Kasus First Travel Dibikin FTV "Akhir Hayat Penipu Jasa Umroh". Ini Kesamaan Ceritanya

21 Agustus 2017
|Faizah Pratama

Geger kasus penipuan oleh First Travel memang sedang jadi pemberitaan hangat. Biro jasa perjalanan umroh ini diduga menyelewengkan dana umroh sehingga gagal memberangkatkan ratusan calon jamaah. Seperti menemukan momen yang tepat, pada tanggal 18 Agustus 2017 lalu, sebuah stasiun TV menayangkan FTV berjudul "Akhir Hayat Penipu Jasa Umroh".

FTV tersebut menceritakan kasus penipuan jasa umrah yang akhirnya pelakunya kena azab. Penayangan FTV ini sontak menggegerkan warganet. Mereka banyak menganggap bahwa FTV tersebut merupakan sindiran atas kasus yang saat ini sedang terjadi. Seperti apa kisah FTV itu dan sejauh mana kesamaan ceritanya? Berikut ini ulasan yang sudah dirangkum oleh Yukepo. 

1. Heboh poster "Akhir Hayat Penipu Jasa Umroh" di Twitter

Kehebohan FTV tersebut berawal dari postingan beberapa netizen di Twitter. Ada yang mengunggah poster FTV tersebut dan ada pula yang mengunggah foto saat FTV tersebut sedang ditayangkan di TV.

@arhamrsalan  “Gercep amat, ya”.  

@mardiasih mencuitkan Indonesia maha kreatif. Udah ada ftv ala-alanya. "Kuasa Ilahi: Akhir Hayat Penipu Jasa Umroh."

Dua netizen ini memang peka dengan kasus-kasus ter-update. Langsung saja mereka mengaitkan FTV yang mereka tonton dengan kasus First Travel. 

2. First Travel VS Bravo Travel (FTV), sama-sama dikelola pasangan suami istri

Jika First Travel dikelola oleh pasangan Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan, sedangkan dalam kisah FTV Bravo Travel dikelola oleh pasangan suami istri H. Iqbal dan Ibu Hj. Iqbal. Keduanya sama-sama menawarkan jasa perjalanan umroh yang murah sehingga banyak calon jamaah yang akhirnya menggunakan biro perjalanan ini. Jika First travel sering membiayai umroh gratis artis seperti Syahrini, berbeda dengan Bravo Travel. Biro dalam FTV ini justru membiayai Pak Ustaz untuk berangkat umroh gratis. 

3. Dana umroh sama-sama diselewengkan buat beli aset pribadi

Dalam kisah nyata, rumah mewah yang selama ini ditempati oleh Andika dan Anniesa Hasibuan diduga dibiayi menggunakan dana umroh dari First Travel. Tak hanya itu, pasangan tersebut bisa dibilang punya gaya hidup mewah.

Selaras dengan hal itu, pasangan suami istri di FTV tersebut ceritanya juga menginvestasikan sebagian besar dana umroh untuk membeli beberapa properti seperti rumah mewah. Sayangnya, pasangan suami istri itu tertipu oleh mandor yang membawa lari uang mereka. Akhirnya dana umroh pun dicurahkan untuk menutup kerugian yang tersisa. Mirip nggak sih rumahnya?

4. Sama-sama bikin jamaah umroh gagal berangkat, padahal sudah setor dana

Dalam kasus First Travel, beberapa pihak memang telah mencium ketidakberesan terutama saat jamaah umroh berkali-kali gagal berangkat. Sampai-sampai, jamaah menginap di bandara karena tak kunjung diberangkatkan. Bahkan, tiap kali pelanggan First Travel minta kejelasan, pihaknya justru berkelit.

Dalam FTV pun nyaris sama ceritanya, hanya sebagian kecil saja jamaah yang diberangkatkan. Sisanya harus terima nasib gagal berangkat. Bahkan saat ada seorang Ibu tua menangis-nangis meminta uangnya dikembalikan, justru mendapat perlakuan kasar. Wah ini mewakili banget perasaan jamaah First Travel yang menuntut uangnya dikembalikan. 

5. Hotel buat jamaah jadi masalah, versi FTV jauh lebih dramatis

Ternyata pihak First Travel punya hutang pada pihak hotel di Arab Saudi. Hotel yang tadinya digunakan untuk menginap para jamaah tak kunjung diselesaikan pelunasan pembayarannya.

Versi FTV-nya jauh lebih dramatis. Pasangan H. Iqbal dan Hj. Iqbal memang telah memberangkatkan segelintir jamaah. Namun, begitu sampai di tanah suci jamaah justru diusir dari penginapan karena Bravo Travel hanya membayar untuk satu malam saja. Jamaah harus terlantar di padang pasir yang terik. Sedihnya lagi, sampai ada satu jamaah yang meninggal. Sementara pasangan suami istri itu malah nginap di hotel mewah, apa nggak gemas lihatnya?

6. Sama-sama kena azab?

Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan akhirnya harus mengakhiri drama penipuan mereka. Keduanya terpaksa harus mendekam di penjara setelah ditangkap penyidik Bareskrim Mabes Polri pada 9 Agustus lalu.

Kalau cerita di FTV, sang suaminya saja yang kena azab. Ia diserang kelelawar dan jatuh dari lantai dua hingga tewas. Saat mau dikubur pun, para pengantar jenazah ikut diserang kelelawar sehingga jenazah tak kunjung dimakamkan hingga sore hari. 

7. Kalau mau nonton FTV-nya, silakan lho!

Ternyata, sepak terjang First Travel bisa jadi inspirasi untuk mengispirasi sebuah judul FTV. Kedua kisah itu mengingatkan kita bahwa tidak boleh bermain-main dengan dana umroh dan menyelewengkan uang orang lain. Nanti kena azab menyedihkan seperti di FTV. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
SHARES