Memperingati Hari Susu Nusantara, Inilah Produk Olahan Susu yang Bisa Dinikmati

02 Juni 2017
|Yuniar Dwi Setiawati
0SHARES

Susu adalah cairan yang dihasilkan oleh sapi melalui cara diperah atau disintesa secara alami. Susu segar juga sering dikonsumsi karena terbukti kandungannya dapat menyehatkan tubuh. Hal ini disebabkan susu memiliki nilai TSS (Total Soluable Solid) sebesar 13 % yang terdiri dari karbohidrat, protein, mineral, lemak dan vitamin.

Hari ini tepatnya 2 Juni, Indonesia sedang memperingati Hari Susu Nusantara. Sejumlah daerah menggelar acara peringatan ini dengan begitu meriah. Salah satunya, Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran, Bandung. Acara yang berlangsung di Cikapundung Riverspot ini dipenuhi oleh antusias warga dalam acara bagi-bagi susu gratis setelah azan magrib, kampanye minum susu, berbagai lomba, kegiatan buka puasa bersama anak yatim dan hiburan berupa penampilan tari tradisional.

Dalam kampanye minum susu, pemerintah dengan perusahaan produsen susu bekerja sama untuk memberi penyuluhan pada masyarakat agar terbiasa mengonsumsi susu. Jika masyarakat tidak semua suka minum susu segar, paling tidak produk olahan susu juga dianjurkan untuk dikonsumsi. Kali ini YuKepo sudah merangkum produk olahan susu yang bisa dinikmati masyarakat. Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk kepoin uraiannya di bawah ini.

1. Keju

Keju biasanya dikonsumsi oleh masyarakat dari wilayah kontinental. Warna keju ada yang putih sampai kuning kecokelatan. Pembuatan keju adalah dengan cara memisahkan padatan susu dari cairan susu. Selain itu, keju juga bisa didapatkan dari hasil fermentasi tanpa pemasakan. Teksturnya ada yang keras, ada juga yang lembut dengan rasa keju yang tidak pernah berubah yaitu asin.

2. Kerupuk Susu

Masyarakat Indonesia tidak bisa dipungkiri suka sekali makan nasi dengan kerupuk. Makan kerupuk bisa terasa lezat jika sampai terdengar bunyi ‘kriuk-nya’. Dan ternyata susu juga bisa dijadikan kerupuk. Pembuatannya adalah dengan cara mengeringkan padatan susu dan ditambahkan bahan lain supaya bisa jadi kerupuk. Kerupuk ini tidak bisa dijadikan makanan pendamping, tapi cukup sebagai camilan ringan.

3. Permen Susu

Permen yang biasanya jadi bahan lumatan saat perasaan sedang berkecamuk sekarang juga ada yang bahannya dari susu. Permen ini terbuat dari susu dan laktosa dan sangat dianjurkan dikonsumsi oleh masyarakat yang kekurangan kalsium. Jangan sampai makan permen susu berlebihan ya karena ada efeknya yaitu karies gigi dan gigi berlubang.

4. Kefir

Kefir ini adalah susu asam hasil fermentasi secara tradisional. Fermentasinya langsung di dalam tanduk hewan. Kalau di Aceh, kefir juga bisa dijadikan campuran Nasi Briani. Uniknya, sekarang kefir sering juga dipakai sebagai masker wajah.

5. Dodol Susu

Dodol yang memiliki cita rasa unik ini juga ada yang terbuat dari susu. Pembuatannya gampang, tinggal campurkan tepung ketan, tepung terigu, lemak, dan gula pasir. Campuran adonan ini lalu dituangkan ke dalam susu yang dimasak sampai mendidih. Setelah matang, dodol ini siap dicetak dan dihidangkan.

Ternyata produk olahan susu bervariasi ya? Masyarakat Indonesia tak perlu merasa bingung jika belum mau mengonsumsi susu segar. Masih ada susu dalam bentuk lain yang bisa dinikmati mulai saat ini. Jaga kesehatan baik-baik ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Yuniar Dwi Setiawati
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES