Jokowi: Saya Jokowi, Saya Indonesia, Saya Pancasila, Kalau Kamu?

30 Mei 2017
|Venanda
0SHARES

Menjelang peringatan Hari Lahirnya Pancasila yang diperingati pada tanggal 1 Juni 2017, Presiden Indonesia Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan Jokowi mengadakan Pekan Pancasila. Pekan Pancasila adalah kegiatan yang diadakan untuk memperingati Hari Lahirnya Pancasila. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menebarkan rasa cinta terhadap Pancasila, menguatkan nilai-nilai Pancasila, dan memperkenalkan ulang Pancasila kepada masyarakat Indonesia. Selain itu kegiatan ini juga bermaksud untuk menarik minat generasi muda untuk lebih menghayati nilai-nilai Pancasila yang mulai luntur.

Pekan Pancasila diviralkan oleh Presiden Joko Widodo dengan tagar #PekanPancasila di sosial media. Dengan adanya tagar #PekanPancasila ini diharapkan informasi tentang kegiatan Pekan Pancasila akan tersebar luas kepada semua rakyat Indonesia khususnya generasi muda yang banyak menggunakan sosial media. Dengan adanya Pekan Pancasila ini Jokowi ingin mengingatkan bahwa Indonesia mamiliki hal yang dapat merekatkan keberagaman yang ada di Indonesia, yaitu Pancasila.

Jokowi menebarkan semangat Pancasila melalui video yang diunggah di akun instagram resmi kepresidenan @jokowi. Dalam video berdurasi 34 detik tersebut Jokowi menjelaskan arti Pancasila bagi beliau. Dalam videonya beliau mengatakan,”Pancasila itu jiwa dan raga kita, perekat keutuhan bangsa dan negara.” Dan diakhiri dengan pernyataan “Saya Jokowi, Saya Indonesia, Saya Pancasila."

 

Video ini sangat mendapat perhatian dari netizen dengan banyaknya komentar yang juga mengatakan “Saya Indonesia, Saya Pancasila”.

@tasik.elatte : “@jokowi saya Indonesia, Saya Pancasila”

@nisadinihandian : “Saya Indonesia, saya pancasila, saya bangga sama bapak“

@rahajengika : “@jokowi saya juga Pak Saya Indonesia, Saya Pancasila“

@abang_jeje : “Saya Indonesia, Saya Pancasila“

@evilestiawati : “Saya Indonesia saya cinta Pancasila“

Selain berkomentar pada unggahan video tersebut, netizen juga meramaikan Pekan Pancasila dengan mengunggah “Saya Indonesia, Saya Pancasila” dalam akun Instagram pribadinya. Kegiatan ini semakin viral dengan adanya tagar #SayaPancasila dan #PekanPancasila. Banyak netizen dari berbagai suku dan masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia membagikan kegiatan #SayaPancasila dan #PekanPancasila. Terlihat beberapa unggahan lokasinya berada di Jakarta, Semarang, Bandung, Bali, Flores, Yogyakarta, dan masih banyak lagi. 

Banyaknya netizen yang membagikan unggahan dengan #SayaPancasila menunjukkan kepedulian dan minat masyarakat terhadap Pancasila. Video dari Pak Jokowi yang singkat tapi sangat mengena ini membuat kita kembali sadar bahwa kita adalah Indonesia dan kita adalah Pancasila. Sebagai generasi muda kita adalah generasi utama penerus bangsa. Jangan sampai kita sebagai generasi muda lupa akan nilai-nilai Pancasila yang merupakan ideologi bangsa. Kita harus selalu menanamkan dan menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan menjadikan Indonesia negara yang maju, sejahtera, dan damai. Saya Indonesia, saya Pancasila, kalau kamu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
0SHARES