Memperingati Hari TNI, Kamu Harus Tau 7 Fakta Menarik Tentang Tentara Nasional Indonesia Ini!

05 Oktober 2016
|Setia Ningrum
469SHARES

TNI kepanjangan dari Tentara Nasional Indonesia. Dengan didirikannya TNI, dijamin Indonesia aman. Mudah-mudahan! Spesial memperingati hari ulang tahun TNI yang ke-71, nih bakalan dibahas mengenai fakta menarik soal TNI yang mungkin gak sebagian orang bisa tau. Yuk, silakan dicek.

1. Banyaknya perubahan nama TNI

Sebelum menjadi nama TNI, dulu dikenal sebagai organisasi BKR (Badan Keamanan Rakyat). Lalu pada tanggal 5 Oktober 1945 berubah nama menjadi TKR (Tentara Keamanan Rakyat), tanggal 7 Januari 1946 berubah lagi nih (duh) jadi TKR juga tapi dengan kepanjangan yang berbeda, yaitu Tentara Keselamatan Rakyat). Belum sampe sebulan, tanggal 24 Januari 1946 diubah lagi jadi TRI (Tentara Republik Indonesia). Seiring berjalannya waktu, Indonesia memiliki barisan bersenjata lainnya, nah, presiden soekarno mempersatukan TRI dengan barisan bersenjata itu, jadi TNI (Tentara Nasional Indonesia). Banyak yah perubahannya.

2. Jumlah TNI yang dimiliki Indonesia itu banyak

Banyak yah, tentara Indonesia. Jadi terasa aman nih Indonesia kalo yang ngejagain banyak.

3. KOPASSUS masuk ke dalam jajaran 5 pasukan khusus di dunia

Nama TNI di kancah dunia juga gak kalah bagus nih. Salah satunya kopassus nih, masuk ke dalam jajaran 5 besar di dunia. Wah kalo gini caranya sih, jangan main-main sama TNI deh hahaha.

4. Pasukan Vietnam mempelajari teknik Gerilya Indonesia

Amerika kalah saat perang melawan Vietnam. Dan ternyata, fakta di balik kemenangan pasukan Vietnam ini, karena pasukan Vietnam mempelajari teknik gerilya milik Indonesia hahaha. Hebat yah, kalo dulu Indonesia dibilang sering ngikutin luar, sekarang yang luar ngikutin Indonesia.

5. Kolonel (Purn) Alex Kawilarang pernah menampar Pak Soeharto

Dulu, Kolonel Kawilarang pernah nampar Soeharto loh. Berani juga yah, Pak Kolonel. Eits, tapi jangan salah yah, dulu Pak Kolonel Kawilarang ini jabatannya di atas pak Soeharto. Jadi, dikarenakan Pak Soeharto salah karena anak buahnya yang madol (sekolah kali ah), kena omel deh sama Kolonel Kawilarang dengan gamparan mautnya. Plak!

6. Kopral Subagyo menjadi Prajurit terkuat di dunia, wow!

Hati-hati sama kopral satu ini, kekuatannya udah dikenal sedunia. Bayangin aja, pak Kopral Subagyo pernah push up selama 2 jam lebih, mandi pake air aki (padahal masih banyak air bersih huft), dan pernah koprol selama 5 kilometer. Gila! Kuat banget nih pak Kopral. Kalah deh limbad juga. Dan fakta lainnya, pak Kopral Subagyo ini gak mau naik pangkat. Dia bangga dengan pangkat kopralnya. Mungkin juga, pak Kopral ini sebenernya lemah, menghadapi pangkat yang lebih tinggi, takut khilaf.

7. Latihan para prajurit TNI yang ekstrim

Untuk menjadi seorang prajurit TNI, itu bukan hal yang mudah. Butuh perjuangan! Kayak buat dapetin kamu eeaaa. Pelatihan yang dijalanin itu susah banget, karena belum tentu kamu bisa. Salah satu contohnya itu berenang melintasi selat sunda. Selat sunda coy, jaraknya aja kurang lebih 38 km. Keriput dah di air mulu. Ada lagi latihan nahan nafas selama 2 jam. Nahan rindu sejam aja menyiksa, apalagi nahan nafas hahaha.

Itulah 7 fakta menarik tentang TNI yang mungkin sebagian dari kamu belum tau. Nah sekarang udah tau dong fakta dibalik TNI itu ada apa aja. Semoga fakta ini bisa menambah wawasan kamu. Mudah-mudahan. Dan selamat hari ulang tahun nih buat TNI Indonesia, semoga makin jaya! Yeay.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Setia Ningrum
"bernapaslah selagi bisa"
469SHARES