Jokowi Memuji Semangat Habibie! Yuk, Simak Beberapa Prestasi dan Fakta Seputar Habibie!

21 Januari 2017
|Monica Petra
148SHARES

Kemarin hari Kamis (17 Januari 2017), Presiden Jokowi bertemu sama Pak Habibie. Tau dong Pak Habibie? Mantan Presiden RI ketiga. Mereka bertemu di Istana Merdeka, Jakarta. Kabarnya, Pak Habibie udah 3 bulan ini di luar negeri dan sekarang bersilaturahmi gitu. Namanya orang-orang besar nih, kalau ketemu gak kayak kamu deh yang diomongin hal-hal galau macam mantan. Jadi, Pak Presidn Jokowi dan Pak Habibie nih diskusiin negara kita. Keren yak! Mereka ngomongin tentang pluralisme, Pancasila, toleransi. Kondisi sosial masyarakat Indonesia gitu. Kita kan negara yang Bhinneka Tunggal Ika dan rentan dengan isu sara. Bahkan Pak Jokowi memuji semangat Pak Habibie yang masih terus peduli dengan nasib bangsa. Salut deh buat dua orang ini. Nah, sekarang YuKepo mau bahas tentang prestasi-prestasi Pak Habibie. Sosok beliau yang cukup memberi sumbangsih bagi Indonesia. 

1. Lulus dengan predikat summa cum laude!

Bukan rahasia lagi deh kalau Pak Habibie ini pernah menimba ilmu di Jerman. Beliau lulus dengan predikat summa cum laude tahun 1965, belum pada lahir kan kamu? Waktu itu dia ngambil studi teknik penerbangan di Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen, Jerman. 

2. Jadi wakil CEO sebuah perusahaan di Jerman

Mungkin belum banyak yang tau tentang fakta ini. Beliau sempat berkarir juga lho di Jerman. Tepatnya di Ikow-Blohm, perusahaan penerbangan yang pusatnya di Hamburg, Jerman. Gak tanggung-tanggung beliau jadi wakil CEO di sana. Hayo, kamu aja mau jadi CEO di negeri sendiri belum kesampean ya? 

3. Membuat pesawat dengan kecepatan yang sangat tinggi

Ini sewaktu masih kuliah di Jerman sih. Jadi, beliau pernah diminta membuat pesawat yang terbangnya 20 kali kecepatan suara! Waktu itu sebagai salah satu syarat untuk mendapat gelar doktor dan masih bekerja di Hamburg. Selesai mengembangkan pesawat itu, beliau kembali ke Indonesia atas permintaan Presiden Soeharto. Jadi gitu singkat ceritanya.

4. Membuat pesawat R-80

Jika segala sesuatunya lancar, rencananya pesawat rancangan beliau ini akan sudah bisa mengudara tahun 2016 atau 2017. Tahun ini dong? Dulu tahun 1990-an, beliau merancang pesawat N250 tapi gak selesai karena krisis moneter. Nah, kabarnya R-80 ini pengembangan dari N250. Semoga semua berjalan dengan lancar jaya!

5. Memperoleh banyak penghargaan

Prestasi selalu gak pernah lepas dari yang namanya penghargaan. Begitu pun dengan Pak Habibie. Beliau berhasil meraih banyak penghargaan lho. Di antaranya, Award von Karman, Edward Warner Award, dan mendapat gelar doktor kehormatan dari berbagai universitas di dunia! Di dalam negeri sendiri, beliau pernah mendapat penghargaan tertinggi dari ITB, yaitu Ganesha Praja Manggala Bhakti Kencana. Keren banget kan! Dan masih banyak lagi prestasi beliau yang mungkin gak akan tuntas dibahas di sini. Nah, kalau kamu udah dapat penghargaan apa nih? 

Itulah sosok Bacharuddin Jusuf Habibie. Apa kamu termasuk yang mengidolakan sosok beliau? Mudah-mudahan beliau tetap selalu diberi kesehatan dan umur panjang ya. Kalau Pak Habibie yang sudah lanjut aja masih semangat, masa kamu-kamu yang masih 20-an gak semangat sih? Lakukan hal-hal yang positif dan membangun. Mulai dari diri sendiri. Okey deh, dan semoga apa yang Pak Habibie cita-citakan untuk Indonesia dapat terwujud ya. Semua yang terbaik buat Indonesia juga jadi doa kita tentunya. Amin. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
148SHARES