Ribuan Jemaat Beribadah ke Katedral, Inilah Tradisi Jum’at Agung di Berbagai Negara

14 April 2017
|Yuniar Dwi Setiawati

Memperingati Jum’at Agung (14/4/2017), seluruh umat Kristen-Katolik beribadah di gereja untuk mengenang wafatnya Yesus Kristus yang telah mati untuk menebus manusia dari segala dosa. Seperti pagi ini sekitar pukul 08.00-1200 WIB, gereja Katedral Jakarta dipadati oleh ribuan jemaat untuk mengikuti prosesi ibadah yang berlangsung.

Menurut lansiran dari viva.co.id, jumlah jemaat yang hadir meningkat daripada tahun lalu. Dalam tiga kali ibadah, gereja Katedral Jakarta menampung sekitar 15 ribu orang yang ada di dalam gedung, sedangkan di halaman beratapkan tenda masih ada sekitar 5.400 orang yang hadir.

Demi kelancaran ibadah, aparat keamanan juga ikut membantu agar tidak terjadi bahaya selama ibadah berlangsung seperti bom dan huru-hara yang pernah terjadi di berbagai daerah beberapa waktu yang lalu. Mengingat dalam ibadah ini, jemaat juga ingin sungguh-sungguh mengenang kematian Yesus Kristus melalui tradisi jalan salib, drama tablo dan ibadah Jum’at Agung sendiri.

Melihat lebih jauh lagi, ternyata di berbagai Negara ada juga tradisi Jum’at Agung yang lebih unik. Kamu penasaran kan? Simak yuk ulasan berikut ini!

1. Di Filipina

Terlihat ada iring-iringan di jalanan yang memperlihatkan sejumlah tentara Romawi bertopeng mengiringi Yesus Kristus berjalan menuju bukit Golgota untuk disalib. Hmm, kenapa harus bertopeng ya? Gak mau terlihat jahatnya ya kalau pas ngecambuk tokoh utama?

2. Di Afrika Selatan

Sejumlah biarawati mengangkut kayu salib yang berat sebagai simbol dari perjalanan kesengsaraan Yesus Kristus. Tapi kali ini tidak ada tentara Romawi yang membawa cambuk dan terkenal dengan wajah kejinya. Adanya malah beberapa Pastur yang ada di belakang dengan membawa spanduk mengajak umat ikut mengenang momen ini dan mengakhiri hidup dalam dosa.

3. Di Australia

Ada seorang mahasiswa yang berpakaian compang camping berlumuran darah disuruh untuk memperagakan peran Yesus memikul salib dan bermahkotakan duri. Pemuda ini harus berjalan di jalanan kota dan dilihat oleh ribuan orang.

4. Di India

Sejumlah umat terlihat duduk bersimpu dengan mengenakan pakaian serba putih. Mereka serentak berdoa dan menangisi dosa-dosa mereka dan memohon pengampunan dari Tuhan. Tidak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak ikut memanjatkan doa dengan berkerudung. Lucu ya!

5. Di Finlandia

Warga Finlandia yang merayakan Jum’at Agung akan membuat api unggun yang besar, karena api dalam tradisi Nordik dapat mengusir atau menangkal roh jahat. Mungkin saja biar kesengsaraan itu hilang kali ya? Soalnya kan roh jahat yang suka bikin manusia sengsara.

Tradisi boleh berbeda di tiap-tiap Negara, tapi yang penting ialah maknanya. Jum’at Agung adalah momen dimana manusia mengenang pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib. Demi kasihNya yang besar pada umat manusia, Ia mau mengorbankan nyawaNya agar manusia dapat selamat dari menerima kehidupan yang kekal.

Selamat memperingati Jum’at Agung bagi kamu yang merayakan. Jangan berbuat dosa lagi ya karena kalau kamu berbuat dosa, itu sama halnya kamu menyalibkan Yesus Kristus berkali-kali.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Yuniar Dwi Setiawati
Gak Punya Quote Nih!
SHARES