Inilah Foto-foto Kejadian dari Aksi Teror di London Bridge Malam Minggu Lalu

05 Juni 2017
|Romlah Sundari

Inggris kembali bersedih, setelah kejadian nahas menimpa Manchester, kini London juga menerima serangan teror. Malam Minggu lalu terjadi serangan di London Bridge yang menewaskan 7 orang dan setidaknya membuat 48 orang terluka parah. Kejadian bermula saat sebuah mobil van putih menabraki para pejalan kaki di London Bridge. Tidak berhenti di situ, para penumpang mobil van tersebut turun dan menuju Borough Marketkawasan wisata populer di bagian selatan jembatan.

Warga sipil langsung berhamburan melihat para pelaku yang membawa senjata tajam dan menggunakan rompi bom bunuh diri yang kemudian terbukti palsu. Ketiga pelaku menikam beberapa warga sipil di leher dan perut mereka. Beruntung, polisi dapat lekas menghentikan serangan tersebut dengan menembak mati ketiga tersangka. Berikut foto-foto mencekam dari insiden penyerangan di London Bridge.

1. Aksi teror dimulai pada pukul 9.58 malam saat mobil van putih menabrak dan melindas beberapa pejalan kaki di London Bridge

2. 7 nyawa melayang dalam insiden ini dan 48 lainnya menderita luka-luka

3. 50 peluru ditembakkan oleh polisi Inggris untuk menghentikan ketiga tersangka pelaku aksi teror London Bridge

4. Teror tergambar di wajah para saksi mata yang berada di lokasi kejadian

6. Beberapa orang yang berada di lokasi kejadian mengalami trauma yang membekas

7. Kesedihan dan ketakutan menghantui warga Inggris yang telah mengalami serangan teroris sebanyak tiga kali dalam tahun ini

8. Warga yang berada di sekitar lokasi kejadian langsung dievakuasi oleh polisi dan petugas keamanan

9. Beruntung, polisi dan paramedis London bergerak dengan tanggap sehingga aksi teror dapat lekas dihentikan

10. Borough Market ditutup oleh petugas keamanan Inggris untuk beberapa saat hingga keadaan aman

Kejadian teror ini adalah kali ketiga yang menimpa Inggris pada tahun ini, setelah aksi teror di Westminster Bridge dan Stadion Manchester. Insiden di London Bridge ini diklaim merupakan aksi teror dari organisasi ISIS sebagai bentuk balas dendam atas serangan misil yang diluncurkan oleh Angkatan Udara Inggris dengan pesan Love From Manchester yang tertulis di misil tersebut.

Aksi saling balas antara ISIS dan Inggris ini berpotensi menimbulkan tragedi-tragedi teror lain. Perdana Menteri Inggris menyatakan dalam pidatonya bahwa Inggris akan mengubah strategi keamanannya untuk mengatasi ancaman terorisme yang semakin meningkat ini.

Aksi terorisme di Jembatan London ini, akan semakin memperburuk citra Islam di mata dunia. Terbukti, polisi Inggris kini melakukan pengawasan ketat terhadap warga Muslim di Inggris yang dianggap dapat mengancam keamanan. Sedangkan Inggris selama ini telah digadang-gadang sebagai Negara Eropa yang cukup ramah terhadap umat Muslim. Duh, jangan sampai Islamophobia jadi meningkat pula di Eropa ya. Kebinekaan harus selalu dijunjung tinggi di mana pun kita berada. Sebagai anak muda, kita harus selalu ingat untuk melepas stigma negatif akan satu agama, ras, maupun etnis tertentu. Karena paham toleransi akan perbedaan adalah senjata paling ampuh untuk menghentikan terorisme.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
SHARES