Izzan, Bocah Berusia 14 Tahun yang Berhasil Masuk ITB Melalui Jalur SBMPTN

indowarta.com

Apa yang ada di benakmu ketika melihat bocah berumur 14 tahun lolos seleksi perguruan tinggi negeri ternama? Biasanya hal pertama yang terlintas di pikiran seseorang adalah rasa takjub atas kehebatan anak tersebut. Ternyata, kata-kata di atas bukan sekedar isapan jempol belaka, karena bocah bernama lengkap Musa Izzanardi Wijanarko menunjukan kepada kita semua bahwa umur tidak menjadi halangan untuk memperoleh Ilmu yang lebih tinggi dibandingkan dengan teman sejawatnya.

Pasalnya bocah 14 tahun ini berhasil lolos masuk perguruan tinggi negeri Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) melalui seleksi SBMPTN 2017. Sebagaimana kita ketahui, tak mudah untuk masuk perguruan tinggi negeri karena para peserta seleksi harus mengalahkan ratusan ribu peserta lainnya agar dapat masuk ke perguruan tinggi yang mereka inginkan.

breakingnews.co.id

Bocah hasil dari pasangan Yanti Herawati dan Mursid Wijanarko ini mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri dengan bermodalkan ijazah paket C. Pada dasarnya Izzan tidak pernah mengikuti pendidikan formal layaknya anak kebanyakan. Menurut Yanti, Izzan kecil sudah gemar membaca buku-buku tentang perkembangan tokoh-tokoh fisikawan di seluruh dunia. Ketertarikannya terhadap ilmu fisika sudah mulai terlihat sejak Izzan menginjak usia 3 tahun. Bukan hanya itu, sang ibu sadar bahwa Izzan memiliki kepintaran di atas rata-rata, oleh sebab itu dia tidak pernah bersekolah secara resmi.

regional.kompas.com

Semasa kecil Izzan diajarkan membaca dan menghitung oleh ibunya. Hal mengejutkan terlihat saat dia berumur 7 tahun. Bagaimana tidak, saat umurnya baru menginjak 7 tahun, Izzan sudah mampu mengerjakan soal matematika dari mulai kelas 1 SD hingga kelas 3 SMA. Semua dipelajari hanya dalam jangka waktu satu tahun saja. Saat umurnya menginjak 8 tahun, Izzan sudah mampu mengerjakan soal-soal fisika kelas 3 SMP. Kemampuannya semakin berkembang, dan sang ibu justru semakin kewalahan dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan Izzan kepadanya.

nasional.tempo.co

Suatu waktu, Izzan pernah menanyakan soal matematika tentang sudut bola kepada Yanti. Kemudian Yanti menanyakan soal tersebut kepada temannya tamatan Astronomi, soal tersebut baru akan dipelajari pada semester 3 kuliah Astronomi tentang sudut 3 dimensi. Oleh sebab itu Yanti sering berkonsultasi dengan dosen-dosen matematika ITB seperti Oki Neswan dan Agus Jodi. Namun, keduanya tidak mampu memberikan solusi yang jitu, akhirnya mereka menyarankan agat Izzan disekolahkan di ITB untuk mengasah kemampuannya.

Akhirnya Yanti membimbing Izzan hingga akhirnya dapat mengikuti ujian paket A dan C. Setelah mendapatkan Ijazah paket C, pada tahun 2015 silam Izzan sempat mengikuti seleksi SBMPTN, namun sayang usahanya harus gagal. Izzan dinyatakan tidak lolos ujian. Tidak berhenti di situ, akhirnya Yanti menyekolahkan Izzan selama 1,5 tahun khusus untuk menghadapi ujian SBMPTN. Jalannya terbuka pada tahun ini, Izzan pun dinyatakan lolos SBMPTN dan berhak masuk ke perguruan tinggi ITB.

Izzanardi Wijanarko menunjukan kepada kita semua bahwa umur tidak menjadi halangan untuk memperoleh ilmu yang lebih tinggi. Bahkan semangat Izzan saat menghadapi kegagalan pun patut dijadikan contoh. Jangan pernah menyerah untuk meraih sesuatu jika itu memang baik. Terus semangat mengejar ilmu sampai ke Negeri Cina sekalipun.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ngeri! Inilah Foto-foto Kebakaran yang Menghanguskan Grenfell Tower London

Ngeri! Inilah Foto-foto Kebakaran yang Menghanguskan Grenfell Tower London

Hasil SBMPTN 2017 Resmi Diumumkan, Begini Reaksi Netizen

Hasil SBMPTN 2017 Resmi Diumumkan, Begini Reaksi Netizen

Buni Yani Disidang, Massa Pendukung Datangi Pengadilan Negeri Bandung

Buni Yani Disidang, Massa Pendukung Datangi Pengadilan Negeri Bandung

Siap-siap, Sebentar Lagi Akan Ada Taksi Helikopter dari Grab di Jakarta

Siap-siap, Sebentar Lagi Akan Ada Taksi Helikopter dari Grab di Jakarta

Rizieq Shihab Tidak Jadi Pulang, Pengacara: Rizieq Dapat Visa Unlimited!

Rizieq Shihab Tidak Jadi Pulang, Pengacara: Rizieq Dapat Visa Unlimited!

Foto Menteri Susi Ketiduran di Bandara Viral di Facebook, Ini Komentar Netizen

Foto Menteri Susi Ketiduran di Bandara Viral di Facebook, Ini Komentar Netizen

loading