Kesalahan-kesalahan Malaysia di Sea Games 2017. Jangan Baper, Nggak Cuma Indonesia yang Kena!

www.dailymail.co.uk

Pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara yang tahun ini dilangsungkan di Malaysia menuai banyak kontroversi. Pasalnya, terdapat berbagai kesalahan fatal yang telah dilakukan oleh panitia Sea Games tahun ini yang berasal dari Malaysia. Kesalahan panitia Sea Games Malaysia yang belakangan ini membuat warga Indonesia berang adalah kasus terbaliknya gambar bendera Indonesia dalam buku panduan Sea Games 2017. Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi, merupakan sosok yang membuat kesalahan Malaysia ini terekspos ke dunia maya dan membuat netizen Indonesia berang. Ia mengunggah gambar kesalahan tersebut di akun twitternya dan sontak mendapat banyak respon dari netizen. Persoalan ini menurut pemerintah Indonesia maupun netizen merupakan persoalan yang tidak dapat didiamkan saja. Meski panitia Sea Games telah meminta maaf yang disusul dengan permintaan maaf resmi dari Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, namun netizen Indonesia yang marah memang tidak mudah ditenangkan. Apalagi mengingat sejarah antara Indonesia dan Malaysia yang sering kali dipenuhi ketegangan antara kedua bangsa ini.

Meski mungkin kita selaku warga Indonesia merasa dilecehkan dengan kesalahan cetak bendera Indonesia pada ajang internasional sekelas Sea Games ini, namun ada baiknya untuk tidak melanjutkan ketegangan ini. Karena Panitia Sea Games telah memohon maaf dan berjanji akan mencetak ulang buku panduan Sea Games dengan gambar yang benar. Selain itu, ternyata bukan cuma Indonesia saja, kok, yang mengeluhkan keteledoran Malaysia selaku panitia Sea Games 2017. Ada beberapa negara lain yang juga dirugikan oleh panitia Sea Games 2017. Penasaran apa lagi kesalahan Malaysia di Sea Games kali ini? Yuk, kepo!

1. Timnas sepak bola wanita Thailand merasa dicurangi terkait pemberitahuan tempat latihan

stadium.my

Pelatih timnas sepak bola wanita Thailand, Spencer Prior, mengungkapkan kekecewaannya terhadap panitia Sea Games 2017 karena tim mereka tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk latihan. Pasalnya, mereka hanya dapat berlatih selama 15 menit akibat keterlambatan timnas Thailand ke lokasi latihan. Menurut Prior, keterlambatan ini disebabkan oleh kesalahan pemberitahuan lokasi latihan oleh panitia yang mengatakan bahwa jarak dari hotel ke tempat latihan hanyalah 3 km, sedangkan pada kenyataannya adalah 30 km.

Prior yang merasa marah karena hal ini lantas berkicau di akun twitternya. Ia menyatakan bahwa acara Sea Games 2017 ini merupakan acara paling buruk yang pernah diikutinya. Namun, beberapa saat kemudian Prior menghapus cuitannya dan meminta maaf karena telah menjelekkan panitia Sea Games melalui akunnya.

2. Timnas sepak bola wanita Myanmar ditelantarkan di stadion hingga larut malam

www.facebook.com

Setelah memenangkan pertandingan melawan timnas Malaysia, timnas sepak bola wanita Myanmar urung merayakan kemenangannya karena bis yang seharusnya membawa timnas Myanmar ini kembali ke penginapan tidak kunjung datang sehingga mereka terpaksa harus terlantar di stadion hingga larut malam.

Ternyata, hal ini disebabkan karena ditangkapnya supir bis yang seharusnya menjemput timnas Myanmar oleh pihak kepolisian Malaysia. Seharusnya, panitia Sea Games dengan sigap mencarikan supir pengganti. Sayangnya panitia kurang responsif sehingga timnas wanita Myanmar baru dapat kembali ke penginapan dan beristirahat pukul 12 malam. Hmm, mungkin mencari supir pengganti dalam waktu singkat yang mampu membawa bis besar berisikan atlet profesional bukanlah hal yang mudah, ya.

