Miris! Operasi Plastik Anjing di Korea Selatan Ini Bikin Warganet Kesal Sekaligus Sedih

20 Oktober 2017
|Venanda
News
0SHARES

Di Korea Selatan, operasi plastik menjadi sebuah tren yang digandrungi oleh hampir seluruh penduduknya. Tidak hanya orang dewasa, anak muda pun tergiur memperindah bentuk tubuh dengan cara insttan ini. Mereka berbondong-bondong datang ke klinik kecantikan untuk merombak tubuh yang dianggap kurang cantik. Mulai dari melebarkan kelopak mata, memancungkan hidung, hingga meniruskan rahang, semua itu mereka lakukan demi paras yang sempurna.

Tidak puas dengan mempercantik dirinya sendiri, beberapa orang juga mulai melakukan operasi plastik untuk hewan peliharaannya. Terdengar sangat aneh memang, tapi ternyata memang ada beberapa praktik operasi plastik anjing di Korea Selatan. Para pemiliknya ingin anjing mereka juga memiliki tubuh yang sempurna. Hal ini tentu membuat warganet geram dan kesal. Hewan yang tidak tahu apa-apa dioperasi demi kepuasan para pemiliknya.

Hal ini pertama kali diketahui setelah viral foto before-after anjing yang sudah melakukan operasi plastik di media sosial. Dalam foto tersebut terlihat bagaimana perubahan bentuk muka dan badan anjing tersebut. Ada yang menjadi lebih kurus, lebih tirus, dan kelopak matanya lebih besar.

Banyaknya foto yang tersebar menunjukkan betapa besar minat masyarakat terhadap praktik operasi plastik anjing ini. Mereka bahkan rela merogoh kocek yang cukup dalam untuk operasi plastik anjing. Demi keinginan mengangkat lemak anjing, menghilangkan keriput, operasi kelopak mata, menganggat telinga, hingga memotong ekor, mereka tak segan-segan membayar puluhan juta rupiah.

Setelah ditelisik lebih dalam, alasan para pemilik anjing melakukan hal ini adalah karena ingin hewan peliharaannya terlihat lebih kurus sampai punya mata yang besar. Tapi sebenarnya hal ini juga didukung dengan beberapa dokter hewan yang menawarkan jasa melakukan operasi plastik kepada anjing. Seperti yang diungkapkan oleh Miss Lim, ia ditawari seorang dokter hewan untuk melakukan operasi plastik karena mulut anjingnya kurang sempurna.

Hal ini tentu membuat perdebatan di masyarakat. Ada yang setuju, tapi ada juga yang mengecam. Salah satu dokter hewan bernama Yoon Shi Geun yang setuju dengan operasi plastik ini mengatakan,

“Menjalani operasi plastik untuk anjing tentunya hal itu diserahkan kepada para pemilik anjing yang ingin hewan peliharaannya itu terlihat lebih cantik dan tak perlu mengkritik prosedur ini karena telah dijamin aman."

Namun, bagi para aktivis pecinta hewan, hal ini dianggap kejam dan masuk ke dalam tindakan kekerasan terhadap hewan. Karena sesungguhnya anjing tidak bisa mengungkapkan pendapatnya sendiri, apakah dia mau dioperasi atau tidak. Warganet di Korea Selatan ternyata juga mengacam aksi ini. Mereka bahkan membanjiri berbagai forum online untuk menentang operasi plastik pada anjing.

Duh, miris banget ya. Anjing yang sebenarnya sudah lucu justru dioperasi lagi agar bentuk tubuhnya sesuai dengan keinginan si pemilik. Kalau memang untuk keperluan medis sih nggak apa-apa ya, misalnya lemaknya sudah menutupi mata hingga tidak bisa jalan. Tapi kalau hanya untuk keindahan dan kepuasan pemilik hewan sepertinya ini sudah keterlaluan. Kalau menurutmu, operasi plastik anjing ini gimana, guys?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Quote apa ya?"
0SHARES