Inilah Foto-foto Mengerikan Insiden Teror Van ISIS di Barcelona Kamis Lalu

18 Agustus 2017
|Romlah Sundari
155SHARES

Setelah serangan teror van putih ISIS terjadi di London Bridge pada 3 Juni 2017 lalu, Eropa kembali dikejutkan oleh serangan serupa. Kamis, 17 Agustus 2017 kemarin, terjadi lagi serangan teror di Las Ramblas Avenue, Provinsi Barcelona, yang terletak di negara bagian Catalunya, Spanyol. Seperti halnya London Bridge, Las Ramblas Avenue adalah salah satu tempat wisata yang dipenuhi oleh banyak turis dan pejalan kaki. Situasi pagi hari yang tadinya damai di Las Ramblas tiba-tiba berubah saat sebuah mobil van putih melaju kencang di area pejalan kaki dan menabraki mereka yang berada disana.

Tragedi ini menyebabkan kematian 13 orang korban dan setidaknya 100 orang lainnya mengalami luka-luka. Di antara para korban, terdapat anak kecil dan orang tua. Seorang korban anak perempuan berumur enam tahun bahkan kini sedang berada dalam kondisi kritis akibat perdarahan di otak menurut seorang petugas di Rumah Sakit Universitas Vall Hebron.

Menurut saksi, van tersebut tidak diketahui dari mana datangnya dan melaju langsung ke arah para pejalan kaki, meninggalkan beberapa pejalan kaki yang terkapar di trotoar Las Ramblas. Van tersebut berhasil dihentikan setelah berjalan sejauh 500 meter dan menabraki pejalan kaki serta kios-kios pinggir jalan. Mereka yang berada di lokasi kejadian pun langsung berhamburan menjauhi Las Ramblas, memasuki kafe-kafe dan restoran untuk berlindung. Van tersebut akhirnya berhenti di sebuah persimpangan dan pengendara van langsung kabur dengan berlari.

Polisi dengan sigap langsung memasang perimeter dan petugas medis berupaya menolong para korban yang terkapar di sepanjang jalan. Petugas keamanan menghimbau semua warga Barcelona untuk berdiam di dalam rumah dan tidak keluar hingga kondisi dinyatakan aman. Berikut foto-foto yang berhasil dikumpulkan dari lokasi kejadian yang menggambarkan kengerian di Las Ramblas Kamis lalu.

1. Kejadian nahas ini menewaskan belasan orang langsung di lokasi kejadian

2. Van sewaan yang digunakan untuk aksi teror di Las Rambas telah berhasil diamankan oleh polisi

3. Polisi Catalunya mengamankan situasi dengan memasang perimeter di sekitar lokasi kejadian dan mengevakuasi warga

4. Mereka yang berada di lokasi kejadian langsung berhamburan meninggalkan Las Ramblas
5. Warga yang panik berusaha saling menenangkan satu sama lain

6. Para korban luka dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan dari petugas medis

7. Bagaimanapun, teror tetap membekas di hati warga Barcelona

8. Di antara korban jiwa yang berjatuhan, terdapat pula seorang anak kecil berusia 3 tahun

9. Doa dan simpati bagi Barcelona mengalir dari seluruh dunia

10. Salah satu tersangka pelaku teror yang berhasil ditangkap bernama Driss Oukabir

Namun, teror di hari yang nahas itu tidak berhenti di Las Ramblas. Beberapa jam setelah kejadian di Las Ramblas, terjadi insiden teror lainnya di Cambrils yang terletak sekitar 100 kilometer di selatan Las Ramblas. Kali ini, mobil tidak menabraki pejalan kaki, namun pengendara mobil tersebut telah mengenakan sabuk yang dipasangi bahan peledak. Ia kemudian turun dari mobil, lalu menembaki warga yang berada di tempat. Akibat kejadian ini, lima orang dinyatakan tewas dan beberapa orang lainnya luka-luka. Polisi Catalunya mengatakan telah berhasil membekuk dua tersangka pelaku teror dan menembak mati empat tersangka lainnya.

Organisasi teroris ISIS mengklaim berada di balik serangan teror di Barcelona tersebut beberapa jam setelah kedua insiden berlangsung. Pernyataan ISIS ini dipublikasikan melalui media berita ISIS, Amaq News Agency. Organisasi ini memang belakangan sedang gencar melangsungkan aksi teror di Eropa. Salah satu aksi teror terakhir yang mereka lancarkan di Eropa adalah aksi bermodus serupa yang terjadi di Jembatan London pada Juni lalu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
155SHARES