Pemerintah Buka Lowongan CPNS 2017 dengan Jumlah 19.210. Persiapkan Dirimu Sekarang!

14 Juli 2017
|Chandra W.
News
0SHARES

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) telah resmi mengumumkan bahwa tahun ini lowongan 19.210 CPNS untuk ditempatkan di Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sebanyak 1.684 kursi tersedia di MA dan sisanya yaitu sejumlah 17.526 kursi disediakan di Kemenkumham. Kuota tersebut mencakup jumlah kursi untuk lulusan terbaik dengan pujian (cumlaude) serta putra-putri terbaik Papua dan Papua Barat.

Untuk Mahkamah Agung, 1.684 yang nantinya lolos tes akan dididik menjadi hakim pada peradilan umum, agama, dan peradilan tata hukum negara. Jika kamu lulusan dari jurusan ilmu hukum, bersiaplah karena seluruh formasi di MA membutuhkan sarjana hukum, baik umum maupun hukum Islam atau hukum syariah. Informasi lengkap terkait Seleksi Penerimaan Calon Hakim Mahkamah Agung RI 2017 dapat dilihat di situs berikut: https://www.mahkamahagung.go.id ; http://badilum.mahkamahagung.go.id ; http://badilag.mahkamahagung.go.id dan; http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id.

Sedangkan untuk Kemenkumham formasi yang dibuka cukup bervariasi meskipun nantinya kuota untuk penjaga lapas bagi lulusan SMA/sederajat paling banyak yaitu sejumlah 14.000. Sisanya untuk jabatan analis keimigrasian hingga dokter spesialis pun dibuka untuk berbagai jurusan di antaranya hukum, sosial politik, psikologi, farmasi, berbagai jurusan teknik, dan tentunya dokter. Informasi lengkap terkait Seleksi Penerimaan CPNS Kemenkumham dapat dilihat di http://cpns.kemenkumham2017.go.id. Jadi, lowongan CPNS ini terbuka untuk lulusan SMA/Sederajat, D3, dan S1.

Mulai sekarang kamu bisa mempersiapkan diri untuk melamar formasi yang sesuai dengan jurusanmu. Pendaftaran secara online akan dimulai tanggal 1 Agustus 2017 mendatang dan ditutup pada tanggal 31 Agustus 2017. Artinya kamu masih punya waktu sekitar dua minggu sampai seleksi online resmi dibuka. Dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan di antaranya adalah KTP atau surat keterangan telah melakukan rekam kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, surat lamaran bermaterai yang formatnya dapat dilihat di https://sscn.bkn.go.id.

Nantinya akan ada beberapa tahapan tes hingga kamu diterima sebagai PNS di lingkungan MA dan Kemenkumham, di antaranya seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang, serta wawancara. Waktu seleksi sejak awal sampai akhir memakan waktu sekitar tiga bulan hingga November 2017.

Berminat? Mumpung masih ada waktu, segera persiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Jangan sampai ada yang terlewat. Setelah berkas selesai, jangan tunggu sampai pengumuman. Panaskan kembali otakmu dengan mengerjakan soal-soal tes CPNS dan bertanyalah pada teman atau saudaramu yang sudah pernah mengerjakannya dan berhasil lolos. Semoga sukses!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES