Mandalika, Destinasi di Lombok yang Dikagumi Presiden Jokowi. Memangnya Sekeren Apa Sih?

24 Oktober 2017
|Olphi Disya
251SHARES

Kalau mendengar kata Lombok, mungkin yang terlintas di pikiranmu adalah pantai-pantainya yang indah dan pulau-pulau kecil mempesona seperti Gili Trawangan. Tapi ternyata, Lombok menyimpan keajaiban lain yang nggak kalah menarik. Nama destinasi ini mencuat ke permukaan dan populer karena kekaguman Jokowi akan pemandangannya yang spektakuler. Adalah Mandalika, destinasi yang akan menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Memangnya ada apa sih di Mandalika sampai-sampai banyak yang ingin ke sana? Daripada penasaran, cek dulu yuk, travelers!

Jadi, sebelum mengintip keindahan Mandalika, kamu harus tahu dulu dari mana asal muasalnya. Selain karena banyak bunga Mandalika yang tumbuh, konon warga suku Sasak mempercayai adanya legenda seorang Puteri Raja bernama Mandalika yang cantik dan diperebutkan oleh 3 orang pemuda dari 3 kerajaan yang berbeda. Agar nggak menyakiti hati siapapun, Mandalika pergi ke laut dan berubah wujud menjadi Cacing Nyale. Legenda ini begitu terkenal sehingga masyarakat setempat pun rutin menyelenggarakan tradisi Bau Nyale.

Nah, kalau sekarang Mandalika lagi naik daun karena telah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata oleh Jokowi pada Jumat, 20 Oktober 2017 lalu.

Mandalika terletak di Lombok tengah, namun aksesnya gampang banget. Hanya berkendara selama sekitar 30 menit dari bandara Lombok di Praya, kamu udah bisa sampai di tempat wisata ini. Luas tempat wisata ini sekitar 1.034 hektar dan memiliki beragam pesona yang sangat atraktif. Ada Pantai Kuta Mandalika, Tanjung Aan, Pantai Serenting, dan Pantai Seger. Kalau ingin snorkeling, kamu juga bisa ke Gili Sudak atau kalau mau wisata religi kamu juga bisa ke Masjid Nurul Bilad yang ikonik. Kamu nggak perlu khawatir, di sana udah banyak resor dan penginapan yang kece dan siap melayanimu ketika berkunjung ke sana. Pokoknya keren banget deh!

Presiden Jokowi juga kagum banget sama perkembangan wisata Mandalika yang punya potensi besar untuk jadi wisata top di masa depan. Maka dari itu, beliau membuat vlog saat meresmikan kawasan Mandalika bersama dengan Gubernur Nusa Tenggara Barat. Kawasan pariwisata yang telah rampung setelah 29 tahun dibangun tersebut akhirnya bisa kita kunjungi, guys. Pemandangan super keren, ditambah dengan suasananya yang khas budaya Indonesia Timur bakal bikin betah deh liburan ke sana!

Jadi, udah tahu dong rencana nabung untuk liburan kali ini mau ke mana? Ya ke Mandalika, lah! Semoga dengan bertambahnya destinasi di Lombok, NTB ini berdampak positif bagi warga sekitarnya dan juga bisa jadi daya tarik lebih bagi Indonesia di mata dunia. Berangkat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
251SHARES