Resmi Dilantik, Anies Baswedan Sebut "Pribumi" dalam Pidatonya. Warganet Bergejolak dan Ramai Menanggapi

17 Oktober 2017
|Faizah Pratama
855SHARES

Senin sore (16/10) lalu, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta oleh Presiden RI Joko Widodo. Pada malam harinya, pemimpin baru ibu kota itu juga menggelar acara syukuran di Balai Kota DKI. Untuk pertama kalinya, sang gubernur pun berpidato di hadapan warga Jakarta. Dalam pidatonya, Anies memberikan janji akan mennghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Jakarta. Ia juga berorasi tentang perjuangan pribumi melawan kolonialisme. 

Menurut Anies Jakarta bukan sekadar kota, Jakarta adalah ibukota. Jakarta juga merupakan salah satu kota yang merasakan kolonialisme dari dekat. Penjajahan di Jakarta ada di depan mata selama ratusan tahun. Bagi orang Jakarta, kolonialisme di depan mata dan dirasakan sehari-hari. Anies juga menyinggung kesejahteraan dan kemerdekaan masyarakat. Tak ketinggalan, ia pun membahas Pancasila yang jadi kenyataan. Dalam pidatonya itu terlontarlah sebuah kalimat yang cukup kontroversial.

"Dulu kita semua pribumi ditindas dan dikalahkan, kini telah merdeka, saatnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri.”

Pidato Anies Baswedan usai dilantik yang membahas berbagai aspek kesejahteraan dan kemerdekaan yang sekian panjang. Namun, rupanya hanya satu kata yang disoroti penduduk seantero jagat maya. Mereka merasa terganggu dengan kata “pribumi” yang dilontarkan oleh gubernur baru tersebut. 

Kata “pribumi” pun menjadi ramai diperbincangkan di media sosial Twitter. Mereka beramai-ramai menyuarakan kegundahan mereka. Tanggapan bernada serius terlontar melalui cuitan para warganet yang sudah lelah dengan yang namanya "rasisme".  

Tanggapan melalui cuitan humor dan sindiran pun tak lupa turut meramaikan gejolak diskusi kata “pribumi”. Jangan sampai terkilir lidahnya nanti parah efeknya.

Warganet yang terlampau kreatif pun membuat meme tentang kata “pribumi” yang dilontarkan oleh Anies Baswedan.

Baru sehari dilantik menjadi Gubernur, rupanya Anies Baswedan sudah begitu memberi pengaruh kepada penghuni dunia maya. Semoga saja lima tahun kedepan dia dan wakilnya mampu membawa ibu kota ke arah yang lebih baik. Supaya semua masyarakat Jakarta tanpa terkecuali merasakan kemerdekaan dan kesejahteraan, bener nggak ya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
855SHARES