udah diurusin baik-baik eh, malah jadi gitu juga. Kita yang mungkin bukan warga Bandung aja juga ikut kesel kan? Kalau ada tempat umum yang bagus, indah malah dirusak atau dikotori kayak gitu? 

Nah, udah daripada emosi mending kita tengok yuk, nih ada beberapa tempat yang sukses direvitalisasi sama pemerintah dari berbagai kota. Langsung yuk dilihat aja. 

1. Kota Tua, Jakarta

Ini penampakan Kota Tua setelah direvitalisasi lho. Keren kan. Dulunya gak seperti yang sekarang sering kamu datangi dan lihat. Dulu banyak parkir liar dan pedagang kaki lima sangat semrawut. Sehingga tampak kumuh gitu. Tapi mereka semua udah direlokasi. Rapi deh. 

2. Pesisir Bulak, Surabaya

Kampung nelayan di Kelurahan Sukolilo Lor pada akhir Desember lalu selesai direvitalisasi. Hasilnya luar biasa. Nggak lagi kumuh dan rumah-rumah nelayan dicat berwarna-warni kayak di atas. Rapi dan teratur ya. Selain membangun jalan yang berupa paving selebar 3 meter, pemerintah juga membangun tanggul bibir pantai. 

3. Lapangan Gasibu, Bandung

Balik lagi ke Bandung, ada lapangan Gasibu yang penampakannya jadi kayak gini setelah direvitalisasi. Jogging track diperbaiki, ada air mancur yang keren di malam hari. Dulu tempat ini merupakan area yang terkenal dipakai untuk kegiatan ekonomi tiap hari Minggu. Para pedagang tumpah ruah di sana. Ada aneka jajanan kuliner dan para pedagang kaki lima. 

4. Alun-alun Kota Malang

Namanya alun-alun Merdeka. Pertengahan tahun 2015 revitalisasi selesai dilakukan. Dulunya tempat ini penuh dengan sampah berserakan tapi sekarang tempat ini jadi dipenuhi dengan merpati. Terus yang beda lagi nih, ada air mancur yang didatangkan langsung dari luar negeri. Tapi gak lantas semua dipugar, contohnya pepohonan beringin dan kios-kios kecil di sana. 

5. Terminal 3, Bandara Soekarno - Hatta

Agustus 2016, terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta selesai direvitalisasi. Hal ini meningkatkan kapasitas jumlah penumpang. Rencananya, setelah terminal 3 selesai, terminal 1 dan 2 juga bakal direvitalisasi. Target selesai adalah di tahun 2018 sebelum Asian Games. Kabarnya, kalau revitalisasi semua terminal selesai kapasitas penumpang bisa mencapai 65 juta per tahun. 

So, gimana menurut kamu? Jadi keren-keren semua kan tempat-tempat yang udah direvitalisasi? Bikin seneng dan betah kan kalau kita tinggal di tempat yang kayak gitu? Makanya, jaga terus yuk kebersihan kota tempat tinggal kita dan di mana pun kita berada. Budayakan untuk menjaga kebersihan. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
SHARES