Inilah Perusahaan-perusahaan dari Berbagai Dunia yang Terkena Virus WannaCry

16 Mei 2017
|Fatwah Diniaty
0SHARES

Baru-baru ini dunia dihebohkan dengan munculnya virus bernama Ransomware Wannacry, virus ini telah menginfeksi banyak perusahaan di dunia, baik itu perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan. Virus ini merusak sistem jaringan internet di perusahaan tertentu sehingga data-data internet terkait dengan perusahaan tersebut tak dapat diakses alias terkunci. Akibat data yang terkunci, para pengguna komputer hanya memiliki dua file, yakni file berupa instruksi yang harus dilakukan dan file WannaDecryptor atau WannaCry. Untuk membuka kembali data-data yang terkunci tersebut, biasanya para hacker meminta sejumlah uang tebusan kepada perusahaan yang terkena serangan virus WannaCry.

Di Indonesia sendiri virus WannaCry telah menyerang sejumlah perusahaan dalam kurun waktu dua hari terakhir, yaitu pada hari Minggu (14/5) dan hari Senin kemarin (15/5). Sejumlah perusahaan mengaku tidak dapat mengakses perihal data-data yang tersimpan di dalam internet seperti email, aplikasi, dan data-data lainnya. Seperti yang telah dilansir dari Suara.com, setidaknya 150 negara mengalami dampak dari virus ini, sejumlah aplikasi perusahaan, pemerintahan, pendidikan, bahkan rumah sakit.

Nah, kali ini Yukepo akan merangkum sejumlah perusahaan dan instansi-instansi yang terkena dampak dari virus WannaCry ini. Yuk langsung simak aja!

1. Perusahaan Energi PetroChina, Tiongkok

Kabar pertama datang dari Negara Tiongkok, perusahaan besar energi PetroChina mengaku telah diserang oleh virus WannaCry. Mereka tidak dapat mengakses sistem pembayaran di sejumlah SPBU yang tersebar di wilayah Tiongkok secara digital, sehingga membuat pelanggannya terpaksa harus membawa uang tunai untuk pembayaran SPBU.

2. Perusahan Hitachi Ltd, Jepang

Virus WannaCry juga dikabarkan telah menyerang perusahaan-perusahaan yang ada di Negara Jepang. Bahkan perusahaan sekelas Hitachi mengaku terkena dampak dari virus WannaCry. Mereka kesulitan mengakses sistem yang terdapat dalam komputer, apalagi terkait dengan proses surat menyurat. Sekitar 2000 komputer di 600 lokasi dinyatakan telah terinfeksi virus WannaCry.

3. Bioskop CJ CGV, Korea Selatan

Di Negara Korea, virus ini menyerang perusahaan biskop multiplex. Sejumlah sistem komputer eror dibuatnya, sehingga operator mesin tidak dapat mengakses dan memutar film di ruangan bioskop yang telah direncanakan sesuai jadwal. Jadwal pemutaran film pun menjadi kacau dibuatnya.

4. National Health Service, Inggris

Tak hanya negara-negara di Asia, beberapa negara di Eropa pun merasakan persebaran dari virus WannaCry ini. salah satunya ada rumah sakit National Health Service yang ada di Inggris. Virus ini telah melumpuhkan fasilitas yang ada di rumah sakit National Health. Akibatnya, pasien harus menunda pengobatan karena rekam medis yang tak berfungsi.

5. MegaFon, Rusia

Perusahaan Rusia tampaknya kali ini menjadi bulan-bulanan para hacker, pasalnya Negara Rusia adalah negara yang paling diincar oleh virus ini. Perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan internet menjadi sasaran empuk bagi virus WannaCry. Tercatat perusahaan MegaFon, yakni perusahaan operator telepon terbesar kedua di Rusia juga terkena serangan virus ini.

6. Lakeridge Health, Oshawa, Kanada

Tidak seperti negara sebelumnya, rumah sakit di Kanada ini memang terkena virus WannaCry, namun hebatnya semua fasilitas di rumah sakit ini mampu menangani serangan dari virus WannaCry ini. Meski sempat terserang, rumah sakit ini tetap melakukan antisipasi terhadap sistem digital mereka agar tetap aman terkendali.

7. Rumah Sakit Dharmais, Indonesia

Di Indonesia sendiri, virus WannaCry telah menyerang sejumlah perusahaan serta instansi pemerintahan. Salah satu yang terkena virus ini adalah rumah sakit kanker terbesar di Jakarta yakni Rumah Sakit Dharmais. Akibat dari serangan virus ini, pelayanan terhadap ratusan pasien menjadi terhambat. Mereka harus rela mengantri dengan sangat lama karena sistem komputer yang ada di rumah sakit mengalami gangguan dari virus ini. Bahkan beberapa orang diberikan formulir untuk diisi secara manual.

Itulah beberapa perusahaan di dunia yang terkena dampak dari virus WannaCry, kehebatan para hacker dalam membuat sebuah aplikasi virus telah menggemparkan seluruh dunia. Untuk kamu yang hebat dalam perihal jaringan, tidak ada salahnya mencoba membuat sebuah aplikasi canggih untuk negara kita. Tapi tentunya kemampuan tersebut digunakan untuk hal-hal yang baik ya agar negara kita terbebas dari hackers yang tidak bertanggung jawab.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatwah Diniaty
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES