Inilah Penampakan Pasar Sarijadi yang Diklaim Menjadi Pasar Terkeren di Indonesia

24 Mei 2017
|Fatwah Diniaty

Proyek revitalisasi Pasar Sarijadi dengan konsep pasar kontemporer kini sudah rampung pengerjaannya. Ridwan Kamil selaku Wali Kota Bandung telah melakukan soft launching Pasar Kontemporer ini pada hari Selasa kemarin (23/5/2017). Pasar yang terletak di Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukajadi, Bandung ini merupakan pasar modern yang mengusung konsep klasik kontemporer. Berbeda dengan suasana di pasar-pasar pada umumnya, suasana elegan, bersih dan nyaman sudah tergambar di dalam benak para pengunjung ketika memasuki pasar ini.

Pasar Sarijadi terdiri dari tiga lantai bangunan, yakni di bagian dasar telah disediakan sekitar 55 ruko atau lapak dan 10 gerobak yang siap pakai. Sedangkan di lantai 1, berisi bahan-bahan sembako dan kebutahan makan sayur-mayur. Di lantai 2 para pengunjung bisa menemukan berbagai kebutuhan pakaian atau fashion seperti baju, celana, jaket, dan lain-lain. Lantai 3 digunakan untuk area kuliner atau foodcourt.

Konsep bangunan dari pasar Sarijadi ini juga unik dan ramah lingkungan. Bagaiamana tidak, di lantai dasar, lapak untuk berjualan dibuat semenarik mungkin, berderet sangat rapi dengan masing-masing memiliki luas 1x1,5 meter. Di bagian tembok pasar pun dihiasi dengan gambar-gambar unik bertemakan pasar tradisional. Pasar Sarijadi juga tidak menggunakan lampu karena pencahayaan langsung dari sumber matahari. Nah, daripada penasaran, langsung aja yuk kita lihat penampakan dari Pasar Sarijadi ini.

1. Plang nama Pasar Sarijadi di tembok bangunan

2. Penampakan bangunan Pasar Sarijadi

3. Lantai dasar dari pasar

4. Dari lantai dua terlihat kondisi bangunan keseluruhan

5. Lapak pedagang untuk berjualan

6. Pujasera yang terletak di lantai 3

7. Tembok pasar bertemakan sayuran dan buah-buahan

8. Terdapat petugas kebersihan pasar

9. Seorang pedagang sedang menata dagangannya

10. Situasi di dalam pasar

11. Barang dagangan yang dijual di Pasar Sarijadi

12. Salah satu pedagang yang menempati lapak di lantai 1

Fasilitas di pasar kreatif ini juga terbilang sangat lengkap, mulai dari kebutuhan pokok, kebutuhan rumah tangga, ruang laktasi untuk ibu menyusui, hingga ATM sekalipun tersedia di pasar ini. Pasar Surijadi bisa menjadi contoh untuk pasar-pasar yang akan dibangun daerah-daerah di Kota Bandung, atau mungkin bisa menjadi acuan bagi pasar-pasar di seluruh Indonesia. Image pasar yang bau dan kotor akan hilang setelah kamu berkunjung ke Pasar Sarijadi ini. Daripada penasaran mendingan langsung saja berkunjung ke Pasar Sarijadi ini yuk!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatwah Diniaty
Gak Punya Quote Nih!
SHARES