3. Lagi, Myanmar tidak mendapatkan akses untuk siaran langsung pertandingan timnas mereka di stadion UiTM. Tiket yang dijual pun kurang

www.cogitasia.com

Setiap negara pasti ingin menonton dan memberi dukungan untuk timnas negaranya yang sedang berlaga di Sea Games. Namun, Myanmar harus dikecewakan karena kemampuan mereka untuk menonton pertandingan timnasnya dibatasi. Pasalnya, stasiun televisi Myanmar tidak mendapatkan akses untuk meliput jalannya pertandingan sepak bola timnas mereka yang diselenggarakan di stadion UiTM. Menurut panitia, hal ini disebabkan fasilitas stadion yang tidak memungkinkan untuk diadakannya siaran langsung. Tentu saja hal ini membuat pihak Myanmar kecewa karena negara sekaya Malaysia rasanya aneh jika stadionnya tidak memiliki fasilitas yang cukup untuk melakukan siaran langsung.

Selain itu, pada pertandingan Myanmar Vs Laos, para pendukung tim dari kedua negara harus gigit jari lantaran pihak panitia tidak menyediakan cukup banyak tiket bagi mereka yang ingin menonton jalannya pertandingan di dalam stadion sehingga mereka harus puas dengan menonton pertandingan dan memberi dukungan bagi tim jagoannya dari luar stadion.

4. Gambar bendera Brunei Darussalam yang dipasang pada papan skor digital salah
www.themalaysianinsight.com

Bukan hanya bendera Indonesia yang menjadi korban kesalahan panitia Sea Games 2017. Brunei Darussalam pun mengalami hal mengecewakan tersebut. Pada papan skor yang dipajang di pertandingan renang indah, terdapat nama peserta pertandingan yang disandingkan dengan bendera asal negaranya sebagai penanda. Di samping nama Jacqueline Lim Guan Fan dan Nur Hafizah Ahmad selaku peserta pertandingan dari Brunei, seharusnya dipajang bendera Brunei Darussalam. Akan tetapi, pihak Sea Games 2017 salah menggunakan gambar bendera dan justru menaruh gambar bendera tentara Kesultanan Brunei yang memiliki garis diagonal berwarna merah di tengahnya. Namun, belum diketahui apakah pemerintah Brunei telah memberikan pernyataan apa pun terkait kesalahan ini kepada pihak panitia atau tidak.

Nah, melihat berbagai kesalahan yang diperbuat oleh Malaysia selaku panitia Sea Games 2017 dalam kurun waktu yang hanya sebentar dari dimulainya acara akbar ini, tentu membuat kita keheranan. Mengapa Malaysia bisa melakukan kesalahan-kesalahan seperti ini yang seharusnya dapat dengan sangat mudah dihindari? Mungkin kurangnya persiapan dapat menjadi alasan di balik keteledoran Malaysia selaku panitia Sea Games 2017. Mungkin juga Malaysia sedang lelah dengan segala kefanaan dunia.

100%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bukan Cuma Afgan, Musisi Ini Pernah Alami Kejadian Kurang Menyenangkan Saat di Panggung

Bukan Cuma Afgan, Musisi Ini Pernah Alami Kejadian Kurang Menyenangkan Saat di Panggung

Ini 7 Putra Paskibraka Nasional 2017 yang Curi Perhatianmu. Gagah dan Ganteng!

Ini 7 Putra Paskibraka Nasional 2017 yang Curi Perhatianmu. Gagah dan Ganteng!

Nggak Cuma Gong Yoo, 7 Artis Korea Ini Pernah Kolaborasi dengan Seleb Indonesia!

Nggak Cuma Gong Yoo, 7 Artis Korea Ini Pernah Kolaborasi dengan Seleb Indonesia!

5 Artis Ini Bangga Memeriahkan Perayaan HUT RI ke-72 di Istana Merdeka

5 Artis Ini Bangga Memeriahkan Perayaan HUT RI ke-72 di Istana Merdeka

Inilah Foto-foto Mengerikan Insiden Teror Van ISIS di Barcelona Kamis Lalu

Inilah Foto-foto Mengerikan Insiden Teror Van ISIS di Barcelona Kamis Lalu

Netizen Kecam Kelakuan Fans Beringas pada Taeyeon Girls' Generation Saat di Bandara

Netizen Kecam Kelakuan Fans Beringas pada Taeyeon Girls' Generation Saat di Bandara

loading