Kamu Harus Tau Dulu Makna No bra Day Sebelum Merayakannya di Indonesia!

13 Oktober 2016
|Setia Ningrum
246SHARES

Tepat tanggal 13 Oktober 2016 ini diperingati sebagai Hari Kanker Payudara Sedunia atau yang biasa disebut No Bra Day (Hari tanpa Bra). Hari tanpa bra ini adalah hari penghormatan kepada mereka yang meninggal karena kanker payudara. Tidak sedikit perempuan yang meninggal karena kanker payudara. Kanker payudara ini adalah pembunuh terbesar kedua loh bagi perempuan setelah kanker serviks. Makanya, jangan anggap remeh lah kesehatan payudaramu. Tanggal 13 Oktober 2016 ini diperingati oleh hampir 30 negara di dunia dengan cara yang beragam. Banyak cara yang digunakan untuk memperingatinya. Namun, ada juga beberapa cara yang salah dalam memperingatinya. Salah satunya adalah Negara Indonesia yang masih salah mengartikan #No Bra Day ini. Respons warga Indonesia bermacam-macam, ada yang pro dan ada juga yang kontra dalam memperingati perayaan No Bra Day ini. Nah, daripada salah menanggapi No Bra Day ini, lebih baik cek deh makna sebenarnya.

1. Hari kanker payudara sedunia

No Bra Day atau hari tanpa bra ini maknanya untuk memperingati hari kanker payudara. Bulan oktober ini merupakan bulan yang ditetapkan oleh National Breast Cancer Awareness Month sebagai bulan peduli terhadap kanker payudara. Program ini juga mempromosikan penggunaan mammografi sebagai instrumen untuk menanggulangi kanker payudara.

2. Pengingat untuk perempuan tentang bahayanya kanker payudara

Girls, kanker payudara adalah kanker yang sangat berbahaya bagi kaum perempuan. Faktanya, kanker payudara ini pembunuh terbesar kedua setelah kanker serviks. Bayangin aja, kanker serviks itu sudah banyak memakan korban, apalagi dengan kanker payudara. Makanya, tanggal 13 oktober ini diperingati sebagai pengingat juga untuk kaum perempuan tentang kanker payudara.

3. Bra salah satu penyebab kanker payudara

Karena pada hakikatnya payudara itu identik dengan bra, bh, atau kutang, makanya tanggal 13 Oktober ini diperingati sebagai hari tanpa bra sedunia. Nah, faktanya bra merupakan salah satu penyebab kanker payudara itu sendiri. Makanya banyak yang melakukan aksi tidak memakai bra ditanggal 13 Oktober ini. Tapi kalo di Indonesia melakukan aksi tersebut menjadi ancaman untuk banyak orang.

4. Gunakan baju pink atau pita pink, cara untuk ikut berpartisipasi

Cara untuk ikut berpartisipasi dalam memperingati No Bra Day ini dengan gunakan baju pink atau pita pink di tanggal 13 Oktober ini. Jadi, gak perlu lah gak pake bra ke kantor atau ke kampus atau ke sekolah. Nanti yang ada dilaporin ke KPAI lagi, jadi yang normal-normal aja yah.

5. Bukan ajang untuk shared foto tanpa bra

Jangan jadikan tanggal 13 Oktober ini sebagai ajang membagikan foto-foto tanpa bra di media sosial. Buat apa coba? Mau pamer gitu? Gak guna shared-shared foto tanpa bra di media sosial. Itu semua malah bikin banyak komentar negatif.

6. Sesuaikan budaya Indonesia untuk memperingatinya

Mungkin banyak negara Barat di luar sana yang melakukan aksi tidak memakai bra dengan turun ke jalan dengan memberikan kampanye-kampanye tentang kanker payudara itu sendiri. Nah, mungkin di Indonesia bisa melakukannya dengan cara yang berbeda sesuai dengan budaya yang dimiliki Indonesia. Misalnya, dengan mengadakan seminar tentang kanker payudara, atau menggunakan baju pink dan pita pink. Jadi, gak perlu deh yah ngikutin budaya di luar, sesuaikan saja dengan budaya di Indonesia sendiri.

7. Lakukan pemeriksaan sejak dini, untuk mencegah kanker payudara

Hari Kanker Payudara atau #NoBraDay ini bisa menjadi peringatan untuk kaum perempuan melakukan pemeriksaan sejak dini terhadap payudara. Karena, dengan demikian kamu bisa tau hal-hal apa aja yang harus dilakukan agar tidak terinfeksi kanker payudara sebagai cara mencegah kanker payudara itu sendiri.

Semoga dengan ini, gak ada lagi nih yang salah paham atas No Bra Day ini. Jadi, peringatan No Bra Day di Indonesia ini bisa berjalan dengan damai, gak perlu lagi lah ada pihak yang kontra dengan sikap-sikap warga Indonesia yang cuma ikut-ikutan. Mungkin, yang ikut-ikutan itu adalah alay-alay yang belum dewasa. Jadi mari doakan saja mereka-mereka yang masih alay.  


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Setia Ningrum
"bernapaslah selagi bisa"
246SHARES