Memperingati Ulang Tahun Pramoedya Ananta Toer ke 92, Simak Fakta-fakta Hidupnya

06 Februari 2017
|Monica Petra
307SHARES

Hari ini kita memperingati kembali hari kelahiran seorang seniman hebat Indonesia, Pramoedya Ananta Toer. Tepatnya beliau lahir tanggal 6 Februari 1925, yang berarti sudah 92 tahun usia beliau jika masih hidup. Buat kamu-kamu yang belum tau siapa itu Pramoedya, gak ada salahnya baca artikel ini. Buat nambah pengetahuan. Pria yang akrab disapa Pram ini adalah seorang penulis dan sastrawan Indonesia yang cukup produktif. Karya-karyanya banyak yang mengulas tentang kritik terhadap pemerintah. Bagaimana sepak terjangnya? Yuk, kupas sedikit di artikel hari ini. Siap-siap ya.

1. Pendidikan

Ternyata semasa sekolah, Pram nggak pinter-pinter amat lho. Dia pernah tiga kali nggak naik kelas. Bahkan ayahnya sampai nggak mau membiayai dia melanjutkan MULO (setingkaat SMP). Ya udah, akhirnya Pram sekolah di sekolah telegraf (Radio Vakschool) yang ada di Surabaya dengan dibiayai sama ibunya. 

2. Kisah asmaranya

Siapa sangka, kalau dulunya Pram juga sempat mengalami kisah pahit percintaan dalam rumah tangganya. Dia menikah dua kali. Dari pernikahan yang pertama, dia diceraikan dan diusir oleh sang mertua. Gara-garanya, penghasilan Pram yang seorang penulis masih belum stabil. Setelah itu, barulah Pram ketemu sama istrinya yang setia sampai akhir hayat mereka, aitu Maemunah. Mereka ketemu di sebuah pamerang buku dan Maemunah saat itu adalah penjaga stan. Cie, sama-sama cinta buku nih ceritanya. 

3. Keluar masuk penjara

Karena pemikirannya yang kritis, Pramoedya kerap harus merasakan dinginnya dinding penjara. Tuduhan yang ditujukan pun bermacam-macam, salah satunya adalah tuduhan bahwa Pram terlibat gerakan G 30 S/PKI pada masa Soeharto dan akhirnya dipenjara selama 30 tahun. Tetapi justru di sinilah lahir pula sebuah maha karya Pram yang diakui dunia dan diterjemahkan dalam 36 bahasa, Tetralogi Buru. Naskah ini ditulis dengan penuh perjuangan dan Pram banyak dibantu teman-temannya untuk menyelundupkan buku ini sewaktu ia bebas. 

4. Reputasi internasional

Walau kurang dihargai di negeri sendiri tetapi karya-karya Pram sudah beredar di sudah tersebar di berbagai negara. Lebih dari 200 bukunya diterjemahkan ke bahasa Beland, Korea, Turki, Jepang, Spanyol, Yunani, Jerman. Selain itu ia juga memperoleh berbagai penghargaan nobel dari seluruh dunia. Salah satunya adalah Pablo Neruda Award. Salut untuk beliau. 

5. tutup usia

Pram tutup usia pada 31 April 2006 akibat sakit jantung dan komplikasi diabetes. Waktu beliau sakit, cucu-cucunya sempat datang ke rumah beliau sambil membawa organ dan gitar. Beliau memang kangen dengerin cucu-cucunya nyanyi riang lagu apa saja. Salah satu lagu yang disukainya ada Ave Maria. 

Itu tadi deretan fakta seputar kehidupan Pramoedya Ananta Toer. Sudah tau kan siapa dia sekarang? Yup, semoga saja ke depan dunia pendidikan dan literatur Indonesia boleh semakin maju. Banyak lahir seniman-seniman yang bisa mencerahkan kehidupan bangsa ini. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
307SHARES